Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Jangan Khawatir, Begini Cara Menambah Berat Badan Janin

Jangan Khawatir, Begini Cara Menambah Berat Badan Janin
 
Pernahkah Anda mengkhawatirkan berat badan janin yang tidak normal? Terkadang, hasil pemeriksaan dengan dokter bisa saja menunjukkan kondisi berat badan janin Anda. Janin dengan berat badan yang rendah berpotensi mengalami kekurangan nutrisi. Untuk mengatasi hal itu, Anda bisa mencoba cara menambah berat badan janin yang aman dan sehat.
Cara menambah berat badan janin dengan mudah
Sebelum melakukan upaya penambahan berat badan janin, ketahui dulu berat badan yang ideal bagi janin berdasarkan usia kehamilan. Anda bisa menanyakan terlebih dahulu dengan dokter mengenai berat badan janin Anda dan berapa berat yang ideal. Setelah itu, Anda bisa menentukan berapa berat yang perlu ditambahkan bagi janin.
Upaya penambahan berat badan bisa Anda lakukan seorang diri di rumah. Berikut beberapa langkah mudah sebagai cara menambah berat badan janin:
  • Istirahat yang cukup
Di tengah masa kehamilan, Anda perlu memastikan untuk tetap mendapatkan waktu istirahat yang cukup. Tidurlah minimal 8 jam saat malam hari. Luangkan waktu untuk tidur siang apabila Anda merasa lelah di siang hari.
  • Banyak minum air
Anda perlu memastikan bahwa tubuh Anda tetap terhidrasi. Saat Anda mengalami kekurangan cairan, bayi dalam kandungan pun akan turut terkena dampaknya. Pastikan untuk selalu mengonsumsi air dalam jumlah yang cukup, disertai dengan jus dari buah-buahan serta susu.
  • Konsumsi vitamin prenatal
Tidak sedikit ibu hamil yang diberikan vitamin prenatal oleh dokter sebagai upaya menjaga kesehatan janin. Konsumsi vitamin secara teratur bisa menjadi salah satu cara menambah berat badan janin yang menyehatkan dan tidak berbahaya.
  • Diet sehat
Diet sehat bukan berarti mengurangi jumlah makanan yang Anda konsumsi setiap harinya. Tetapi, perbanyak konsumsi makanan yang sehat dan bergizi, seperti makanan sumper protein, sayur-sayuran, buah-buahan, dan daging. Pastikan untuk selalu makan setidaknya 3-4 kali dalam sehari.
Hal yang perlu dihindari untuk menjaga kestabilan berat badan janin
Tidak hanya menjaga kesehatan diri, Anda juga perlu menjaga kesehatan janin saat masa kehamilan. Salah satu caranya adalah dengan memastikan berat badan janin tetap stabil atau sesuai dengan target normal.
Hindari melakukan hal-hal berbahaya yang tidak aman bagi janin, seperti:
  • Konsumsi kafein
Kandungan di dalam kafein bisa menjadi racun bagi janin apabila dikonsumsi secara berlebihan. Kafein bisa berasal dari berbagai jenis minuman, seperti kopi, teh, dan lain-lain. Oleh sebab itu, hindari konsumsi minuman yang mengandung kafein dan perbanyak konsumsi air.
  • Penggunaan alkohol dan merokok
Kebiasaan merokok dan meminum alkohol juga bisa membawa dampak berbahaya bagi janin Anda. Dampak dari kebiasaan ini akan terus dirasakan sampai bayi dilahirkan dan bertumbuh. Selain itu, kondisi fisik sang ibu hamil juga akan memburuk karena adanya kebiasaan ini.
  • Konsumsi makanan manis dan berlemak
Selama melakukan diet sehat sebagai cara menambah berat badan janin, cobalah untuk menghindari konsumsi makanan yang manis dan berlemak. Konsumsi lemak dan manis berlebihan bisa menyebabkan obesitas pada ibu hamil dan kekurangan gizi sehat pada janin. Jauhi juga makanan yang digoreng atau mengandung minyak berlebih.
Kunci menambah berat badan janin adalah dengan memastikan asupan gizi yang seimbang bagi janin. Dengan mengonsumsi makanan sehat, Anda bisa menjaga berat badan tetap ideal di tengah masa kehamilan sekaligus menjaga kesehatan bayi.
Selain itu, lakukanlah juga konsultasi secara rutin dengan dokter untuk memastikan cara menambah berat badan janin yang aman. Dokter bisa membantu Anda dalam memberikan rekomendasi cara atau konsumsi vitamin tertentu bagi Anda dan bayi.



Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Selasa, 04 Agustus 20 - 16:34 WIB
Dalam Kategori : CARA MENAMBAH BERAT BADAN JANIN
Dibaca sebanyak : 105 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback