Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Kaki Bengkak Setelah Melahirkan? Atasi dengan Cara Ini!

Kaki Bengkak Setelah Melahirkan? Atasi dengan Cara Ini!
Setelah melahirkan, banyak wanita yang merasakan adanya memar atau bengkak di kulit, terutama di bagian kaki atau wajah. Dalam istilah medis, kondisi ini dinamakan pembengkakan pasca melahirkan atau postpartum swelling. Saat masa kehamilan, tubuh menyimpan cadangan air jauh lebih banyak untuk menopang kehidupan bayi, yang mana nanti dikeluarkan secara bertahap dari tubuh melalui keringat dan juga air seni. Pada masa itu, kaki kemungkinan besar bengkak karena adanya gejala serupa. Di arikel ini, kami akan memberikan beberapa tips untuk mengatasi kaki bengkak setelah melahirkan. Langkah-langkah di bawah ini dapat mejadi penawar kaki bengkak setelah melahirkan:
 
Minum Banyak Air
 
Walaupun kelihatannya kontradiktif, namun meminum banyak air pada masa pasca kehamilan dapat membantu mengobati bengkak pasca melahirkan, hal ini disebabkan karena jika seseorang kekurangan cairan, tubuh akan bergantung pada kelebihan cairan tersebut. Selain itu, memperbanyak minum air juga dapat menghilangkan racun melalui ginjal, yang mana dapat menyehatkan sistem tubuh sehingga mempercepat pemulihan.
 
Memosisikan Kaki Lebih Tinggi
 
Untuk mengurangi bengkak pada kaki dan memperbaiki sirkulasi cairan tubuh pasca kehamilan, Anda dapat menghabiskan waktu dengan menempatkan kaki lebih tinggi daripada posisi jantung. Hal ini dapat membuat cairan yang membengkak pada kaki mengalir ke seluruh tubuh. Selain itu, hindari menyilangkan kaki atau duduk di posisi yang sulit karena dapat menyebabkan sirkulasi dan aliran darah terhambat.
 
Olahraga Ringan
 
Banyak orang mengatakan bahwa olahraga ringan dapat mengurangi bengkak dan gejala serupa. Hal itu dikarenakan bergerak dapat membantu melancarkan sirkulasi darah dan cairan tubuh. Namun ingat agar jangan terlalu keras dan berhenti jika Anda merasa sakit. Olahraga ringan yang dapat dicoba adalah jogging, yoga, renang dan pilates.
 
Mengenakan Compression Stocking
 
Compression stocking adalah stoking khusus yang dirancang untuk mengobati gangguan-gangguan pembuluh darah seperti varises. Studi yang dilakukan pada tahun 2017 menunjukkan bahwa pemakaian compression stocking dapat membantu meredakan pembengkakan pada masa 24 jam setelah melahirkan.
 
Hindari Garam
 
Tubuh butuh untuk menyeimbangkan keseimbangan kandungan sodium dan air. Jika seseorang mengonsumsi terlalu banyak sodium, atau garam, maka tubuh mereka akan cenderung menahan air. Dietary Guidelines for Americans tahun 2015-2020 menganjurkan bahwa masyarakat sebaiknya tidak mengonsumsi garam lebih dari 2,300 miligram setiap harinya. Dengan mengecek kandungan sodium pada makana-makanan yang akan dikonsumsi, hal tersebut dapat membantu untuk menjaga konsumsi sodium agar tetap sehat mengurangi sekaligus menjaga retensi cairan tubuh.
 
Konsumsi Makanan Kaya Potasium
 
Sodium dan potassium bekerja bersamaan, dan tubuh kita tentu membutuhkan keseimbangan. Oleh karena itu mengonsumsi potassium dapat menyeimbangkan kadar sodium agar tidak berlebihan. Anda dapat mengonsumsi makanan-makanan yang kaya akan kandungan potasium seperti aprikot, alpukat, pisang, yogurt, selai kacang, bayam, dll.
 
Kurangi Kafein
Kopi dan produk ber-kafein lainnya dapat membuat tubuh kekurangan air sehingga meningkatkan risiko dehidrasi. Dehidrasi ini lah yang dapat memperlama kondisi bengkak pada kaki setelah melahirkan karena jika dehidrasi tubuh cenderung akan mempertahankan cairan termasuk cairan yang menyebabkan pembengkakan. Gantilah kopi dengan teh herbal atau air putih yang sekiranya dapat menghidrasi dan mengurangi bengkak pasca melahirkan.
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Rabu, 22 Januari 20 - 16:36 WIB
Dibaca sebanyak : 146 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback