Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Diet Sehat Sebagai Obat Kesehatan Jantung

Diet Sehat Sebagai Obat Kesehatan Jantung
Mungkin Anda tahu bahwa sering mengonsumsi beberapa jenis makanan dapat meningkatkan risiko Anda menderita penyakit jantung. Sayangnya, mengubah kebiasaan dan beralih mengonsumsi makanan yang lebih sehat sulit untuk dilakukan. Padahal, dengan diet sehat dan olahraga yang rutin, bisa menjadi obat kesehatan jantung yang efektif dan tanpa efek samping. Apabila Anda ingin beralih ke gaya hidup sehat, artikel ini akan memberikan informasi seputar diet sehat jantung yang bermanfaat bagi kesehatan.
Atur ukuran porsi makan Anda
Diet tidak hanya efektif menjadi obat kesehatan jantung saja, tetapi juga dapat membantu menurunkan berat badan dan kolesterol, yang mana merupakan dua faktor risiko utama penyakit jantung. Untuk itulah mengatur poris makan penting sebagai langkah pertama Anda menjalani diet yang sehat. Seberapa banyak Anda makan sama pentingnya dengan jenis makanan apa yang Anda konsumsi. Terlalu banyak makan akan membuat asupan kalori berlebih.
Gunakan piring atau mangkuk yang kecil untuk membantu Anda mengatur porsi makan. Makan makanan yang kaya nutrisi dan rendah lemak dalam porsi yang lebih besar dibandingkan dengan makanan tinggi kalori dan sodium (contohnya makanan cepat saja dan olahan). Strategi ini akan menjadi tulang punggung pola diet Anda, sekaligus mampu menurunkan berat badan, kadar kolesterol, dan menyehatkan jantung.
Makan lebih banyak buah dan sayur
Sayur dan buah merupakan sumber vitamin dan mineral yang baik. Sayur dan buah juga rendah kalori dan kaya serat, sehingga sangat baik untuk kesehatan tubuh. Buah dan sayur, sama halnya dengan makanan jenis tumbuhan lain, mengandung zat yang dapat mencegah penyakit kardiovaskular. Makan lebih banyak buah dan sayur juga membantu Anda mengurangi konsumsi makanan tinggi kalori, seperti daging, keju, dan camilan. Menambahkan buah dan sayur ke dalam diet sehari-hari cukup mudah. Anda bisa langsung memakannya atau mencampurnya menjadi smoothie. Penting untuk diingat untuk tidak menambah gula tambahan karena akan menambah jumlah asupan kalori.
Pilih gandum utuh dan batasi asupan lemak tidak sehat
Gandum utuh merupakan sumber serat yang baik. Gandum utuh juga mengandung nutrisi yang memainkan peran penting dalam mengatur tekanan darah dan menjaga kesehatan jantung. Anda dapat meningkatkan asupan gandum utuh dalam diet sebagai obat kesehatan jantung dengan mengganti produk-produk gandum olahan. Selain itu, Anda perlu membatasi seberapa banyak lemak jenuh dan lemak trans yang Anda konsumsi. Kurangi asupan lemak tersebut untuk menurunkan kolesterol darah dan mengurangi risiko penyakit arteri koroner. Level kolesterol darah yang tinggi dapat menyebabkan penumpukan plak pada arteri, yang disebut atherosclerosis, yang mana dapat meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke.
Apabila Anda ingin menggunakan lemak, pilihlah lemak tak jenuh tunggal seperti minyak zaitun dan minyak canola. Lemak tak jenuh jamak, yang ditemukan di ikan, alpukat, kacang, dan biji-bijian, juga merupakan pilihan sehat untuk diet jantung sehat. Apabila digunakan untuk mengganti lemak jemuh, lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh jamak dapat membantu menurunkan kolesterol darah total Anda. Namun, konsumsi dalam jumlah yang wajar sangat penting. Mengingat semua jenis lemak mengandung kalori yang cukup tinggi.
Perubahan gaya hidup di atas dalam segi diet dan perubahan pola makan apabila dibarengi dengan olahraga secara rutin setiap harinya dapat menjadi obat kesehatan jantung alami yang dibutuhkan agar Anda terhindar dari penyakit kardiovaskular.



Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Jumat, 11 September 20 - 17:43 WIB
Dibaca sebanyak : 51 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback