Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Jaga HB Tetap Seimbang Dengan Konsumsi 7 Makanan Ini

 
Kadar hemoglobin (Hb) pada tubuh harus seimbang agar proses tubuh tidak terganggu. Hb merupakan protein dalam sel darah merah yang berfungsi untuk menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh. Kadar Hb rendah pada tubuh dapat disebabkan oleh beberapa hal. Penyebab Hb rendah yaitu kehamilan, infeksi saluran kemih, anemia defisiensi besi, dan masalah hati. Untuk menjaga kadar Hb selalu seimbang, Anda dapat mengonsumsi berbagai jenis makanan tertentu. Berikut ini merupakan 7 jenis makanan yang dapat menjaga kadar Hb tetap seimbang. Simak ulasan lengkapnya.
 
  • Daging dan ikan
Makanan penambah Hb yang dapat Anda konsumsi adalah daging dan ikan. Anda disarankan untuk mengonsumsi daging merah tanpa lemak. Anda bisa mengolahnya menjadi steak yang lezat. Dalam 85 gram daging merah terdapat kandungan zat besi sebesar 2,1 miligram. Untuk ikan, Anda dapat memilih ikan kembung. Ikan laut lezat ini mengandung 1,7 miligram dalam setiap 100 gramnya. Keduanya dapat membantu meningkatkan kadar Hb dalam tubuh dengan cepat jika dikonsumsi secara teratur.
  • Bayam
Makanan berupa bayam tentu sudah sangat akrab bagi banyak orang. Mengonsumsi bayam akan membantu menambah kadar Hb dalam tubuh Anda. Selain kandungan zat besi, bayam juga terkenal mengandung asam folat yang bermanfaat bagi penderita Hb rendah. Selain itu, konsumsi bayam sangat disarankan pada ibu hamil karena dapat membantu mencegah bayi lahir cacat.
  • Buah delima
Kandungan dalam buah delima sangat baik untuk Anda yang memiliki kadar Hb rendah. Buah delima tidak hanya mengandung zat besi saja namun juga kalsium, karbohidrat, dan serat yang baik bagi tubuh. Anda dapat mengonsumsinya secara langsung atau mengolahnya menjadi jus buah delima.
  • Semangka
Selain buah delima, buah semangka pun bisa membantu meningkatkan kadar Hb dalam tubuh. Buah semangka mengandung vitamin C dan zat besi. Kandungan vitamin C pada buah semangka akan membantu tubuh menyerap zat besi sehingga kadar Hb akan dapat meningkat lebih cepat.
  • Nasi cokelat
Jika kadar Hb Anda rendah namun sering mengonsumsi nasi putih, coba ubah kebiasaan tersebut. Anda dapat mengganti nasi putih dengan nasi coklat. Kandungan zat besi pada nasi cokelat dapat membantu meningkatkan kadar Hb dalam tubuh. Kandungan zat besi dalam 100 gram nasi cokelat sebesar 0,4 miligram. Meski kandungan zat besi pada nasi cokelat tidak banyak jika dibandingkan makanan penambah Hb lainnya, namun Anda dapat mengonsumsinya secara teratur sehingga tetap mendapat manfaat terbaiknya.
  • Jamur kancing
Anda juga dapat mengonsumsi jamur untuk menambah kadar Hb pada tubuh. Akan tetapi tidak semabarang jamur yang bisa dikonsumsi. Jamur kancing putih (Agaricus bisporus) merupakan jenis jamur yang disebut dapat menambah kadar Hb dalam tubuh. Kandungan zat besinya sekitar 1,7 miligram pada setiap 100 gram.
  • Kalkun dan hati ayam
Makanan penambah Hb terakhir yang direkomendasikan adalah kalkun dan hati ayam. Keduanya mengandung zat besi dan protein yang baik bagi tubuh. Kandungan zat besi pada kalkuan mencapai 1,4 miligram pada setiap 100 gram. Sedangkan pada hati ayam, kandungan zat besinya sekitar 9 miligram pada setiap 100 gram.
 
Saat kadar Hb di tubuh rendah, akan muncul beberapa gejala pada tubuh. Gejala tersebut seperti pusing, lemas, kulit pucat, jantung berdetak lebih cepat, dan nyeri dada. Dengan mengonsumsi berbagai makanan yang dapat menambah Hb, maka berbagai gejala tersebut akan berkurang dengan sendirinya. Akan tetapi, jika kondisi tidak kunjung memabaik maka segeralah mengunjungi dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Senin, 19 Oktober 20 - 13:47 WIB
Dibaca sebanyak : 93 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback