Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Kenali Penyebab Sesak Napas saat Hamil

Kenali Penyebab Sesak Napas saat Hamil

Sesak napas merupakan salah satu kondisi yang terjadi saat sistem pernapasan Anda terganggu. Sesak napas biasanya terjadi pada orang-orang yang memiliki riwayat penyakit yang bertalian dengan sistem pernapasan. Pengidap penyakit jantung pun membawa potensi untuk terserang kondisi ini sewaktu-waktu. Namun, ternyata ibu hamil juga berisiko mengalami sesak napas. Apa saja penyebab sesak napas pada ibu hamil?

Anda mungkin tidak perlu risau jika di tengah-tengah masa hamil Anda, tiba-tiba merasakan napas sesak. Pasalnya, kondisi ini diyakini sebagai sesuatu yang wajar. Akan tetapi tetap saja, masih banyak ibu hamil yang khawatir dengan kondisi itu. Sebenarnya, ada beragam cara yang bisa Anda lakukan untuk meredakan sesak napas. Anda bisa melakukannya sendiri di rumah. Hanya saja, yang perlu digarisbawahi bahwa cara ini bukan berarti menyembuhkan penyakitnya. 

Oleh karena itu, ada baiknya Anda menyimak apa-apa saja yang mungkin bisa menyebabkan sesak napas pada ibu hamil dan langkah-langkah cara mengatasinya.

Berikut beberapa penyebab sesak napas saat hamil yang berhasil SehatQ himpun, di antaranya:

  • Perubahan hormon progesteron

Pada awal kehamilan, peningkatan hormon progesteron dapat menyebabkan sesak napas. Hal ini disebabkan oleh hormon progesteron yang meningkat akan mengirim pesan pada otak untuk memerintahkan paru-paru untuk menghirup lebih banyak udara. Karena itu ibu hamil akan lebih sering mengambil napas yang panjang dan lebih sering. Hal ini merupakan salah satu cara untuk memperoleh oksigen lebih banyak bagi janin.

  • Peradangan asma

Jika ibu hamil memiliki riwayat asma, ada kemungkinan asma tersebut kambuh dan mengakibatkan Anda sesak napas. Sesak napas juga dapat disebabkan oleh peradangan di saluran pernapasan.

  • Berada di udara dingin

Udara sekitar yang terlalu dingin bisa menjadi salah satu penyebab sesak napas saat hamil. Seperti misalnya berada di ruangan dengan suhu AC yang dingin, atau berada di daerah pegunungan dapat membuat Anda yang tengah mengandung lebih susah untuk bernapas.

Adapun cara-cara yang dapat mengatasi sesak napas Anda adalah:

  • Cari tempat yang lega

Tempat yang lega membuat Anda lebih bebas untuk menghirup udara segar. Angkat tangan lengan hingga ke atas kepala agar tulang rusuk terangkat dan udara yang masuk lebih banyak.

  • Duduk dengan tegak

Duduk tegak membantu paru-paru lebih terbuka sehingga memiliki ruang udara yang lebih banyak. Gunakan bantal sebagai sandaran punggung di tempat duduk Anda untuk membantu Anda duduk tegak.

  • Buat suasana rileks

Saat sesak napas muncul, cobalah untuk menenangkan diri dengan menarik napas panjang dan berpikiran rileks. Tenangkan pikiran Anda dan atur napas Anda sehingga napas mulai teratur kembali.

Stres dan banyak pikiran saat hamil juga bisa jadi penyebab sesak napas pada ibu hamil. Karena itu, untuk mencegahnya Anda bisa menjalani gaya hidup sehat dan menghindari stres. Rutin olahraga dan makan makanan sehat juga dapat membantu Anda untuk terhindar dari sesak napas.

Setelah mengetahui beberapa penyebab sesak napas yang mungkin meyerang ibu hamil, Anda sebaiknya tidak perlu khawatir berlebihan. Sebab bersamaan dengan itu telah dipaparkan pula kiat-kiat untuk mengatasinya. Jika sesak napas kambuh, berlangsung dalam waktu yang lama, atau terjadi dengan intensitas yang tinggi, Anda wajib segera mengunjungi tenaga medis. Hal ini perlu Anda lakukan agar mendapat pertolongan terbaik dan tepat untuk mengembalikan kondisi Anda. 



Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Rabu, 04 Desember 19 - 16:50 WIB
Dalam Kategori : PENYEBAB SESAK NAFAS
Dibaca sebanyak : 32 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback