Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Ini Bahaya Alergi Makanan yang Harus Diwaspadai

Ini Bahaya Alergi Makanan yang Harus Diwaspadai
Banyak faktor yang memicu munculnya alergi makanan, mulai dari udara, debu, obat dan jenis makanan itu sendiri. Alergi yang cukup mengkhawatirkan disebabkan karena makanan itu sendiri, hal ini disebabkan karena makanan merupakan kebutuhan pokok bagi makhluk hidup termasuk manusia untuk bertahan hidup, berkembang dan tumbuh.
Jika alergi terhadap makanan yang notabene makanan tersebut adalah pokok bagi kehidupan manusia, bukan tidak mungkin akan mengancam jiwa manusia tersebut. Alergi ini muncul sebagai respons yang luar biasa dari tubuh manusia saat mengonsumsi makanan tertentu yang dianggap berbahaya padahal sebenarnya tidak
Dampak Alergi Makanan
Apabila alergi terhadap makanan tidak ditangani secara serius, maka akan berdampak buruk terhadap tubuh seseorang, Alergi terhadap makanan dapat berbahaya dan berakibat fatal, hal inilah yang membuat seseorang harus mengenali gejala dan juga akibatnya. Berikut ini beberapa dampak buruk yang ditimbulkan dari alergi terhadap makanan.
  • Ruam dan Bengkak pada Tubuh
Seseorang yang mengalami alergi terhadap makanan dapat terkena urtikaria atau ruam yang disertai dengan rasa gatal di kulit. Angiodema akan memunculkan pembengkakan disertai dengan bercak yang muncul dalam berbagai ukuran.
Gejala ini biasanya timbul pada seseorang yang alergi terhadap udang, susu, dan kacang. Meskipun tidak meninggalkan bekas, dampak karena alergi terhadap makanan yang satu ini menyebabkan gatal pada kulit, serta jalan napas terhalang.
  • Menyerang Saluran Pencernaan
Alergi terhadap makanan bisa menyerang saluran cerna dengan gejala sistematik, kondisi ini sangat rentan terjadi pada bayi dan balita. Alergi susu sapi, dapat membuat balita atau bayi mengalami kembung, muntah hingga diare. Kondisi ini akan muncul dan hilang dalam beberapa waktu.
Dampak dari saluran pencernaan yang diserang sangat besar terhadap proses tumbuh kembang anak tersebut. Pada tingkatan yang paling parah, kondisi ini bahkan bisa menyebabkan anak tersebut kehilangan kesadaran.
  • Menyerang Saluran Pernapasan
Seseorang yang mengalami kondisi ini pada saluran pernapasan mereka akan terganggu, hal ini ditandai dengan batuk, sesak napas, dan mengi. Parahnya lagi, seseorang yang memiliki riwayat alergi terhadap makanan dan gangguan pernapasan secara bersamaan dapat memicu munculnya asma.
Penyebab Munculnya Alergi Makanan
Seperti yangs sudah dijelaskan di atas, alergi terhadap makanan muncul karena respons luar biasa tubuh saat melihat makanan yang dianggap berbahaya tetapi sebenarnya tidak. Bisa dikatakan bahwa alergi ini muncul karena salah respons tubuh pada kondisi tersebut.
Siste kekebalan tubuh akhirnya mencipakan antibodi, berupa immunoglobulin E, antibodi berfungsi sebagai penahan untuk melawan makanan yang dikira berbahaya padahal ternyata tidak sama sekali.
Ketika makanan masuk, sistem imun ini akan melepaskan bahan kimia untuk melawan makanan tersebut. Alergi yang muncul timbuld dari reaksi sistem imun yang menahan makanan tadi ditandai dengan munculnya kemerahan dan ruam pada kulit hingga bersin-bersin.
Penyebab lain munculnya kondisi ini adalah faktor genertik, umur jenis kelamin, pola hidup sehat termasuk pada makanan yang dikonsumsi hingga lingkungan tempat tinggal yang ditempati. Selain itu, alergi terhadap makanan bisa muncul karena kelelahan setelah beraktivitas.
Sedikit penjelasan di atas merupakan penjelasan mengenai bahaya yang ditimbulkan dari alergi makanan, Sangat disarankan bagi Anda untuk menjaga pola makan, bagi yang sudah terinfeksi alergi ini sangat disarankan untuk berhati-hati dalam memilih makanan yang akan dikonsumsi atau dimakan setiap harinya.
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Senin, 20 Januari 20 - 16:39 WIB
Dibaca sebanyak : 85 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback