Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Hal Dasar yang Harus Diketahui Tentang Akupuntur Wajah

Hal Dasar yang Harus Diketahui Tentang Akupuntur Wajah
 
Akupunktur adalah bagian dari pengobatan tradisional Tiongkok yang telah ada selama ribuan tahun. Bentuk penyembuhan alternatif ini dikatakan menyeimbangkan energi yang mengalir di dalam diri Anda untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan Anda, meskipun belum ada bukti ilmiah tentang ini. Hampir seluruh bagian tubuh dapat mendapatkan terapi akupuntur, termasuk wajah. Akupunktur wajah diklaim dapat meningkatkan tekstur dan cahaya kulit Anda.
 
Apa Itu Akupuntur Wajah?
Jika sudah terbiasa dengan proses akupunktur, maka Anda tidak akan merasa takut dengan perawatan ini. Akupunktur wajah dianggap sebagai alternatif yang aman untuk botox. Dalam perawatan ini, praktisi memasukkan jarum yang sangat halus ke titik-titik tertentu di wajah Anda. Jarum yang digunakan pada wajah berbeda dari jarum yang digunakan pada tubuh. Jarum wajah sangat halus dan hanya setebal helai rambut.
Perawatan akupuntur wajah ini dipercaya dapat meningkatkan tekstur kulit Anda, membuatnya lebih halus, mengurangi tanda-tanda penuaan, membuat wajah terlihat lebih muda dan lebih sehat. Lebih baik Anda pergi untuk melakukan akupunktur keseluruh tubuh (termasuk wajah) daripada hanya melakukan akupunktur wajah. Hal ini dikarenakan akupunktur bertujuan mengoptimalkan dan menyelaraskan aliran energi dalam tubuh Anda.
 
Jika Anda hanya memilih untuk akupunktur wajah, aliran energi mungkin tersumbat dan terbatas pada wajah Anda. Akibatnya, mungkin  akan mengalami ketidaknyamanan dan merasakan sakit kepala.
 
Bagaimana Prosedur Terapi Akupuntur Wajah?
Secara teknis prosedur pelaksanaan akupunktur wajah mungkin berbeda-beda, tergantung di mana Anda melakukannya. Namun, secara garis besar, akupuntur wajah dilakukan dengan tahapan seperti:
  • Ahli akupunktur menggunakan jarum yang sangat halus untuk menusuk kulit wajah Anda.
  • Mereka mungkin memasukkan sekitar 40-70 jarum kecil pada titik-titik tertentu di wajah Anda.
  • Jarum ini dimasukkan pada berbagai kedalaman untuk membuat luka. Luka ini juga disebut mikrotrauma positif.
  • Ahli akupunktur dapat memindahkan atau memutar jarum.
  • Jarum dilepas setelah 10 menit saat Anda berbaring diam.
Ketika tubuh merasakan luka, ia akan merespons dan mulai memperbaiki luka dengan segera. Kemudian akan mengirimkan sel pembangun kolagen ke permukaan luka untuk menebus hilangnya kolagen. Dengan kata lain, proses penyembuhan alami tubuh akan dipicu oleh jarum yang ditempatkan secara strategis di kulit Anda. Hal ini membantu meningkatkan elastisitas kulit Anda dan meminimalkan munculnya kerutan dan garis-garis halus.
 
Manfaat yang Didapatkan dari Akupuntur Wajah
  • Meningkatkan Sirkulasi Darah
Luka kecil yang membuat akupunktur wajah meningkatkan sirkulasi darah ke kulit Anda. Darah membawa nutrisi dan kolagen ke permukaan kulit Anda. Ini akan membantu meningkatkan tekstur kulit Anda dan membuatnya tampak bersinar dan bercahaya.
  • Mengurangi Garis-garis Halus dan Kerutan
Ketika jarum dimasukkan ke kulit wajah, produksi kolagen dipicu untuk menutupi luka-luka itu. Ini mengurangi munculnya garis-garis halus dan kerutan dan membuat kulit Anda bercahaya. Akupunktur mengoptimalkan keseluruhan kesehatan Anda secara internal, yang mencerminkan wajah Anda.
  • Meningkatkan Otot dan Jaringan Kulit
Akupunktur wajah merangsang jaringan kulit dan otot. Perawatan ini mengklaim akan membantu mengencangkan otot-otot wajah Anda untuk membuatnya kencang dan meningkatkan penampilan kulit yang kendur.
  • Merawat Kulit Berjerawat
Praktisi akupunktur juga mengklaim bahwa prosedur ini dapat mengurangi munculnya jerawat, noda, dan bintik-bintik penuaan.
  • Meningkatkan Elastisitas Kulit
Sebuah studi yang dilakukan di Korea Selatan meneliti efek akupunktur wajah pada elastisitas kulit. Penelitian ini melibatkan 28 peserta perempuan. Penelitian ini mengharuskan mereka menjalani lima sesi akupunktur wajah selama tiga minggu. Dari 27, 15 subjek mengaku mengalami peningkatan elastisitas kulit.
***
Meski ini termasuk pengobatan tradisional dan alternatif, yang biasanya dipercaya lebih minim risiko, tetapi akupuntur wajah juga sama seperti perawatan-perawatan kulit lainnya. Metode ini pun tidak lepas dari risiko yang membayanginya. Oleh karena itu, sebelum mencobanya periksa kembali faktor-faktor risiko yang mungkin bisa terjadi selama ataupun setelah prosedur ini.
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Selasa, 19 Mei 20 - 13:36 WIB
Dalam Kategori : AKUPUNTUR WAJAH
Dibaca sebanyak : 167 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback