Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Hamil 7 Minggu? Janin Akan Tampak Seperti Ini

Hamil 7 Minggu? Janin Akan Tampak Seperti Ini
 
Bagi wanita yang hamil, tentunya mereka akan mengalami perkembangan yang berbeda, namun tergantung pada berapa lama mereka telah hamil. Semakin tua usia kehamilan, semakin besar janin mengalami perkembangan. Jika seorang wanita sedang hamil 7 minggu, seperti apa perkembangannya?
 
Bagi wanita yang hamil 7 minggu, tentunya mereka juga akan mengalami perubahan secara signifikan terhadap tubuh mereka. Tidak hanya itu, wanita yang hamil pada masa tersebut juga akan mengalami pembentukan pada berbagai organ tubuh janin. Jika Anda merupakan seorang wanita yang sedang hamil 7 minggu dan ingin tahu perkembangannya seperti apa, Anda bisa mengetahui perkembangan janin melalui cara di bawah.
 
Perkembangan Janin
 
Wanita yang hamil juga akan mengalami banyak perubahan ketika mereka memasuki usia kehamilan 7 minggu, namun tidak bisa dilihat secara kasat mata. Oleh karena itu, wanita yang hamil sebaiknya temui dokter untuk melihat perkembangan janin. Perkembangan janin dapat dilihat melalui ultrasonografi (USG).
 
Ultrasonografi adalah alat yang mampu mendeteksi kondisi di dalam tubuh pasien, termasuk janin. Ketika dokter memakai USG, berikut adalah perkembangan yang dialami janin ketika memasuki usia kehamilan 7 minggu:
  1. Tubuhnya membesar
Ketika usia kehamilan telah mencapai 7 minggu, tubuh janin semakin membesar hingga 10.000 kali lipat. Jika dilihat dengan USG, maka akan terlihat seperti buah blueberry. Sebagian besar perkembangan janin ada di bagian kepala, karena sel otak akan terus bertambah setiap hari.
  1. Munculnya tangan dan kaki
Tangan dan kaki janin juga akan terbentuk, namun belum tampak sempurna.
  1. Ginjal mulai terbentuk
Ginjal janin juga akan terbentuk ketika sudah memasuki usia 7 minggu. Ketika memasuki usia tersebut, janin mampu menyerap nutrisi dari makanan yang dikonsumsi ibu hamil.
  1. Organ vital terus berkembang
Organ vital janin, seperti jantung dan paru-paru, juga akan mengalami perkembangan ketika usia janin mencapai 7 minggu.
  1. Pertumbuhan di bagian telinga
Telinga janin, ketika memasuki usia 7 minggu masa kehamilan, juga akan mengalami perkembangan, namun di bagian dalam. Bagian luar telinga janin akan terbentuk beberapa minggu kemudian.
 
Gejala
 
Meskipun telah mengalami banyak perkembangan, wanita yang hamil juga bisa mengalami berbagai gejala sebagai berikut:
  • Merasa lelah.
  • Meningkatnya frekuensi buang air kecil.
  • Mual.
  • Muntah.
  • Payudara membengkak.
  • Kram di bagian panggul.
  • Mengidam makanan.
  • Peningkatan pada produksi air liur.
  • Nyeri ulu hati.
 
Cara Menjaga Kesehatan Janin
 
Jika Anda sedang hamil 7 minggu dan ingin menjaga kondisi janin agar tetap sehat, berikut adalah beberapa hal yang sebaiknya Anda lakukan:
  • Bertemu dengan dokter
Untuk mengetahui perkembangan janin, Anda sebaiknya temui dokter. Tidak hanya itu, dokter juga akan memberitahu Anda apakah waktu untuk melahirkan sudah dekat atau belum.
  • Konsumsi makanan sehat
Cara lain yang sebaiknya Anda lakukan adalah mengkonsumsi makanan yang sehat seperti telur dan ikan salmon. Mengkonsumsi makanan sehat dapat memberikan nutrisi yang tinggi pada janin.
  • Berolahraga
Setiap orang sangat dianjurkan untuk berolahraga, termasuk orang hamil. Anda hanya perlu berolahraga selama 30 menit, namun jangan secara berlebihan. Contoh olahraga yang dapat Anda lakukan adalah yoga.
  • Hindari kebiasaan buruk
Anda juga perlu hindari kebiasaan buruk seperti mengkonsumsi alkohol atau merokok. Hal tersebut dapat menimbulkan risiko pada janin seperti lahir prematur.
 
Kesimpulan
 
Ketika Anda hamil 7 minggu, Anda sebaiknya terapkan cara-cara yang disebutkan di atas, karena dapat mengurangi risiko pada janin seperti lahir prematur. Untuk informasi lebih lanjut tentang kehamilan, Anda bisa tanyakan persoalan tersebut dengan dokter.
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Jumat, 25 September 20 - 14:28 WIB
Dibaca sebanyak : 54 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback