Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Kenali Jenis Kulit Wajah dan Lakukan Perawatan Ini

Kenali Jenis Kulit Wajah dan Lakukan Perawatan Ini
Apakah Anda sudah tahu jenis kulit wajah yang Anda miliki? Mengetahui jenis kulit wajah Anda penting agar Anda tahu perawatan apa saja yang perlu dilakukan agar beberapa masalah kulit seperti jerawat dan komedo tidak muncul. Pada dasarnya, ada 5 jenis kulit wajah: normal, berminyak, kombinasi, sensitif, dan kering. Jenis kulit dapat berubah-ubah seiring berjalannya waktu. Misalnya saja, anak-anak biasanya memiliki kulit wajah jenis normal dibanding orang dewasa. Jenis kulit wajah tergantung pada beberapa hal, misalnya berapa kadar air yang ada di kulit (yang memberikan dampak pada kenyamanan dan elastisitas), seberapa berminyak kulit tersebut (yang memberi efek melembutkan), serta seberapa sensitif kulit tersebut. 
 
Jenis-jenis Kulit Wajah
 
Apa yang membedakan dari jenis-jenis kulit wajah yang telah disebutkan sebelumnya? 
• Kulit Wajah Berminyak
Jenis kulit ini terjadi apabila kulit terlalu banyak memproduksi sebum. Sebum adalah minyak alami yang diproduksi oleh kelenjar sebaceous dan berfungsi untuk memberikan kelembapan pada kulit. Setiap orang memproduksi sebum dalam kadar yang berbeda-beda. Apabila kulit terlalu banyak memproduksi sebum, sebum akan membawa sel kulit mati dan menyumbat pori-pori, yang dapat mengakibatkan komedo dan jerawat. 
• Kulit Wajah Kering
Berbeda dengan kulit wajah berminyak, kulit wajah kering terjadi karena kulit kurang atau hanya memproduksi sebum dalam jumlah sedikit. Kulit wajah jenis ini memiliki pori-pori yang hampir tidak terlihat. Kulit juga terlihat kusam dan kasar. Selain itu, tanda kemerahan dan garis wajah yang terlihat menjadi tanda-tanda kulit kering. Bahkan kulit dapat mengelupas, gatal, meradang, dan iritasi. 
• Kulit Wajah Normal
Beruntung bila Anda memiliki jenis kulit wajah ini. Kulit jenis ini biasanya memiliki sedikit (atau tidak sama sekali) tanda-tanda ketidaksempurnaan. Pori-pori juga tidak terlihat dan kulit tampak cerah bercahaya. 
• Kulit Wajah Kombinasi
Jenis kulit wajah ini terjadi apabila kulit Anda kering di beberapa bagian, dan berminyak di bagian lain (misalnya di hidung, dahi, dan dagu). Banyak orang memiliki jenis kulit ini dan di setiap area bagian membutuhkan perawatan yang berbeda. Pori-pori wajah juga terlihat lebih besar dari biasanya. Orang yang memiliki kulit jenis ini juga sering memiliki komedo dan wajah tampak mengilap. 
• Kulit Wajah Sensitif
Apabila kulit Anda mudah iritasi setelah memakai produk kecantikan tertentu, ini tandanya Anda memiliki kulit wajah sensitif. Beberapa iritasi yang terjadi misalnya tanda-tanda kemerahan, rasa gatal, rasa terbakar, dan kulit kering. 
Lakukan Perawatan Kulit Dengan Teratur
Tidak peduli apapun jenis kulit wajah Anda, rutinitas perawatan kulit harian dibutuhkan agar Anda dapat menjaga kesehatan kulit dan mengobati masalah kulit tertetu seperti noda hitam dan jerawat. Beberapa rutinitas yang bisa Anda lakukan seperti menggunakan pembersih yang tidak membuat kulit kencang usai pembersihan. Bersihkan wajah kurang dari 2 kali setiap harinya. Jangan mencuci hingga kulit kesat karena ini berarti minyak alami kulit telah hilang. Anda juga bisa memakai serum yang mengandung vitamin C atau peptid. Pada malam hari, retinol sangat dianjurkan. Anda juga perlu menggunakan pelembap. Bahkan kulit berminyak juga membutuhkan pelembap. Gunakan pelembap yang ringan, tidak menyebabkan komedo dan tidak menyumbat pori-pori. Tidak kalah pentingnya adalah tabir surya. Oleskan tabir surya dengan SPF 30 15 menit sebelum Anda keluar rumah. Lakukan perawatan ini untuk jenis kulit wajah apapun, dan Anda akan memiliki kulit yang sehat dan bebas jerawat.
 
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Kamis, 02 Januari 20 - 11:38 WIB
Dalam Kategori : KULIT, WAJAH
Dibaca sebanyak : 124 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback