Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Inilah kondisi yang Sebabkan mata buta

Inilah kondisi yang Sebabkan mata buta
 
 
Buta adalah kondisi di mana kemampuan mata untuk menangkap cahaya dan melihat benda di sekitar kita tidak berfungsi. Kondisi mata buta sebenarnya bisa diperoleh faktor genetik yang dibawa sejak lahir. Namun, kondisi mata buta pun juga bisa dialami karena faktor lain seperti kecelakaan, penyakit hingga infeksi.
 
Di Indonesia sendiri ada berbagai macam jenis kondisi mata yang buta disebabkan oleh banyak faktor. Salah satunya yang paling sering adalah faktor penyakit yang dialami terutama oleh para lansia yang memiliki umur lanjut usia. Nah, untuk mencegah menurunnya kemampuan mata yang dialami oleh orang yang kita sayangi. Ada baiknya kamu mulai menyimak ulasan mengenai kondisi apa saja yang dapat menyebabkan mata buta di bawah ini:
1. Katarak
Katarak adalah penyakit yang membuat lensa mata menjadi keruh karena adanya selaput putih yang menghalangi sehingga membuat mata menjadi tidak jelas melihat. Kondisi mata katarak biasanya dialami oleh orang yang sudah lanjut usia  namun tak jarang pula bagi anak-anak yang masih berumur dini mengalami kondisi mata katarak ini karena faktor genetik. Bila katarak pada mata sudah dianggap tak wajar dan mulai mengganggu penglihatan. Ada baiknya jika Anda segera menyegerakan operasi pengangkatan katarak agar tak semakin mengkhawatirkan. Anda bisa mencoba untuk berkonsultasi ke dokter spesialis mata terdekat dan meminta penanganan operasi mata katarak sebelum mencegahnya semakin meluas.
Selain itu, untuk menjaga kesehatan mata dianjurkan untuk mengurangi kegiatan merokok dan terlalu lama melihat sinar ultraviolet.
 
2. Glaukoma
Penyakit yang ditimbulkan akibat tekanan di dalam bola mata ini membuat kerusakan pada syaraf mata terjadi seiring berjalannya waktu. Glaukoma biasanya terjadi karena faktor identik dari keluarga yang diturunkan. Penyakit ini biasanya ditandai oleh penglihatan yang mulai kabur terutama pada bagian tepi. Adanya kondisi mata merah yang berangsur lama. Melihat lingkaran cahaya di sekitar area lampu. Merasakan mual dan muntah serta nyeri di area mata. Untuk penanganan glaukoma sendiri dapat diatasi dengan pemberian obat mata, operasi laser dan operasi mikro yang dilakukan oleh dokter spesialis mata profesional.
 
3. Diabetes
Kadar gula yang terlalu tinggi juga bisa membuat mata menjadi buta. Bila kamu sering mengkonsumsi aneka minuman dan makanan yang manis tanpa mengimbangi konsumsi air putih yang cukup. Maka kamu harus berhati-hati, jangan sampai kamu mengalami retinopati diabetik yang menyebabkan rusaknya pembuluh darah yang berada di bagian belakang mata di mana area ini merupakan area yang paling sensitif terhadap rangsangan cahaya. Apabila hal ini berangsur-angsur dipertahankan maka fungsi retina dalam menerima asupan nutrisi untuk mempertahankan penglihatan akan menurun.
 
4. Keratitis
Cindera mata, infeksi serta iritasi pada mata dapat menyebabkan keratitis atau gangguan pada kornea mata akibat peradangan. Kondisi ini dapat membuat mata menjadi merah dan berair serta tak jarang pula menjadi panas di sekitarnya. Keratitis juga dapat membuat penglihatan menjadi terganggu dan menjadi sensitif terhadap cahaya.
 
5. Infeksi bakteri trakoma
Bakteri Chlamydia trachomatis yang dapat menyebabkan infeksi pada saluran hidung dan mata ini biasanya disebarkan oleh lalat. Namun, tak jarang pula terkadang kita terkena infeksi trakoma ini karena secara tak sengaja tertular oleh orang lain. Seperti contohnya menggunakan barang-barang yang dimiliki oleh orang yang sudah terinfeksi oleh bakteri trakoma. Trakoma biasanya dapat menimbulkan gejala bagi orang yang terkena olehnya berupa iritasi ringan pada mata, keluarnya nanah atau kotoran mata, penglihatan yang mulai kabur, sakit mata, mata peka terhadap cahaya dan merasakan gatal yang tidak wajar.
 
Bila kamu sedang mengalami ciri-ciri di atas. Maka sebaiknya kamu segeralah berkonsultasi dengan dokter agar segera mendapatkan tindakan pencegahan yang tepat. Jangan lupa pula untuk menjaga pola makan dan tidur agar kondisi kesehatan mata ikut terjaga.


Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Jumat, 26 Juni 20 - 12:48 WIB
Dalam Kategori : BUTA
Dibaca sebanyak : 142 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback