Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Jenis-jenis Mastalgia

Jenis-jenis Mastalgia
Mastalgia, lebih dikenal sebagai nyeri payudara adalah kondisi yang mempengaruhi banyak wanita pada suatu saat dalam kehidupan Anda.

Rasa sakit mastalgia mungkin konstan atau hanya terjadi sesekali. Mastalgia dapat berkisar dari ringan hingga berat, gejala yang mungkin terjadi adalah:
  • Rasa nyeri hanya terjadi beberapa hari dalam sebulan, dalam dua hingga tiga hari menjelang menstruasi Anda. Nyeri normal, ringan hingga sedang yang memengaruhi kedua payudara.
  • Nyeri dalam seminggu atau lebih lama setiap bulan, dimulai sebelum menstruasi dan terkadang berlanjut melalui siklus menstruasi Anda. Rasa sakitnya mungkin sedang atau berat, dan mempengaruhi kedua payudara.
  • Nyeri sepanjang bulan, tidak terkait dengan siklus menstruasi Anda.

Terdapat 2 jenis utama mastalgia, yaitu:
  • Mastalgia siklis
Jenis mastalgia yang paling umum terkait dengan siklus menstruasi dan hampir selalu hormonal. Biasanya Anda mulai merasa sakit sekitar waktu ovulasi. 

Pengobatan dan perawatan untuk mastalgia siklis akan tergantung pada gejala, usia, dan kesehatan umum Anda. Hal ini juga akan tergantung pada seberapa parah kondisinya mastalgia Anda.
  • Mastalgia non-siklik,
Mastalgia non-siklik jarang terjadi dan umumnya terasa berbeda dari mastalgia siklis. Pada umumnya, rasa sakit berlangsung sepanjang waktu dan hanya di 1 lokasi tertentu. Salah satu penyebab nyeri payudara non-siklik adalah trauma, atau pukulan pada payudara. Penyebab lain dapat termasuk nyeri rematik di rongga dada dan di leher, yang menjalar ke payudara.

Lebih sulit untuk mengetahui pengobatan terbaik untuk mastalgia non-siklik, karena sulit untuk mengetahui secara pasti dari mana rasa sakit itu berasal. Pengobatan akan tergantung pada gejala, usia, dan kesehatan umum Anda. Hal ini juga akan tergantung pada seberapa parah kondisinya. Jika diperlukan, Anda juga akan melakukan pemeriksaan fisik.

Rasa sakit mastalgia dapat berkisar dari ketidaknyamanan kecil hingga rasa sakit yang sangat melumpuhkan dalam beberapa kasus.  Anda tidak perlu khawatir karena mastalgia jarang dikaitkan dengan kanker payudara, sehingga tidak dianggap sebagai kemungkinan gejala kanker payudara.

Jika Anda mengalami mastalgia dan rasa nyeri mengganggu aktivitas sehari-hari Anda, segera berkonsultasi dengan dokter.
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Senin, 13 Juli 20 - 14:02 WIB
Dalam Kategori : MASTALGIA
Dibaca sebanyak : 170 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback