Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Ini Dia Penyebab Tinnitus Alias Telinga Berdenging

Ini Dia Penyebab Tinnitus Alias Telinga Berdenging
Pastinya kita pernah mengalami telinga yang tiba-tiba berdenging atau terasa seperti mendengar suara dering, desis, kicauan, siulan, dan beberapa suara lain tanpa ada sumber suara yang jelas. Kondisi ini dinamakan sebagai tinnitus yang dapat dialami oleh satu dari lima orang. Tinnitus sebenarnya adalah merupakan gejala dari kondisi atau penyakit lain yang mendasari atau menyebabkan gejala tinnitus muncul.
 
APA SAJA GEJALA DAN PENYEBAB DARI TINNITUS?
 
Umumnya penderita tinnitus akan merasakan gejala telinga terasa berdenging atau terdengar suara gemuruh / mendesis di telinga. Gejala ini dapat muncul dan hilang sewaktu-waktu dan dapat menjadi lebih parah pada saat penderita tinnitus mengkonsumsi alkohol, merokok, mengkonsumsi kafein, dan sedang mengalami stress.
 
Meski gejala tinnitus dapat muncul dan hilang sewaktu-waktu, ternyata paparan bunyi yang terlalu keras dan mendadak memicu timbulnya tinnitus. Hampir 90% penderita tinnitus ternyata memiliki gangguan pendengaran yang diakibatkan paparan kebisingan yang merusak sel-sel sensitif di koklea yang merupakan salah satu organ penting di telinga bagian dalam. Selain paparan kebisingan, beberapa kondisi atau penyakit di bawah ini juga dapat mencetuskan timbulnya tinnitus, antara lain:
·         Sumbatan pada telinga baik yang disebabkan oleh penumpukan kotoran telinga, infeksi telinga, atau tumor pada telinga.
·         Konsumsi obat-obatan seperti aspirin, antibiotik, anti radang, obat penenang, anti depresan, dan obat anti malaria.
·         Proses penuaan yang mengakibatkan kerusakan koklea atau struktur lain di telinga.
·         Penyakit Meniere yang mempengaruhi bagian dalam telinga.
·         Otosklerosis di mana tulang-tulang kecil telinga menjadi kaku.
·         Cedera atau gangguan pada kepala, leher, atau rahang seperti sindrom sendi temporomandibular (TMJ).
·         Beberapa penyakit lain seperti, hipertensi, penyakit kardiovaskular, anemia, alergi, gangguan fungsi kelenjar tiroid, penyakit autoimun, dan diabetes.
 
APA YANG HARUS DILAKUKAN BILA MENGALAMI TINNITUS?
Ketika diagnosa tinnitus ditegakkan maka untuk mengatasi tinnitus adalah dengan mengatasi penyakit atau kondisi yang mendasari. Selain itu, untuk mengurangi gejala dan mencegah timbulnya tinnitus dapat dilakukan beberapa tindakan seperti:
·         Membersihkan kotoran telinga.
·         Menghindari penggunaan obat-obatan yang dapat mencetuskan timbulnya tinnitus.
·         Noise suppressiondengan alat seperti white noise machines, alat bantu dengar, masking device, dan tinnitus retraining.
·         Menggunakan pelindung telinga dan menurunkan volume saat mendengarkan musik.
Menjaga kesehatan kardiovaskular, berolahraga secara teratur, dan diet sehat seimbang.
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Jumat, 31 Januari 20 - 14:58 WIB
Dalam Kategori : TELINGA, PENYAKIT
Dibaca sebanyak : 253 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback