Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Inilah Risiko Dermabrasi yang Perlu Anda Ketahui

Inilah Risiko Dermabrasi yang Perlu Anda Ketahui
Memiliki kulit cerah dan lembut, bersih, sehat serta terbebas dari flek atau garis halus, menjadi dambaan banyak orang, khususnya para wanita. Berbagai produk atau tindakan perawatan wajah dicoba untuk mendapatkan kulit cantik. Salah satu yang cukup populer belakangan ini adalah dermabrasi.
Menemukan klinik kecantikan yang menyediakan layanan dermabrasi bukanlah hal yang sulit. Banyaknya peminat tindakan perawatan yang satu ini, membuat banyak klinik kecantikan menyediakan layanan tersebut.
Mengenal dermabrasi
Sebetulnya tidak mengherankan bila tindakan dermabrasi banyak diminati. Tindakan ini dapat mengatasi persoalan adanya garis halus atau kerutan, bintik hitam, serta membuat kulit lebih muda.
Masalah-masalah kulit, seperti jerawat, bintik hitam, kerutan halus, bekas luka, kemerahan pada kulit, warna kulit yang tidak merata, dapat diatasi dengan dermabrasi. Bahkan bagi Anda yang ingin menghilangkan tato juga dapat menjalani prosedur dermabrasi.
Jadi, apa sebenarnya dermabrasi itu?
Dermabrasi dapat dikatakan sebagai salah satu teknik pengelupasan kulit dengan menggunakan alat tertentu. Alat tersebut akan berputar di permukaan kulit yang ditujukan untuk mengangkat kulit terluar wajah.
Tindakan ini tentu tidak dapat dilakukan sembarangan. Bila Anda ingin mencoba dermabrasi, pilihlah klinik kecantikan terpercaya dengan dokter ahli kulit yang handal dan berpengalaman. Sebab teknik ini hanya boleh dikerjakan oleh dokter ahli kulit dan tenaga kesehatan profesional, tentu saja sesuai dengan kompetensinya.
Sebelum menjalani dermabrasi, Anda perlu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Nantinya, dokter akan memeriksa riwayat kesehatan Anda dan memeriksa kondisi kesehatan Anda saat ini.
Saat konsultasi sebaiknya Anda sampaikan kepada dokter apabila Anda memiliki alergi obat tertentu serta riwayat kesehatan lainnya. Atau apabila Anda tengah menjalani pengobatan tertentu. Sebab tidak semua orang dapat menjalani dermabrasi. 
Dokter tidak akan menyetujui proses dermabrasi bagi orang yang dalam keluarganya memiliki riwayat keloid, sedang mengalami infeksi, sedang berjerawat, sedang dalam masa mengonsumsi obat isotretinoin dalam setahun terakhir, serta orang yang memiliki bekas luka bakar atau akibat terapi radiasi. Hal ini tentu ditujukan bagi kebaikan pasien sendiri.
Risiko dermabrasi
Tindakan dermabrasi bila dilakukan sesuai anjuran dan sesuai prosedur memang merupakan tindakan perawatan kulit yang cukup aman. Namun, tindakan ini tetap memiliki risiko.
Berikut ini beberapa risiko dermabrasi yang perlu Anda ketahui.
1. Bengkak dan kemerahan
Banyak orang yang mengalami kemerahan dan pembengkakan setelah menjalani tindakan dermabrasi. Anda tidak perlu panik bila mengalaminya. Hal tersebut memang akan terjadi.
Bengkak dan kemerahan tersebut akan reda setelah beberapa minggu. Prosesnya memang sangat perlahan. Jadi, Anda perlu bersabar selama masa pemulihan tersebut.
2. Kulit menjadi sensitif
Karena dermabrasi ditujukan untuk mengangkat kulit terluar wajah agar dapat tumbuh kulit baru, maka ada risiko kulit menjadi lebih sensitif. Warnanya pun biasanya merah muda layaknya kulit baru.
Prosedur ini memang untuk peremajaan kulit dan sel kulit baru tentu ada kecenderungan lebih sensitif dibanding kulit yang mature.
3. Jerawat dan pori-pori membesar
Sesaat pasca menjalani dermabrasi, ada kemungkinan akan timbul jerawat. Anda tidak perlu khawatir, sebab jerawat ini akan hilang kembali dengan sendirinya. Bila kondisi wajah Anda tidak membaik dan jerawat terus muncul, segera konsultasi kepada dokter yang merawat Anda.
Selain timbul risiko berjerawat, dermabrasi juga dapat membuat pori-pori wajah Anda membesar.
Setelah dermabrasi, ada juga risiko lain seperti infeksi jamur atau bakteri, atau munculnya jaringan parut. Meskipun hal tersebut cukup jarang terjadi. Berkonsultasilah dengan dokter terkait kemungkinan risiko yang terjadi serta apa saja yang dapat diharapkan dari prosedur tersebut.
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Rabu, 26 Februari 20 - 16:08 WIB
Dalam Kategori : DERMABRASI
Dibaca sebanyak : 210 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback