Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Efek Samping yang Umum Terjadi Akibat Obat Antikoagulan

Efek Samping yang Umum Terjadi Akibat Obat Antikoagulan
Antikoagulan adalah obat-obatan yang dikonsumsi untuk mencegah penggumpalan darah. Antikoagulan juga membantu mencegah perburukan kondisi pada gumpalan darah yang sudah terjadi.  Gumpalan darah dapat terjadi di pembuluh darah dan memicu penyumbatan aliran darah. Pembuluh darah yang tersumbat membuat berbagai jaringan tubuh tubuh menjadi kekurangan oksigen. Akibat kekurangan oksigen, jaringan tubuh tertentu bisa menjadi rusak dan mati menimbulkan penyakit yang serius seperti serangan jantung dan stroke.
 
Penggumpalan darah atau pembekuan darah sebenarnya menjadi proses yang penting untuk tubuh. Mekanisme ini dibutuhkan untuk menghentikan perdarahan jika terjadi luka atau cedera. Pada beberapa kasus, tubuh akan melarutkan bekuan tersebut apabila luka sudah pulih. Namun, pada beberapa kondisi, bekuan darah berisiko gagal untuk larut. Pada sebagian kasus lain, gumpalan darah bisa terjadi tanpa diketahui penyebabnya. Gumpalan darah ini juga menjadi kondisi yang berbahaya bagi tubuh.

Antikoagulan bekerja dengan menghambat aktivitas senyawa yang berkontribusi dalam terbentuknya gumpalan darah atau pembuatan faktor penggumpalan darah. Misalnya, warfarin bekerja dengan menghambat aktivitas vitamin K yang berperan dalam pembuatan beberapa jenis faktor-faktor pembekuan darah. Penghambatan efek vitamin K tersebut akan menurunkan kemampuan darah untuk membeku.

Sementara itu, dabigatran, apixaban, edoxaban dan rivaroxaban bekerja dengan mencegah aktivitas senyawa dalam darah yang disebut trombin – yang kemudian juga akan menghambat pembentukan fibrin, jenis protein yang menjadi komponen penting dalam pembekuan darah. Obat-obatan ini dapat bekerja dengan cepat, yakni dalam durasi 2-4 jam.
 
Obat antikoagulan
Ada banyak efek samping yang dapat ditimbulkan oleh pemakaian obat antikoagulan. Beberapa yang umum dialami pasien yaitu:
  • Perdarahan atau memar yang mudah terjadi. Perdarahan menjadi efek samping utama penggunaan antikoagulan.
  • Gangguan pencernaan seperti diare, nyeri ulu hati, mual, dan kehilangan nafsu makan
  • Iritasi dan nyeri di sekitar tempat suntikan untuk antikoagulan yang diinjeksikan
  • Peningkatan enzim di hati
  • Napas pendek
Hal yang harus diperhatikan sebelum konsumsi obat antikoagulan
  • Jangan menggunakan obat antikoagulan jika Anda menderita aneurisma otak, endokarditis, perikarditis, diseksi aorta, efusi perikardial, atau berisiko tinggi terserang stroke. 
  • Jangan mengonsumsi minuman beralkohol selama menjalani pengobatan dengan antikoagulan karena dapat meningkatkan risiko perdarahan.
  • Selama menggunakan obat antikoagulan, disarankan untuk menjalani tes darah secara rutin. Tes darah bertujuan untuk menyesuaikan dosis, serta memastikan efektivitas dan keamanan penggunaan obat antikoagulan.
  • Konsultasikan terlebih dulu dengan dokter jika Anda memerlukan antikoagulan saat sedang hamil atau menyusui. Dokter akan memberikan jenis antikoagulan yang sesuai.
  • Sebelum menggunakan obat antikoagulan, beritahu dokter jika Anda menderita penyakit ginjal, penyakit liver, gangguan pembekuan darah, tekanan darah tinggi, gagal jantung, atau gangguan keseimbangan.
  • Beri tahu dokter jika Anda sedang menggunakan obat antikoagulan sebelum menjalani bedah maupun tindakan pengobatan dan diagnosis lainnya. Pengobatan dengan antikoagulan mungkin akan dihentikan selama beberapa waktu.
  • Sebelum menggunakan obat antikoagulan, konsultasikan terlebih dulu dengan dokter terkait makanan, minuman, obat maupun suplemen yang dapat memengaruhi kinerja antikoagulan.
  • Diskusikan dengan dokter anak mengenai penggunaan obat antikoagulan pada anak-anak, agar dapat diberikan jenis obat dan dosis yang tepat.
 
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Jumat, 02 Oktober 20 - 12:26 WIB
Dalam Kategori : OBAT, PEMBEKUAN DARAH
Dibaca sebanyak : 45 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback