Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Fakta Menarik Mengenai Fungsi Faring

Fakta Menarik Mengenai Fungsi Faring
Faring berasal dari bahasa Yunani yang artinya tenggorokan, adalah struktur anatomis yang berfungsi baik dalam pernafasan dan pencernaan dalam tubuh manusia.
 
Fungsi faring sangat penting dalam sistem pencernaan dan pernapasan. Untuk sistem pencernaan, dinding ototnya berfungsi dalam proses menelan, dan berfungsi sebagai jalur untuk pergerakan makanan dari mulut ke kerongkongan. Selain itu, sebagai bagian dari sistem pernapasan, faring memungkinkan pergerakan udara dari hidung dan mulut ke laring dalam proses bernafas.
 
Untuk menambah pengetahuan Anda mengenai faring, berikut fakta-fakta menarik mengenai faring:
 
  • Faring adalah organ yang ditemukan di semua makhluk vertebrata dan non-vertebrata. Namun, struktur faring dapat bervariasi dari satu spesies ke spesies lainnya.
 
  • Faring memiliki hubungan dengan tujuh rongga lain, yaitu 2 rongga hidung, 2 rongga timpani (rongga yang mengelilingi tulang yang ada di telinga tengah), mulut, kerongkongan, laring.
 
  • Ketika makanan akan ditelan, faring bergerak ke atas lalu semua otot rileks sehingga makanan bisa memasuki faring.
 
  • Ketika bolus (makanan yang tercampur dengan air liur) memasuki faring, faring akan bergerak ke bawah dan otot-otot berkontraksi sehingga makanan bergerak turun dari faring ke kerongkongan.
 
  • Fungsi faring dalam pernapasan adalah mengirim udara yang dihirup ke pipa angin atau trakea.
 
  • Faring juga membantu tabung eustachius atau tabung pendengaran untuk menjaga keseimbangan telinga tengah dan membantu laring dalam proses vokalisasi atau menghasilkan suara.
 
Fungsi faring sangatlah beragam, sehingga sangat penting untuk Anda menjaga kesehatan faring. Seperti organ lainnya, faring juga rentan terhadap banyak penyakit, dari penyakit umum atau penyakit yang mudah diobati seperti faringitis atau radang faring sampai kanker faring. Oleh karena itu, pemeriksaan faring secara rutin dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan faring.
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Senin, 03 Februari 20 - 13:34 WIB
Dibaca sebanyak : 60 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback