Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Daging Merah Dan Kesehatannya

Daging Merah Dan Kesehatannya
Daging merah adalah daging yang biasanya berwarna merah ketika mentah. Spesialis biasanya mengklasifikasikan daging merah sebagai daging otot dari daging sapi, babi, domba, kambing, atau mamalia darat lainnya.
 
Daging merah adalah sumber nutrisi tertentu yang baik, terutama vitamin B-12 dan zat besi.  Tubuh manusia membutuhkan nutrisi ini untuk menghasilkan sel darah merah baru. Daging merah juga kaya protein, yang diperlukan untuk membangun otot, tulang, jaringan lain, dan enzim.
 
Namun, beberapa penelitian telah mengaitkan konsumsi daging merah secara teratur dengan sejumlah masalah kesehatan, seperti penyakit jantung, beberapa kanker, masalah ginjal, masalah pencernaan, dan masalah kesehatan lainnya.
 
Daging merah mengandung nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan, termasuk zat besi, vitamin B-12, dan seng. Makanan hewani, seperti daging dan susu, adalah sumber utama vitamin B-12. Karena alasan ini, orang yang mengikuti diet vegetarian atau vegan mungkin perlu mengonsumsi suplemen B-12 untuk mencegah anemia defisiensi B-12.
 
Namun, banyak faktor yang dapat mempengaruhi nilai gizi potongan daging tertentu. Misalnya, potongan dari bagian hewan yang berbeda bervariasi dalam kadar kalori dan lemaknya. Selain itu, cara peternak memelihara hewan, pola makan hewan, dan bahkan usia serta jenis kelamin hewan dapat mempengaruhi nilai gizi daging merah.
 
Kebanyakan produk daging merah merupakan produk olahan, yang sangat mungkin meningkatkan resiko Anda terkena kanker usus. Daging olahan mengacu pada daging yang telah diawetkan, termasuk sosis, bacon, ham, dan salami.
 
Anda dapat membuat pilihan yang lebih sehat ketika membeli daging. Saat membeli daging merah, pilih opsi yang paling ramping. Karena semakin banyak putih yang terlihat pada daging, semakin banyak lemak yang dikandungnya. Misalnya, bacon dari bagian belakang mengandung lebih sedikit lemak daripada bacon bergaris-garis putih.
 
Berikut beberapa tips yang dapat membantu Anda membeli opsi daging yang lebih sehat:
 
  • Tanyakan pada tukang daging, untuk potongan ramping rendah lemak.
  • Jika Anda membeli daging merah yang sudah dikemas, periksa label nutrisi untuk melihat berapa banyak lemak yang dikandungnya dan bandingkan produk.
  • Anda disarankan untuk membatasi produk daging olahan seperti sosis, salami, pâté dan daging burger, karena daging jenis ini umumnya tinggi lemak dan juga tinggi garam.
  • Membatasi produk daging dalam kue, seperti pai dan pastry, karena biasanya sering mengandung banyak lemak dan garam.
 
Daging merah sendiri sangat bergizi, terutama jika berasal dari hewan yang diberi makan dan dibesarkan secara alami. Karena mereka merupakan sumber protein, zat besi, B12, seng, kreatin dan berbagai nutrisi lainnya.
 
Selain manfaat kesehatan yang dimiliki daging merah, Anda juga tetap harus mengikuti gaya hidup sehat untuk memaksimalkan manfaat-manfaat kesehatan yang dapat Anda miliki. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk mengkonsumsi sekitar 350–500g daging merah yang matang per minggu dan mengurangi konsumsi daging merah olahan. Berkonsultasilah dengan dokter Anda jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu.
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Kamis, 30 April 20 - 10:17 WIB
Dalam Kategori : DAGING, DAGING MERAH
Dibaca sebanyak : 354 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback