Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Dapatkan Manfaat Minyak Zaitun untuk Ibu Hamil dan Bayi Sekaligus

Dapatkan Manfaat Minyak Zaitun untuk Ibu Hamil dan Bayi Sekaligus
Minyak zaitun telah dikenal memiliki beragam manfaat, termasuk manfaatnya untuk ibu hamil dan bayi. Manfaat minyak zaitun ini dapat dirasakan mulai dari masa mengandung ibu hamil bahkan hingga bayi dilahirkan. Manfaatnya yang didapat, antara lain dapat membantu memudarkan stretch mark, mengatasi puting kering, hingga membantu perkembangan kesehatan janin. 
 
Meskipun begitu, ketika ingin menggunakan minyak zaitun, Anda perlu berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter. Hal ini bertujuan untuk mengurangi risiko adanya efek samping yang dapat mengganggu kesehatan ibu hamil maupun janin. 
 
Manfaat minyak zaitun untuk ibu hamil dan bayi
Di bawah ini, terdapat beberapa manfaat minyak zaitun untuk ibu hamil dan bayi yang sayang untuk dilewatkan. Simak informasi selengkapnya di bawah ini.
  • Mencegah terjadinya infeksi selama masa mengandung
Manfaat minyak zaitun yang satu ini, telah dibuktikan oleh sebuah penelitian. Disebutkan bahwa ibu hamil yang mengonsumsi makanan dengan kandungan vitamin A, yang ternyata juga terkandung dalam minyak zaitun, menjaga kesehatan janin dan ibu hamil selama periode kehamilan. 
 
Kandungan vitamin A dalam minyak zaitun diyakini dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan juga mencegah infeksi selama ibu hamil mengandung. Selain itu, vitamin A juga diyakini dapat membantu perkembangan mata janin.
  • Menunjang perkembangan psikomotorik janin
Para ahli telah mengonfirmasi manfaat minyak zaitun untuk ibu hamil yang dapat menunjang perkembangan psikomotorik janin. Fungsi ini merupakan kemampuan refleks bayi terhadap lingkungan sekitar. Diketahui bahwa ibu hamil yang secara rutin mengonsumsi minyak zaitun selama mengandung melahirkan bayi dengan kemampuan psikomotorik lebih baik.
  • Melembapkan puting yang kering
Begitu banyak manfaat minyak zaitun termasuk di dalamnya dapat melembapkan puting yang kering. Kondisi ini terjadi, karena pada periode kehamilan payudara ibu hamil akan terasa lebih penuh, sehingga menyebabkan peregangan kulit di sekitar areola dan puting dan memicu kondisi puting kering, bahkan hingga kulit pecah-pecah. 
  • Mengoptimalkan perkembangan bayi
Salah satu manfaat minyak zaitun yang sayang untuk dilewatkan, yaitu kemampuan untuk membantu mengoptimalkan perkembangan bayi. Manfaat ini didukung oleh kandungan asam lemak omega-3 yang ada dalam minyak zaitun. Bahkan, manfaat ini telah dibuktikan dari berbagai penelitian yang mengaitkan kandungan asam lemak omega-3 untuk ibu hamil dan perkembangan bayi, termasuk pertumbuhan otak dan mata, hingga menjaga berat dan tinggi badan ideal bayi.
  • Membersihkan mekonium
Tahukah Anda bahwa bayi memproduksi mekonium, yaitu zat serupa tar dari sistem pencernaannya? Zat ini diproduksi selama bayi dalam kandungan. Jika zat ini dikeluarkan dan mengenai pakaian, maka bekas atau kotorannya akan sulit untuk dibersihkan. Di sinilah manfaat minyak zaitun berperan, yaitu membersihkan mekonium.
  • Mencuci bersih kepala bayi
Bayi yang baru dilahirkan biasanya memiliki cradle cap atau ruam pada kulit kepala. Cara membersihkan ruam atau sisik ini dapat dilakukan dengan mengoleskan minyak zaitun pada kulit kepala bayi yang mendiamkannya untuk beberapa waktu. Setelah itu, kulit kepala bayi dapat dibersihkan secara lebih mudah menggunakan sisir berbulu halus.
  • Mengandung vitamin E yang tinggi
Minyak zaitun dikenal memiliki berbagai kandungan bermanfaat, seperti vitamin A, E, dan asam lemak omega-3. Manfaat vitamin E pada minyak zaitun ini berguna untuk mengoptimalkan fungsi kinerja ginjal dan pankreas pada bayi yang lahir dalam kondisi prematur. Sebagai catatan, minyak zaitun mengandung 13% kebutuhan vitamin E lebih tinggi dibanding dengan kebutuhan sehari-hari manusia.
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Jumat, 04 September 20 - 08:43 WIB
Dalam Kategori : MANFAAT MINYAK ZAITUN, KEHAMILAN
Dibaca sebanyak : 73 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback