Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Jenis Penyakit Mata dan Cara Mencegahnya

Jenis Penyakit Mata dan Cara Mencegahnya
 
Penyakit mata kering sering dialami oleh pekerja kantor karena mereka bekerja di depan layer komputer lebih dari 3 jam. Hampir semua aktivitas kita memang melibatkan koordinasi mata dan indera lainnya. Oleh karena itu, menjaga kesehatan mata sangatlah penting. Sayanya ada beberapa penyakit mata yang sering dialami berbagai orang. Masalah mata yang sering dialami ini sangat beragam tingkat keparahannya. Mulai dari masalah mata yang irngan hingga yang parah dan dapat menyebabkan kebutaan permanen jika ditangangi dengan benar.
 
  • Glaukoma
Glaukoma adalah penyakit mata yang terjadi pada saraf optik. Kerusakan pada saraf optik ini dapat terjadi akibat adanya tekanan tinggi pada mata. jika kondisi ini dibiarkan tanpa penganganan yang tepat, maka glaukoma akan menyebabkan kebutaan permanen. Glaukoma juga dapat diakibatkan oleh cedera mata, diabetes, hingga faktor keturunan.
Gejala serangan glaukoma mendadak meliputi mata merah, pusing, mual, muntah, melihat lingkaran di sekitar sumber cayaha, dan pandangan menjadi buram. Sedangkan gejala dari glaukoma yaitu tunner vision, lapang pandang sempit, ditandai dengan sering menabrak saat berjalan, dan pandangan kabur.
Sayangnya, glaukoma tidak bisa dicegah. Namun, kabar baiknya gejala glaukoma yang lebih parah dapat dikurangi dengan beberapa cara seperti rutin memeriksa mata ke dokter, menggunakan pelindung mata saat berolahraga, rutin berolahraga agar tekanan pada mata berkurang. Hal ini wajib diperhatikan, terlebih jika Anda memiliki masalah diabetes.
 
  • Mata kering
Masalah mata yang satu ini cukup sering dialami oleh banyak orang. Terutama pada mereka yang bekerja di depan layar komputer lebih dari 3 jam. Ketika kering maka bola mata Anda akan lebih mudah terserang oleh infeksi bakteri. Gejala umum mata kering adalah mata sensitif terhadap cayaha, gatal, pandangan kabur, mata merah, terasa ada yang mengganjal di mata, dan mata mudah terasa lelah.
Cara mencegah mata kering cukuplah mudah. Kenakan pelindung mata jika Anda berada di daerah yang berangin dan berasap. Ambil waktu untuk mengedipkan dan mengistirahatkan mata ketika Anda sedang bekerja dengan komputer, mengendarai, dan juga membaca.Menggunakan obat tetes mata yang mengandung vitamin A juga terbukti dapat meredakan gejala mata kering.Penyebab lain mata kering adalah, blefaritis – gatal yang terjadi di kelopak mata. Hal ini dapat diatasi dengan kompres air hangat di kelopak mata.Pada dasarnya mata kering bukanlah kondisi berbahaya. Namun bila dibiarkan, dapat meningkatkan risiko munculnya penyakit mata.
 
  • Mata gatal akibat alergi
Penyakit mata ini merupakan kondisi di mana bagian mata Anda mengalami gejala bengkak dan merah akibat terpapar zat alergen seperti serbuk sari dari bunga, jamur dinding, hingga zat-zat lain pemicu alergi lainnya. Kelainan ini biasanya terjadi pada kedua mata.
Gejala mata gatal akibat alergi yaitu mata merah, bengkak, gatal, sensasi terbakar, pembuluh darah di bagian putih mata terlihat lebih lebar dan merah. Cara mudah mencegah masalah mata yang satu ini adalah dengan menjauhkan diri Anda dari zat-zat yang dapat memicu alergi mata Anda. Menggunakan obat tetes mata juga dapat mengurangi gejala dari mata gatal akibat alergi. Selain itu menggunakan antihistamines emedastine setelah terpapar zat pemicu alergi dapat mengurangi risiko munculnya masalah mata ini.
 
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Jumat, 28 Agustus 20 - 13:50 WIB
Dibaca sebanyak : 121 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback