Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Fungsi Hormon Tiroksin

Fungsi Hormon Tiroksin
Hormon tiroksin merupakan bagian hormon penting tiroid. Jenis hormon yang satu ini juga diproduksi oleh kelenjar tiroid. Fungsi hormon tiroksin pun banyak memiliki kemiripan dengan hormon tiroid sebab sama-sama berperan mengatur metabolisme tubuh secara umum.
 
Dengan metabolisme yang terjaga, fungsi berbagai organ tubuh juga dapat terpelihara. Sebagai contoh, hormon tiroksin bermanfaat untuk tumbuh kembang anak, pemeliharaan kesehatan jantung dan sistem pencernaan, sampai ke pengaturan berat badan. Bayangkan apabila tidak ada peran hormon tiroksin, dapat bayangkan apa yang terjadi pada tubuh Anda?
 
Nyatanya masalah tidak hanya terjadi ketika hormon tiroksin tidak ada. Jumlah hormon tiroksin yang tidak pas pada tubuh juga dapat menyebabkan bahaya tersendiri. Tidak pas dalam hal ini kaitannya dengan jumlahnya yang terlalu sedikit ataupun terlalu banyak. Singkat cerita, memiliki terlalu sedikit tiroksin atau terlalu banyak tiroksin dapat menyebabkan masalah kesehatan.
 
Kekurangan Hormon Tiroksin
Produksi hormone tiroksin yang dihasilkan tubuh bisa jadi terlalu sedikit sehingga Anda mengalami kekurangan jenis hormon yang satu ini. Kondisi produksi tiroksi yang terlalu minim ini dikenal sebagai hipotiroidisme.
 
Secara umum, hipotiroidisme dapat menyebabkan masalah perkembangan pada anak-anak dan orang muda. Sementara pada orang dewasa, kekurangan hormon tiroksi dapat menurunkan laju metabolisme. Alhasil, berbagai kondisi di bawah ini bisa Anda alami.
  • Berat Badan Tak Terkendali
Metabolisme yang tidak lancar berpengaruh pada kecepatan tubuh memproses makanan. Kurangnya hormone tiroksin membuat fungsi hormone tiroksin dalam mengatur berat badan menjadi hilang sehingga berat badan Anda menjadi naik tidak terkendali.
 
  • Gangguan Daya Ingat
Fungsi hormon tiroksin untuk memelihara kesehatan otak juga dapat terganggu dengan minimnya produksi tiroksin. Anda akan kerap mengalami gangguan daya ingat karena kemampuan otak menjadi kurang responsif.
 
  • Konspitasi
Masalah pencernaan seperti konstipasi atau sembelit juga rentan dialami oleh orang-orang yang menderita hipotiroidisme. Pasalnya, proses pengolahan makanan menjadi lamban sehingga Anda sulit buang air besar.
 
  • Kemandulan
Kurangnya produksi hormon tiroksin dapat membuat siklus menstruasi tidak teraktur. Dalam jangka panjang, kondisi ini bisa memicu kemandulan bagi wanita.
 
  • Mudah Menggigil
Salah satu fungsi hormon tiroid adalah mengatur suhu tubuh. Jika jumlah hormon ini terlalu sedikit, suhu tubuh menjadi cenderung rendah dan membuat Anda mudah menggigil di suhu ruangan yang tidak terlalu dingin sekalipun.
 
Kelebihan Hormon Tiroksin
Selain kekurangan hormon tiroid, bahaya juga bisa mengancam Anda apabila produksi hormon yang satu ini terlalu banyak. Kondisi kelebihan hormon tiroksin dikenal dengan istilah tirotoksikosis.
 
Kondisi ini umumnya disebabkan oleh hipertiroidisme, tumor di kelenjar tiroid, atau peradangan tiroid.Akibatnya terhadap tubuh juga tidak bisa dipandang remeh. Pasalnya, terlalu banyak tubuh melepaskan hormon ini bisa menimbulkan pembengkakan kelenjar tiroid yang berakibat pada kondisi-kondisi di bawah ini.
  • Gondok
Penyakit gondok menjadi masalah paling sering yang dialami oleh orang-orang dengan tirotoksikosis. Gondok terjadi karena adanya pembengkakan kelenjar tiroid di sekitar leher.
 
  • Tremor
Kelebihan hormon tiroksin bisa membuat kemampuan saraf tubuh berkurang. Anda pun akan lebih sering mengalami tremor bahkan sampai kejang-kejang pada tahap yang parah.
 
  • Masalah Irama Jantung
Orang-orang dengan produksi hormon tiroksin yang berlebihan cenderung bermasalah dengan kemampuan jantung. Lebih rincinya, masalah gangguan irama jantung alias aritmia kerap menghantui orang-orang dengan kindisi tirotoksikosis.
 
  • Penurunan Berat Badan 
Berkebalikan dengan hipotiroidisme yang membuat berat badan menjadi naik tidak terkendali, tirotoksikosis justru membuat berat badan Anda bisa menurun dengan drastis. Penurunan ini terkait dengan tidak optimalnya fungsi hormon tiroksin untuk mengatur berat badan.
 
  • Mudah Marah
Kelebihan hormon tiroksin juga berpengaruh pada kondisi emosi. Orang-orang dengan kondisi tirotoksikosos cenderung menjadi lebih cepat marah.
 
  • Gampang Lelah
Gejala lain dari terlalu banyaknya hormon tiroksin yang dilepaskan oleh tubuh terkait dengan daya tahan. Orang-orang yang kelebihan jenis hormon ini akan lebih cepat lelah, walaupun hanya melakukan kegiatan yang dipandang ringan.
 
Gangguan-gangguan di atas menunjukkan fungsi hormon tiroksin tidak bekerja dengan baik, baik jika posisinya terlalu banyak atau terlalu sedikit. Jika mengalami gangguan-gangguan tersebut, tidak ada salahnya segera berkonsultasi ke dokter guna mendapatkan saran untuk menormalkan produksi hormon ini.
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Senin, 14 September 20 - 10:23 WIB
Dalam Kategori : FUNGSI HORMON TIROKSIN
Dibaca sebanyak : 31 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback