Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Jarak Pandang ke Komputer Ternyata Penting

Jarak Pandang ke Komputer Ternyata Penting
Terdapat peningkatan yang nyata pada jumlah anak yang didiagnosis dengan miopia dalam 10 tahun terakhir, dan diduga penyebabnya adalah Computer Vision Syndrome (CVS). Anak-anak saat ini menghabiskan lebih banyak waktu untuk bekerja dan bermain di komputer daripada generasi sebelumnya. Lalu sebenarnya, pentingkah jarak pandang ke komputer? 
 
Membuat anak-anak memikirkan tentang kesehatan mata mereka bisa menjadi tantangan, karena anak-anak sering kali tidak realistis tentang bagaimana tindakan mereka hari ini akan mempengaruhi kesehatan mereka bertahun-tahun yang akan datang. Namun dengan teknologi yang semakin maju, bagaimana cara Anda sebagai orang tua membantu anak menjaga kesehatan mata dan bebas dari ketegangan mata akibat komputer?
 
Selain jarak pandang ke komputer, berikut hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah CVS:
 
1. Dapatkan pemeriksaan mata yang komprehensif
Melakukan pemeriksaan mata komprehensif secara rutin setiap tahun adalah hal terpenting yang dapat Anda lakukan untuk mencegah atau mengatasi masalah penglihatan. Pastikan untuk memberi tahu dokter mata seberapa sering Anda atau anak Anda menggunakan komputer dan perangkat digital di tempat kerja dan di rumah. Ukur seberapa jauh jarak pandang mata Anda dari layar saat Anda duduk di depan komputer, dan bawa pengukuran tersebut sehingga dokter mata dapat menguji mata pada jarak kerja tertentu.
 
2. Gunakan pencahayaan yang tepat
Ketegangan mata sering kali disebabkan oleh cahaya yang terlalu terang baik dari sinar matahari luar ruangan yang masuk melalui jendela atau dari pencahayaan interior yang keras. Saat menggunakan komputer, pencahayaan sekitar harus setengah terang dari yang biasanya.
 
3. Sesuaikan pengaturan tampilan komputer
Menyesuaikan pengaturan tampilan komputer dapat membantu mengurangi ketegangan mata dan kelelahan. Umumnya, penyesuaian ini bermanfaat:
  • Brightness: Sesuaikan kecerahan layar sehingga kira-kira sama dengan kecerahan workstation di sekitar. 
  • Ukuran dan kontras teks: Sesuaikan ukuran teks dan kontras untuk kenyamanan, terutama saat membaca atau membuat dokumen panjang. Biasanya, cetakan hitam dengan latar belakang putih adalah kombinasi terbaik untuk kenyamanan.
  • Temperatur warna: Ini adalah istilah teknis yang digunakan untuk menggambarkan spektrum cahaya tampak yang dipancarkan oleh tampilan warna. Cahaya biru adalah cahaya tampak dengan panjang gelombang pendek yang dikaitkan dengan ketegangan mata lebih dari warna panjang gelombang yang lebih panjang, seperti oranye dan merah. Mengurangi suhu warna layar akan menurunkan jumlah cahaya biru yang dipancarkan oleh layar berwarna untuk kenyamanan tampilan jangka panjang yang lebih baik.
4. 20/20/20
Dokter merekomendasikan bahwa setiap 20 menit anak-anak Anda harus istirahat dari melihat layar komputer mereka dan fokus pada objek setidaknya 20 kaki selama setidaknya 20 detik. Hal ini biasanya disebut sebagai aturan 20/20/20. Mereka juga harus istirahat 10 menit setiap jam. Ada beberapa program perangkat lunak gratis yang akan mematikan layar setiap 20 menit selama 20 detik dan setiap jam selama 10 menit atau pada interval berapapun yang diinginkan orang tua. Jika Anda tidak ingin menggunakan perangkat lunak, siapkan pengatur waktu di luar pintunya atau di suatu tempat yang memaksa mereka bangun untuk mematikannya.
 
Cara terbaik untuk membantu mengurangi ketegangan mata akibat komputer adalah memastikan anak Anda memiliki kacamata yang tepat. Namun sebelum itu, pastikan jarak pandang anak ke komputer sudah sesuai dengan saran dari American Optometric Association, yaitu 15 hingga 20 derajat di bawah ketinggian mata, serta 20 hingga 28 inci dari mata.
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Kamis, 21 Januari 21 - 09:54 WIB
Dalam Kategori : KESEHATAN MATA, PENYAKIT MATA, GANGGUAN PENGLIHATAN
Dibaca sebanyak : 217 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback