Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Hilangkan Jerawat di Lengan dengan Cara Mudah Ala Rumahan

Hilangkan Jerawat di Lengan dengan Cara Mudah Ala Rumahan
Memiliki jerawat bukanlah hal yang menyenangkan, baik di wajah, punggung ataupun jerawat di lengan. Jerawat adalah kondisi kulit yang umum terjadi pada semua usia. Biasanya, jerawat disebabkan oleh terbukanya pori-pori. Hal ini memungkinkan bakteri, kulit mati, atau minyak masuk ke pori-pori dan kemudian dapat memicu respon dari pada tubuh Anda.
 
Jerawat yang muncul di lengan pun muncul karena faktor yang sama. Artinya, banyak faktor penyebab lain yang menimbulkan munculnya jerawat pada lengan Anda. Nah, berikut beberapa cara mengatasi jerawat ala rumahan. 

Penyebab jerawat di lengan 
Berikut utama munculnya jerawat di lengan, meliputi:
  • Kelenjar minyak terlalu aktif. Kelenjar minyak di kulit bertanggung jawab untuk mengeluarkan minyak alami untuk melembapkan kulit. Terkadang, produksi minyak yang berlebihan oleh kulit dapat menyumbat pori-pori dan menimbulkan jerawat. 
  • Fluktuasi hormonal. Fluktuasi hormonal pada pria dan wanita dapat menyebabkan kelenjar sebaceous bekerja berlebihan, yang dapat menyebabkan jerawat di lengan. 
Terlepas dari penyebab utama tersebut, ada beberapa penyebab lain yang juga dapat menyebabkan perkembangan jerawat di bahu dan lengan:
  • Ketombe. Terkadang masalah ketombe yang tidak teratasi bisa menimbulkan jerawat di lengan maupun punggung bagian atas. 
  • Gesekan dari kain. Gesekan yang disebabkan oleh pakaian yang terlalu ketat dan kain tertentu dapat menyebabkan iritasi kulit. Jerawat dapat terjadi karena keringat berlebih serta penggunaan pakaian ketat dan tertutup. Jerawat yang ada di lengan bisa memburuk karena hal yang sama. 
Selain hal di atas, berikut beberapa penyebab jerawat ataupun ruam pada lengan dan bahu:
  • Keratosis pilaris. Pada kondisi ini, terjadi penumpukan sel kulit mati yang berlebihan yang dapat menyumbat pori-pori di lengan dan menyebabkan benjolan merah. ‘Kulit ayam’ adalah sebutan lain untuk benjolan yang teksturnya kasar dan menyerupai jerawat tertutup (komedo).
  • Reaksi alergi terhadap makanan atau obat. Alergi adalah salah satu penyebab paling umum dari ruam. Alergi juga bisa disebabkan oleh iritasi topikal, makanan tertentu, obat-obatan, dan lain-lain. 
  • Alergi matahari. Jika Anda memiliki kulit yang sensitif terhadap sinar matahari, area kulit yang biasa terpapar sinar matahari seperti lengan bisa menimbulkan ruam dan bintik-bintik.
  • Kebersihan tubuh yang buruk. Kebiasan tidak higienis seperti tidak mandi secara teratur atau mengenakan pakaian kotor dapat menyebabkan timbulnya ruam di lengan dan bahu Anda. 
Bagaimana cara menghilangkan jerawat di lengan dan bahu?
Ada banyak pengobatan dan pembersih jerawat yang beredar di pasaran, sehingga sulit untuk memilih mana yang baik dan cocok untuk Anda gunakan. Nah, pengobatan rumahan berikut bisa Anda coba untuk mengatasi jerawat di lengan
  • Tea tree oil
Banyak produsen perawatan kulit yang dijual bebas mengandung banyak minyak pohon teh atau tree tea oil. Selain itu, sebuah penelitian menemukan bahwa menggunakan krim yang terbuat dari lidah buaya, propolis, dan tea tree oil lebih efektif daripada antibiotik dalam mengurangi keparahan dan jumlah total jerawat serta mencegah jaringan parut. 
  • Kompres dengan air hangat
The American Academy of Dermatology merekomendasikan menerapkan kompres hangat, hal ini dapat membantu proses penyembuhan. Untuk melakukan hal tersebut, Anda dapat mengikuti cara di bawah ini:
  1. Rendam kain lap atau handuk kecil dalam air panas. Pastikan air tidak terlalu panas sehingga tidak membakar kulit. 
  2. Oleskan kompresan ke bagian jerawat selama 15 menit.
  3. Ulangi sebanyak tiga sampai empat kali dalam sehari sampai keluar cairan atau nanah. 
  • Mandi oatmeal
Anda mungkin ingin berendam dalam bathtub berisi oatmeal seperti ketika seseorang menderita cacar air. Hal ini dikarenakan oatmeal (khususnya oat koloid) memiliki penenang dan anti-inflamasi. Hal ini sangat baik untuk kulit kering, gatal, atau kasar.
  • Benzoil peroxide
Benzoil peroxide akan membunuh bakteri di dalam pori-pori. Benzoil peroksida adalah zat kimia yang terkenal untuk mengatasi jerawat. Zat ini biasanya terkandung dalam berbagai produk kecantikan, seperti krim ataupun pembersih wajah. Benzoil peroksida akan bekerja menyingkirkan bakteri yang ada di bawah kulit serta melepaskan sel kulit mati dan kelebihan minyak. 
  • Obat resep
Seorang dokter kulit biasanya akan meresepkan obat jika pengobatan rumahan tidak efektif. Hal ini mungkin termasuk:
  1. Krim topikal
  2. Antibiotik seperti doksisiklin
  3. Retinoid topikal
  4. Benzoil peroksida yang diresepkan
 
Jerawat di lengan dapat muncul kapan saja dan menimpa siapa saja. Pencegahan yang bisa Anda lakukan yang paling utama adalah dengan menjaga kebersihan tubuh dengan mandi secara teratur dan jangan menggunakan pakaian kotor. Hubungi dokter kulit jika pengobatan rumahan ini tidak efektif untuk Anda.
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Selasa, 27 Oktober 20 - 09:28 WIB
Dalam Kategori : JERAWAT, KESEHATAN KULIT, PERAWATAN KULIT
Dibaca sebanyak : 90 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback