Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Jaringan Otot: Penting Untuk Dijaga

Jaringan Otot: Penting Untuk Dijaga
Manusia memiliki jaringan otot yang bekerja pada setiap bagian tubuh. Kegunaannya adalah untuk membantu manusia melakukan aktivitas sesuai kebutuhan mereka. Jaringan otot yang terdapat pada tubuh mereka mampu membantu menggerakan tubuh sesuai koordinasi sistem saraf.
 
Otot tidak hanya terdiri dari satu jenis, melainkan 600 jenis secara keseluruhan. Manusia juga dapat membentuk otot secara maksimal dengan melatih tubuh mereka dengan mengangkat beban secara rutin. Jika Anda ingin membentuk otot pada tubuh, sebaiknya Anda perlu ketahui risikonya.
 
Jika Anda mengangkat beban dan merasa tidak kuat, Anda sebaiknya jangan paksakan diri untuk mengangkat beban tersebut karena bisa menimbulkan rasa nyeri pada otot, dan membutuhkan waktu beberapa hari untuk pulih. Anda sebaiknya mulai dari yang ringan dan kemudian tambah bobot jika sudah menguasai hal ini.
 
Jenis Otot
 
Otot dibagi menjadi 3 jenis, antara lain:
  1. Otot halus
Jenis otot ini merupakan jenis yang paling lemah pada bagian tubuh dibandingkan dengan jenis lainnya. Otot halus memiliki peran dalam menyerap makanan ke saluran pencernaan. Selain itu, otot halus juga dapat menjaga sirkulasi darah. Otot polos juga dikendalikan secara tidak sadar.
  1. Otot rangka
Otot rangka adalah satu-satunya jenis otot yang bisa dikendalikan dalam keadaan sadar. Otot rangka menyatu dengan bagian tulang dan berkontraksi untuk melakukan pergerakan pada tubuh.
  1. Otot jantung
Manusia juga memiliki otot jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Otot jantung juga memberikan rangsangan dengan memberikan detak jantung untuk mengindikasi jika manusia merasakan sesuatu yang terjadi. Otot jantung juga bekerja secara tidak sadar.
 
Manfaat Otot
 
Otot memiliki banyak manfaat sehingga penting untuk dijaga. Kegunaan tersebut antara lain:
  1. Postur tubuh
Otot rangka berperan dalam mengatur postur tubuh supaya dapat bergerak dengan benar. Manusia memerlukan kekuatan dan fleksibilitas agar dapat mempertahankan postur tubuh yang tepat. Jika tidak, tubuh manusia kemungkinan akan terasa kaku atau pegal.
  1. Pergerakan
Otot rangka bertanggung jawab atas pergerakan manusia karena otot rangka terletak dekat dengan tulang dan juga dikendalikan oleh sistem saraf pusat.
  1. Pernafasan
Otot diafragma bertanggung jawab atas pernafasan pada tubuh manusia. Seberapa banyak otot yang perlu digunakan bergantung pada seberapa ringan atau berat manusia bernafas. Jika ringan, maka perlu mengerahkan sedikit otot untuk bernafas. Jika berat, maka perlu mengerahkan banyak otot untuk bernafas.
  1. Sirkulasi darah
Sirkulasi darah dipengaruhi dengan otot jantung yang didorong oleh impuls listrik untuk memberikan detak pada jantung. Sirkulasi darah juga dipengaruhi oleh otot polos yang menjaga tekanan pada pembuluh darah.
  1. Pencernaan
Otot halus mengendalikan saluran pencernaan yang meliputi mulut, kerongkongan, perut, dan usus. Sistem pencernaan juga menyebar ke hati, pankreas, dan kantong empedu. Otot halus juga membantu mengeluarkan sisa makanan dengan buang air besar atau muntah.
  1. Kandung kemih
Kandung kemih dikendalikan oleh otot halus dan kerangka. Kandung kemih meliputi ginjal, ureter, kelenjar prostat, penis, dan vagina. Kedua jenis otot dapat membantu proses buang air kecil.
  1. Kelahiran
Otot halus juga bekerja di bagian rahim. Kegunaannya untuk membantu proses persalinan. Ketika seorang wanita melahirkan, otot halus berkontraksi dan rileks agar mendorong bayi keluar dari vagina.
  1. Mata
Mata terdiri dari enam otot rangka untuk memberikan penglihatan pada pandangan dan gerakan pada mata. Jika otot-otot pada bagian mata rusak, mata Anda bisa rusak.
  1. Keseimbangan
Otot-otot kerangka membantu keseimbangan dengan melindungi tulang belakang. Otot-otot yang mengatur keseimbangan antara lain otot perut, otot punggung, dan otot panggul.
 
Perawatan Terhadap Otot
 
Anda dapat meningkatkan jaringan otot dengan mengkonsumsi banyak makanan bergizi dan berolahraga secara teratur. Anda sebaiknya jangan mengangkat beban secara berlebihan karena dapat menyebabkan nyeri pada otot.
 
Selain itu, Anda perlu ketahui bahwa kondisi yang dapat mempengaruhi kinerja otot antara lain miopati atau penyakit otot, distrofi otot, sklerosis, penyakit Parkinson, dan fibromialgia. Jika Anda mengalami gejala seperti ini yang mempengaruhi jaringan otot, Anda sebaiknya konsultasikan masalah ini dengan dokter agar mendapatkan perawatan yang tepat.
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Selasa, 04 Februari 20 - 15:58 WIB
Dibaca sebanyak : 50 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback