Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Fungsi Alveolus: Apa Yang Perlu Diketahui?

Fungsi Alveolus: Apa Yang Perlu Diketahui?
Alveolus adalah kantung udara yang terletak di bagian paru-paru manusia. Fungsi alveolus adalah untuk menjaga kondisi pada tubuh dengan membantu pernafasan dengan mengambil oksigen ketika manusia menghirup.
 
Alveolus berasal dari bahasa Latin, yang merupakan rongga kecil. Rongga tersebut memiliki bentuk serupa dengan cangkir dan terdapat lubang yang terletak pada parenkim paru-paru. Walaupun alveolus memiliki ukuran yang sangat kecil, alveolus sangat penting untuk dijaga demi kesehatan pada sistem pernafasan.
 
Fungsi Alveolus
 
Manusia memiliki sekitar 480 juta alveolus yang terletak di ujung tabung bronkial. Setiap 1 kubik milimeter jaringan paru-paru terdapat 170 alveolus. Saat Anda bernafas, alveolus akan melebar supaya dapat menyerap oksigen. Namun jika Anda menghembuskan nafas, alveolus akan mengecil dan mengeluarkan karbondioksida.
 
Hal tersebut merupakan inti dari kegunaan alveolus pada paru-paru, yaitu sebagai tempat pertukaran antara oksigen dan karbondioksida. Oksigen yang diserap manusia akan masuk ke dalam aliran darah, sedangkan karbondioksida akan keluar dari tubuh melalui aliran darah.
 
Tidak hanya itu, oksigen yang diserap manusia juga menyebar melalui kapiler atau pembuluh darah kecil ke dalam darah. Di sisi lain, karbondioksida yang dihirup keluar dari kapiler ke alveolus terlebih dahulu, lalu mengarah ke bronkial dan kemudian keluar dari mulut manusia hingga tersebar ke udara.
 
Lapisan pada alveolus tipis karena ukurannya yang sangat kecil seperti mikroba, membuat pertukaran gas di dalam tubuh menjadi cepat.
 
Jenis Alveolus
 
Alveolus terdiri dari dua jenis sel, antara lain:
  1. Pneumosit tipe I
Pneumosit tipe I adalah tipe sel yang berperan dalam pertukaran antara oksigen dan karbondioksida.
  1. Pneumosit tipe II
Pneumosit tipe II memiliki kegunaan dalam memperbaiki kerusakan pada lapisan alveolar serta mengeluarkan surfaktan.
 
Selain kedua tipe alveolus, ada juga sel lain yang berperan sebagai kekebalan tubuh. Sel ini disebut sebagai makrofag alveolar. Cara kerja makrofag alveolar berupa mengangkat sel mati, bakteri, dan partikel kecil yang tidak disaring oleh lendir pada saluran pernafasan atas.
 
Penyebab Terjadinya Kerusakan Pada Alveolus
 
Selain kegunaan alveolus, alveolus bisa saja mengalami kerusakan karena disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain:
  1. Penuaan
Semakin manusia bertambah usia, fisiknya akan semakin terlihat lemah. Tidak hanya fisik, namun sistem pernafasan juga semakin lambat. Hal ini disebabkan oleh otot dan kapasitas paru-paru yang lemah.
  1. Penyakit
Penyakit yang dapat memicu fungsi alveolus antara lain asma, kanker paru-paru, dan pneumonia. Semakin bertambah usia, semakin lemah kondisi yang dialami manusia sehingga mudah berpotensi terkena virus.
  1. Polusi
Polusi yang ada baik di dalam maupun luar ruangan seperti asap kendaraan atau limbah dapat memicu kerusakan paru-paru di dalam tubuh.
  1. Kebiasaan merokok
Selain faktor alam (polusi), kelalaian manusia juga memicu terjadinya kerusakan alveolus seperti merokok. Merokok dapat menyebabkan iritasi pada bronkiolus dan alveolus. Tidak hanya itu, kurangnya efisiensi antara oksigen dan paru-paru pada alveolus karena lapisan paru-paru rusak akibat rokok.
 
Cara Mengatasi Masalah Pada Alveolus
 
Untuk menjaga fungsi alveolus agar tetap bekerja dengan baik di dalam tubuh, Anda sebaiknya dianjurkan untuk melakukan beberapa hal sebagai berikut:
  • Anda perlu menjalani pola makan yang sehat. Alveolus Anda akan terjaga dengan baik jika Anda sering konsumsi buah, sayur, dan makanan yang mengandung protein seperti daging dan telur.
  • Tidak hanya pola makan yang perlu dijaga, namun Anda juga diimbangi dengan olahraga yang teratur dan rutin seperti jogging dan tidak perlu lakukan hal yang berat seperti mengangkat beban. Anda sebaiknya berolahraga setidaknya seminggu sekali.
  • Anda sebaiknya hindari merokok, terutama jika Anda adalah perokok berat, karena hal tersebut dengan mudah merusak paru-paru Anda sehingga alveolus tidak bekerja dengan baik.
  • Vaksin akan sangat membantu, namun perlu dilakukan secara bertahap agar tetap menjaga kekebalan dalam tubuh Anda.
 
Jika Anda merasa tidak yakin bagaimana kondisi pada alveolus Anda, Anda bisa konsultasikan masalah ini dengan dokter. Anda juga sebaiknya secara rutin melakukan pemeriksaan agar fungsi alveolus berjalan dengan baik pada bagian tubuh.
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Selasa, 04 Februari 20 - 16:13 WIB
Dibaca sebanyak : 347 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback