Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Halusinogen

Halusinogen
Secara sederhana, halusinogen merupakan narkotika yang bisa memberikan efek halusinasi bagi para pengonsumsinya. Ketiak mengonsumsi zat ini, pengonsumsinya akan melihat hal-hal yang sebenarnya tidak ada, bisa mendengar suara-suara asing, serta mencium bau-bauan tertentu yang tidak dicium oleh orang lain. Halusinogen bahkan bisa memberikan efek perubahan suasana hati entah dari senang ke sedih ataupun dari sedih ke senang atau marah. Intinya ketika mengonsumsi zat ini, Anda akan seperti dibuat mabuk tingkat tinggi sehingga sangat mudah berilusi.
 
Halusinogen setidaknya terbagi menjadi dua golongan besar. Pertama yang berasal dari tanaman-tanaman alami atau halusinogen klasik. Kedua, halusiongen sintetis yang umumnya direkayasa dari berbagai zat kimia. Jenis halusionogen sintetis bahkan disebut-sebut lebih berbahaya karena bisa memengaruhi kesehatan mental sampai mengancam jiwa.
 
Sementara itu, halusinogen klasik banyak terdapat di berbagai jenis tumbuhan di dunia. Tercatat sampai saat ini ada sekitar 120 jenis tumbuhan yang mengandung zat halusinasi yang memberikan efek memabukkan. Walaupun saat ini tergolong sebagai zat narkotika, nyatanya berbagai tanaman ini banyak dimanfaatkan sebagai ramuan tradisional pada masa silam. Berikut ini daftarnya.
 
  • Jamur
Jamur merupakan jenis tanaman yang paling umum digunakan sebagai halusinogen klasik. Bebera
pa jenis jamur mengandung senyawa psilocybin dan psilocin yang mampu memberikan efek halusinasi yang cukup tinggi. Bahkan, jamur-jamur yang diambil dari jenis biji-bijian tertentu mengandung senyawa Lysergic Acid Diethylamide (LSD) yang merupakan jenis halusinogen paling kuat di dunia.
 
  • Mariyuana
Tanaman yang satu ini memang sudah terkena sebagai salah satu narkotika yang memiliki efek rekreasi karena mampu menghadirkan halusinasi yang menyenangkan. Efek halusinasi tersebut timbul karena mariyuanan atau yang akrab disebut ganja di masyarakat Indonesia mengandung Delta-9 Tetrahydrocannabinol (THC) yang bisa memanipulasi daerah otak yang berfungsi untuk mengatur ingatan, kesenangan, dan koordinasi tubuh.
  • Salvia
Bentuk salvia seidkit banyak menyerupai daun mint. Jenis tanaman ini banyak berteraran di kisaran Amerika Selatan dan Amerika Tengah. Salvia bisa memberikan efek memabukkan yang membuat pikiran lebih rileks sehingga tak jarang menimbulkan ilusi. Jenis tanaman ini biasa dikonsumsi dengan cara dikunyah segar-segar seperti lalapan. Namun, ada juga pengonsumsian salvia dengan cara dikeringkan atau diuapkan untuk nanti zatnya dihirup oleh penggunanya.
  • Ayahuasca
Ayahuasca banyak ditemukan di sekitaran Amazon, Amerika Selatan. Jenis tanaman ini menyerupai pohon anggur liar yang nantinya daunnya dikonsumsi seperti layaknya daun teh. Ayahuasca mengandung Dimethyltryptamine yang merupakan salah satu jenis halusinogen. Sama seperti mengonsumsi anggur, menyeruput ayahuasca bisa memberika efek halusinasi yang lumayan kuat.
  • Peyote
Peyote merupakan nama untuk jenis kaktus kecil yang hanya bisa ditemukan di Gurun Chihuahuan yang berada di kawasan Texas, Amerika. Pada masa silam, peyote kerap digunakan sebagai wadah ritual masyarakat Amerika. Namun  saat ini, peyote lebih terindikasi sebagai salah satu halusinogen klasik yang mengandung mescaline. Di mana zat mescaline ini bisa membuat efek halusinasi kepada penggunanya berdasarkan suasana hati yang tengah dirasakan.
  • Jimsonweed
Jenis tanaman ini hanya hidup di kawasan Amerika bagian utara. Jimsonweed mengandung zat alkaloid di bagian biji dan daunnya. Di mana zat tersebut bisa memberikan efek halusinasi paranoid yang cukup kuat Penggunaan Jimsonweed juga rentan menimbulkan efek samping penglihatan yang kabur setelah memakainya. Tergolong narkotika pada masa kini, Jimsonweed lumrah digunakan oleh masyarakat adat Amerika dalam berbagai acara ritual. Dengan mengonsumsi jimsonweed, ritual akan terasa lebih sacral karena dinilai bisa mendapat penampakan spritiual.
 
 
Banyak juga bukan tanaman yang tergolong halusinogen? Ternyata pula, kebanyakan tanaman-tanaman berefek ilusi tersebut banyak tumbuh di dataran Amerika. Sadar tidak?
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Selasa, 18 Agustus 20 - 13:01 WIB
Dalam Kategori : HALUSINOGEN
Dibaca sebanyak : 100 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback