Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Ini Dia Cara Mengatasi Cystic Acne

Ini Dia Cara Mengatasi Cystic Acne
Cystic acne merupakan jenis jerawat parah di mana pori-pori kulit tersumbat dan menyebabkan infeksi serta peradangan. Kondisi ini biasanya terjadi pada kulit wajah, namun juga umum dijumpai di bagian tubuh lain seperti badan dan lengan atas. Kasus jerawat banyak dijumpai pada remaja dan orang dewasa, dengan sekitar 80 persen kasus jerawat terjadi pada orang-orang berumur 11 hingga 30 tahun. Cystic acne, di sisi lain, merupakan bentuk jerawat yang paling parah dan menyerang lebih sedikit orang. Di tahun 2009, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) menemukan bahwa jerawat merupakan penyebab utama orang-orang mengunjungi dokter ahli kulit.
Gejala cystic acne
Jerawat memiliki gejala yang hampir sama pada setiap orang. Dalam kasus cystic acne, gejala tersebut tampak lebih jelas karena kondisi ini merupakan tipe jerawat paling parah dan menghasilkan kista dan nodul serta papula dan pustula yang meradang. Semua jenis jerawat dapat memengaruhi kepercayaan diri dan suasana hati. Namun risiko tekanan psikologi lebih besar ditemukan pada kasus cystic acne karena efek terhadap tampilan wajah lebih besar dibandingkan dengan jerawat jenis lain pada umumnya.
Kebanyakan orang dengan jerawat tidak mengalami gejala fisik lain, namun tampilan kulit wajah dapat menyebabkan tekanan emosional. Dalam kasus cystic acne, tekanan emosional tersebut dibarengi dengan rasa sakit karena kista yang meradang. Perawatan cystic acne penting untuk dilakukan karena risiko bekas luka akibat cystic acne jangka panjang.
Pilihan perawatan
Karena cystic acne merupakan jenis jerawat yang parah, obat-obatan OTC (over the counter) untuk jerawat biasanya tidak cukup kuat untuk mengobatinya. Oleh sebab itu, Anda perlu mendapatkan bantuan dari dokter ahli kulit untuk mendapatkan obat-obatan yang diresepkan. Tergantung pada jenis perawatan, pengobatan tersebut dapat memakan waktu hingga 8 minggu. Beberapa pilihan perawatan cystic acne di antaranya adalah:
  • Isotretinoin
Isotretinoin meruapakn obat resep yang kuat dan dianggap menjadi perawatan paling efektif untuk mengobati cystic acne. Obat ini beerasal dari bentuk kuat vitamin A, dan diminum dalam bentuk tablet setiap hari. Sekitar 85 persen orang-orang yang meminum isotretinoin menunjukkan adanya kemajuan dengan kondisi mereka dalam 4 hingga 6 bulan. Namun, meskipun obat ini efektif, ada risiko kesehatan yang dihubungkan dengan konsumsi isotretinoin, di antaranya adalah lebam, penyakit radang usus, peradangan kulit, darah pada air seni, dan rasa sakit pada otot dan persendian.
  • Antibiotik oral
Antibiotik oral dapat digunakan untuk merawat cystic acne apabila kondisi ini memengaruhi sebagian besar kulit tubuh. Antibiotik bekerja dengan cara mengurangi bakteri dan peradangan yang mungkin berkontribusi terhadap pembentukan cystic acne. Namun, antibiotik tidak mengatasi kulit berlebih ataupun sel kulit mati. Selain itu, antibiotik sangat dianjurkan hanya untuk konsumsi jangka pendek karena kemungkinan adanya resistensi bakteri apabila dikonsumsi dalma waktu yang lama. Apabila antibiotik tidak efektif, dokter akan merekomendasikan isotretinoin. Beberapa kemungkinan efek samping yang timbul akibat antibiotik di antaranya adalah sakit perut, diare, mual dan muntah, serta sensitivitas terhadap cahaya.
Merawat kulit Anda merupakan cara terbaik dalam mencegah cystic acne. Cobalah untuk rutin mencuci muka sekali setiap harinya pada malam hari. Gunakan pembersih yang dapat membersihkan kotoran dan minyak berlebih, namun tidak keras di kulit ataupun menyebabkannya kering. Hindari menggunakan scrub karena dapat mengiritasi jerawat meradang yang ada dan membuatnya semakin parah.



Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Rabu, 08 Juli 20 - 17:11 WIB
Dibaca sebanyak : 135 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback