Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Inilahciri kanker paru-paru stadium awal

Inilahciri kanker paru-paru stadium awal
Kanker adalah sebuah penyakit yang diakibatkan oleh tidak normalnya pertumbuhan sel-sel jaringan di dalam tubuh. Sel-sel jaringan di dalam tubuh yang tadinya normal atau sel sehat menjadi sel kanker. Kanker juga sering dikenal dengan tumor, namun tidak semua tumor adalah kanker. Kanker terdiri dari dua belas jenis dan salah satunya adalah kanker paru-paru.
 
Kanker paru merupakan salah satu jenis kanker yang banyak diderita oleh masyarakat. Tidak sedikit pula yang tidak menyadari bahwa dirinya mengidap kanker paru sampai masuk ke stadium lanjut. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui apa saja ciri-ciri kanker paru-paru stadium awal.
 
Tidak mudah untuk mengetahui adanya gejala kanker paru-paru. Hal ini dikarenakan gejala kanker paru terlihat sama dengan gejala penyakit lainnya seperti bronkitis, tuberkulosis, efusi pleura, pneumonia dan abses paru. Namun kamu bisa segera periksa ke dokter jika mengalami beberapa hal seperti ini.
 
Batuk
Batuk bisa menjadi salah satu gejala awal kanker paru. Meskipun banyak penyakit lain yang sama gejalanya dengan batuk, namun jika batuk yang dirasa tidak kunjung henti selama lebih dari dua minggu, bisa jadi ini merupakan tanda penyakit serius. Segera periksakan diri ke dokter agar mendapatkan keterangan dan pemeriksaan lengkap.
 
Batuk berdarah
Batuk kerap dianggap remeh, namun kamu harus waspada ketika batukmu disertai dengan keluarnya darah. Hal ini bisa menjadi tanda bahwa kemungkinan kamu terserang kanker paru-paru.
 
Sesak napas
Kanker paru stadium awal juga bisa ditandai dengan gejala sesak napas. Apabila kamu sedang melakukan aktivitas sederhana dan terengah-engah secara tiba-tiba, kamu harus waspada dan periksakan diri ke dokter. Terjadinya sesak napas bisa disebabkan karena sel kanker menghalangi saluran pernapasan atau adanya cairan yang menumpuk di sekitar paru-paru yang mengakibatkan paru-paru tertekan.
 
Dada terasa nyeri
Kanker paru-paru juga bisa menyebabkan dada terasa nyeri. Tak hanya dada, bagian tubuh lainnya juga bisa merasakan sakit seperti bahu dan punggung. Ciri-ciri rasa nyeri bisa bersifat tajam, tumpul, muncul secara terus-menerus atau bisa hilang-timbul. Sakitnya dada beriringan dengan sesak napas yang kemudian disertai dengan batuk.
 
Suara serak dan Mengi
Suara serak juga sering dianggap remeh karena sering terjadi jika mengalami batuk. Namun, perlu diwaspadai jika suara serak terjadi lebih dari dua minggu. Psuara mengi juga bisa menjadi salah satu gejalanya sama dengan gejala asma. Perubahan suara ini terjadi karena sel kanker yang memengaruhi saraf yang mengatur pita suara. Jika hal ini terjadi kamu sebaiknya periksakan diri ke dokter.
 
Penurunan berat badan
Seseorang yang mengidap penyakit kanker akan kehilangan selera makannya yang kemudian akan mengalami penurunan berat badan secara drastis. Hal ini disebabkan oleh sel kanker yang memakan semua nutrisi yang ada di dalam tubuh.
 
Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan seseorang menderita kanker paru-paru. Berikut ini adalah faktor risiko yang perlu untuk diketahui dan bisa dihindari, antara lain:
 
  • Perokok aktif dan pasif
  • Polusi udara
  • Faktor keturunan
  • Terpapar gas radon
  • Paparan asbes
 
Setelah mengetahui berbagai fakor risiko penyakit kanker paru-paru, kamu bisa menghindarinya dan mengubah pola hidup menjadi pola hidup sehat. Hal yang penting lainnya juga konsultasikan ke dokter secara rutin dengan melakukan pemeriksaan kesehatan atau medical check-up untuk mendeteksi penyakit secara dini.
 
 
 
 
 



Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Jumat, 27 Maret 20 - 15:12 WIB
Dalam Kategori : KANKER PARU-PARU
Dibaca sebanyak : 90 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback