Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Glukoneogenesis, Proses Penting Untuk Tubuh

Glukoneogenesis, Proses Penting Untuk Tubuh
Glukoneogenesis adalah proses sintesis glukosa dalam tubuh dari prekursor non-karbohidrat. Proses ini adalah biosintesis glukosa baru, bukan berasal dari konsumsi karbohidrat. 
 
Glukoneogenesis terjadi di hati dan ginjal Anda dan dapat dilihat sebagai proses anabolik terbalik dari glikolisis, pemecahan, dan ekstraksi energi dari glukosa. Glukoneogenesis secara sederhana adalah proses ketika tubuh Anda mengubah protein atau lemak makanan yang Anda makan menjadi gula darah untuk energi.
 
Terdapat tingkat tertentu dari glukosa wajib yang harus dijaga setiap saat. Sumber energi pilihan tubuh Anda adalah glukosa. Tubuh Anda dapat menggunakan proses glikolisis atau proses glukoneogenesis untuk menyediakan energi yang dibutuhkan tubuh dan otak Anda untuk berfungsi.
 
Proses glukoneogenesis terjadi terutama di hati, di mana glukosa dibuat dari asam amino (protein), gliserol (tulang punggung trigliserida, molekul penyimpan lemak primer), dan perantara metabolisme glukosa seperti laktat dan piruvat.
 
Meskipun glukoneogenesis dapat terjadi saat Anda menjalani diet rendah karbohidrat, glukoneogenesis juga dapat terjadi selama periode puasa, kelaparan, atau selama olahraga intens. Proses ini juga dapat terjadi ketika Anda mengkonsumsi protein berlebih.
Berikut tiga langkah sederhana glukoneogenesis:
  1. Langkah pertama melibatkan konversi piruvat menjadi asam fosfoenolpiruvat (PEP).  PEP adalah ester atau senyawa kimia yang berasal dari asam.
  2. Langkah kedua pada dasarnya adalah glikolisis secara terbalik. Proses ini melibatkan konversi PEP menjadi senyawa lain yang disebut fruktosa-6-fosfat, turunan fruktosa.
  3. Langkah ketiga adalah konversi fruktosa-6-fosfat menjadi glukosa.
Tubuh akan mendapatkan glukosa dengan cara apapun, jika membutuhkannya. Singkatnya, tubuh akan mengubah lemak dan protein menjadi glukosa untuk memenuhi tingkat gula darah wajib.
 
Apakah glukoneogenesis buruk? Tidak, karena glukoneogenesis sebenarnya merupakan mekanisme yang cerdik.  Prosesnya dirancang untuk benar-benar melindungi tubuh Anda. 
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Rabu, 07 Oktober 20 - 11:03 WIB
Dalam Kategori : PROTEIN, DIET KETO, KARBOHIDRAT
Dibaca sebanyak : 173 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback