Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Hal yang Wajib Diketahui Sebelum Melakukan Konsultasi Psikologi

Hal yang Wajib Diketahui Sebelum Melakukan Konsultasi Psikologi
Topik mengenai kesehatan mental belakangan ini mendapatkan perhatian yang cukup besar dari masyarakat. Kesadaran mengenai pentingnya kesehatan mental juga semakin banyak disuarakan. Konsultasi psikologi menjadi salah satu cara untuk merawat kesehatan mental seseorang.
 
Konsultasi psikologi adalah suatu tindakan diagnostik yang dilakukan oleh psikolog terhadap pasiennya. Tujuannya tidak lain adalah untuk mengetahui lebih dalam mengenai kondisi kesehatan mental, keadaan pikiran, dan juga kejiwaan pasien. Dengan begitu, psikolog dapat merencanakan pengobatan yang sesuai dengan keadaan pasien berdasar pada tes yang telah dilakukan.
 
Terganggunya kesehatan mental seseorang dapat disebabkan oleh permasalahan hubungan, kejadian traumatis, tekanan dari orang lain, hingga persoalan lainnya. Seseorang dikatakan membutuhkan konsultasi psikologi, jika masalah tersebut cukup berat untuk diatasi seorang diri, hingga tidak tahu harus berbuat apa atau bercerita kepada siapa. Jika kondisi ini dibiarkan, maka akan memicu permasalahan kesehatan mental yang lebih berat lagi.
 
Seperti apa konsultasi psikologi dilakukan?
 
Ketika konseling dilakukan, psikolog akan mengajak pasien untuk mengobrol ringan mengenai keseharian yang dilakukan. Setelah pasien merasa cukup nyaman untuk berbicara, psikolog akan bertanya mengenai masalah yang sedang dihadapi, mengapa ia memutuskan untuk melakukan konsultasi psikologi.
 
Psikolog tidak akan membenarkan maupun menyalahkan jawaban yang pasien berikan ketika sesi konseling. Sesi tanya jawab ini hanya bertujuan untuk mengetahui akar dari permasalahan yang dihadapi oleh pasien.
 
Psikolog akan memberikan tes yang berbeda, seperti pemeriksaan fisik dan wawancara klinis. Tes lainnya, seperti tes IQ, sifat dan perilaku, juga dilakukan. Setelah itu, pasien akan diminta agar datang kembali untuk mendapatkan hasil diagnosis dan rencana pengobatan yang akan dilakukan.
 
Pertanyaan yang umumnya diajukan oleh psikolog yaitu, sudah berapa lama masalah tersebut dihadapi, dampak yang dirasakan, dan juga tindakan apa yang sejauh ini telah diambil oleh pasien untuk mengatasi masalah tersebut.
 
Selanjutnya, psikolog dan pasien akan berdiskusi untuk menemukan solusi dari masalah tersebut. Durasi dan jumlah konsultasi psikologi akan berbeda-beda bagi setiap orangnya.
 
Persiapan yang perlu dilakukan
 
Beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum melakukan konsultasi psikolog:
 
  • Tujuan konsultasi
  • Bersiap untuk membuka luka atau emosi
  • Luangkan waktu untuk sesi konseling jika tidak ada kegiatan mendesak
  • Kenali jenis terapi yang dilakukan
  • Persiapkan dan perhitungkan budget
 
Ada pun manfaat yang diharapkan didapatkan melalui konsultasi psikologi, yaitu teratasinya permasalahan yang Anda alami dan membaiknya kondisi kesehatan mental Anda.
 
 
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Rabu, 06 Mei 20 - 16:35 WIB
Dalam Kategori : KONSULTASI, PSIKOLOGI
Dibaca sebanyak : 211 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback