Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Kenali Neurotransmitter, Senyawa Pembawa Pesan

Kenali Neurotransmitter, Senyawa Pembawa Pesan
Merupakan senyawa kimiawi yang terdapat di dalam tubuh dengan tugas menyampaikan pesan antara satu sel saraf (neuron) ke sel saraf target disebut dengan istilah neurotransmitter. Pada umumnya sel-sel ini terdapat di otot, berbagai kelenjar dan bagian lain di dalam tubuh. Istilah ini memang kurang akrab di telinga sebagian masyarakat.
 
Peran yang dimiliki sangat penting untuk otak dalam mengatur kinerja berbagai sistem di tubuh. Sebagian masyarakat pasti sudah tidak asing dengan beberapa di antaranya seperti oksitosin dan serotonin. Si pembawa pesan penting dalam tubuh ini juga berfungsi terhadap detak jantung, pernapasan, siklus pengaturan tidur hingga pencernaan dan suasana hati.
 
Jenis-jenis Neurotransmitter
  • Eksitasi (excitatory)
Si pembawa pesan jenis eksitasi ini bekerja dengan mendorong neuron target untuk melakukan sebuah aksi. Beberapa contoh dari jenis pembawa pesan eksitasi yang paling terkenal adalah epinerphrin dan neorepinephrine.
  • Inhibisi (inhibitory)
Jenis yang satu ini bisa menghambat aktivitas neuron, sehingga nantinya berkebalikan dengan cara kerja pembawa pesan. Salah satu contoh dari jenis inhibisi adalah serotonin, beberapa jenis pembawa pesan bisa bekerja sebagai eksitasi maupun inhibisi, seperti misalnya jenis inhibisi yakni dopamin dan asetikolin.
  • Modulator
Jenis modulator atau juga disebut sebagai neuromodulator, merupakan jenis pembawa pesan yang bisa memengauhi neuron dalam jumlah besar dalam satu waktu. Jenis modulator ini juga bisa berkomunikasi dengan jenis yang lainnya.
 
Jenis yang Terkenal
  • Asetilkolin
Merupakan jenis pembawa pesan yang berperan dalam beberapa hal seperti kontraksi otot, merangsang aktiitas beberapa hormon dan mengendalikan detak jantung. Selain itu juga berkontribusi dalam fungsi otak dan daya ingat, asetilkotin termasuk dalam jenis pembawa pesan eksitasi.
 
Kadar asetilkolin yang rendah membuat jenis yang satu ini dikaitkan dengan berbagai gangguan medis, seperti penyakit Alzheimer. Namun, jika berada dalam level yang terlalu tinggi juga dapat menimbulkan masalah berupa kontraksi otot berlebihan.
  • Dopamin
Dikenal sebagai pembawa pesan rasa senang, dopamin memainkan peran penting untuk beberapa hal seperti daya ingat, perilaku, mempelajari sesuatu hingga koordinasi gerak tubuh. Selain itu, salah satu jenis yang terkenal ini juga berfungsi dalam pergerakan otot. Jika tubuh kekurangan dopamin, maka seseorang terancam menderita penyakit Parkinson.
  • Endorfin
Cara kerja endorfin adalah dengan menghambat sinyal rasa sakit dengan menciptakan suasana diri yang berenergi dan perasaan euforia. Endorfin juga dikenal sebagai pereda nyeri alami pada tubuh, beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kadar endorfin adalah dengan melakukan aktivitas seperti memancing tawa, latihan aerobik dan olahraga.
  • Epinephrine
Dikenal sebagai adrenalin, epinephrine memainkan fungsi sebagai pembawa pesan sekaligus hormon. Epinephrine dilepaskan tubuh ketika seseorang stres dan ketakutan, dampaknya mampu memengaruhi detak jantung dan laju pernapasan. Selain itu juga dapat memengaruhi otak untuk segera membuat keputusan.
  • Serotonin
Peran serotonin adalah untuk mengatur suasana hati seseorang dan mengatur pembekyan darah, nafsu makan, aktivitas tidur hingga ritme sirkadian. Serotonin sangat erat kaitannya dengan antidepresan, yakni untuk menangani depresi. Salah satu golongan antidepresan yang ada adalah selective serotonin reuptake inhibitors (SSRis).
  • Oksitosin
Neurotransmitter terkenal selanjutnya adalah oksitosin yang dihasilkan di dalam otak, fungsinya adalah untuk menjalankan fungsi dari pembawa pesan maupun hormon secara bersamaan. Oksitosin memerankan sejumlah peranan penting, salah satunya seperti mengenali lingkungan sosial, menjalankan ikatan batin dan reproduksi seksual.
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Senin, 10 Agustus 20 - 14:43 WIB
Dalam Kategori : NEUROTRANSMITTER
Dibaca sebanyak : 57 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback