Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Efek Samping dan Komplikasi Operasi Bariatrik

Efek Samping dan Komplikasi Operasi Bariatrik
Obesitas memang menjadi momok tersendiri bagi sebagian orang. Tidak hanya dapat mengurangi rasa percaya diri, obesitas yang tidak ditangani akan berubah menjadi semakin buruk dan dapat meningkatkan risiko berbagai jenis penyakit. Segala cara pun dilakukan agar berat badan menurun, mulai dari diet yang ketat, olahraga, hingga operasi penurunan berat badan seperti operasi bariatrik. Operasi bariatrik sedang populer saat ini. Banyak klaim mengatakan bahwa tindakan medis tersebut lebih efektif dalam menurunkan berat badan dibandingkan dengan program penurunan berat badan tanpa operasi. Misalnya saja prosedur sleeve gastrectomy dapat menurunkan berat badan rata-rata 40%, sementara gastric bypass dapat menurunkan berat badan sekitar 60%. Tidak hanya berat badan yang menurun, apabila Anda memiliki masalah kesehatan tertentu seperti diabetes tipe 2 dan apnea tidur, dengan operasi bariatrik kondisi tersebut akan semakin membaik. Bahkan 95 persen dari orang-orang yang mendapatkan operasi penurunan berat badan menyatakan bahwa kualitas hidup mereka semakin membaik.
Pemulihan dan kemungkinan adanya efek samping
Kebanyakan operasi bariatrik metode gastric bypass menggunakan prosedur laparoskopi, yang berarti ahli bedah hanya akan membuat sayatan yang kecil. Hal ini akan membuat waktu pemulihan menjadi jauh lebih cepat. Banyak orang akan dirawat di rumah sakit dalam waktu 2 hingga 3 hari, dan bisa kembali normal menjalani aktivitas harian dalam waktu 3 hingga 5 hari. Apabila operasi harus dalam prosedur “terbuka”, dalam artian dokter ahli bedah harus membuat sayatan yang lebih besar, waktu penyembuhan akan menjadi lebih lama.
Ada potensi komplikasi jangka panjang dan jangka pendek pada mereka yang menjalani operasi penurunan berat badan. Risiko jangka panjang bermacam-macam tergantung pada tipe operasi. Diperkirakan sekitar 40 persen orang-orang yang mendapatkan operasi bariatrik mengalami komplikasi ringan, dengan 5 persen menderita komplikasi serius. Apabila Anda memiliki gejala yang dikhawatirkan, periksakan ke dokter. Beberapa efek samping yang umum terjadi adalah:
·         Konstipasi. Kondisi ini biasa terjadi setelah operasi penurunan berat badan dilakukan. Dokter akan memberi tahu Anda bagaimana cara mengatasi hal ini. Hindari mengonsumsi serat butiran (Metamucil atau psyllium) karena dapat menyebabkan gangguan.
·         Dumping syndrome. Kondisi ini terjadi setelah Anda mengonsumsi makanan yang mengandung kadar gula tinggi setelah mendapatkan operasi penurunan berat badan. Biasanya, minuman bersoda dan jus buah menjadi penyebabnya. Makanan dan minuman yang mengandung gula akan menuju ke lambung dan menyebabkan anemia, muntah, dan tubuh terasa lemas.
·         Batu empedu. Kondisi ini umum terjadi apabila Anda kehilangan berat badan dalam jumlah yang banyak. Hingga 50 persen pasien akan menderita batu empedu setelah operasi gastric bypass, dan biasanya tidak berbahaya. Terkadang batu empedu dapat menyebabkan pusing, muntah, dan rasa sakit di perut. Sekitar 15 hingga 25 persen pasien membutuhakn operasi untuk mengangkat kantong empedu setelah operasi gastric bypass.
·         Efek samping lain adalah infeksi luka yang dapat terjadi 3 minggu setelah operasi. Gejala yang muncul adalah kemerahan rasa sakit dan munculnya nanah di luka operasi. Infeksi luka membutuhkan antibiotik dan terkadang operasi lanjutan.
Meskipun Anda bisa mendapatkan hasil yang signifikan melalui prosedur operasi bariatrik, Anda tetap harus melakukan perubahan gaya hidup untuk menjaga berat badan. Makanlah makanan dalam porsi yang sedikit karena lambung yang dihasilkan dari operasi bariatrik hanya bisa menampung makanan dalam jumlah yang sedikit. Selain itu, pastikan kebutuhan nutrisi harian Anda terpenuhi.
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Senin, 02 Maret 20 - 11:05 WIB
Dibaca sebanyak : 68 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback