Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Costan Forte Kaplet 500mg Berbahaya bagi Beberapa Kondisi

Costan Forte Kaplet 500mg Berbahaya bagi Beberapa Kondisi
Setiap obat pasti memiliki efek samping serta kontraindikasi bagi konsumennya, tak terkecuali Costan Forte Kaplet 500mg. Jika efek samping bisa muncul atau dirasakan siapa saja, kontraindikasi mungkin hanya dapat dialami oleh orang-orang dengan kondisi kesehatan tertentu.
Dalam kedokteran, kontraindikasi adalah suatu kondisi atau faktor yang berfungsi sebagai alasan untuk mencegah tindakan medis tertentu karena bahaya yang akan didapatkan pasien.Kontraindikasi adalah kebalikan dari indikasi, yang merupakan alasan atau manfaat dari penggunaan obat tersebut.
Beberapa kontraindikasi bersifat mutlak, yang berarti bahwa tidak ada keadaan wajar untuk melakukan suatu tindakan. Misalnya, anak-anak dan remaja dengan infeksi virus tidak boleh diberikan aspirin karena risiko sindrom Reye dan orang dengan anafilaksis alergi makanan harus menghindari makanan yang menyebabkan alergi. Demikian pula, orang dengan hemokromatosis tidak boleh diberikan preparat besi.
Sementara kontraindikasi lainnya bersifat relatif. Artinya, pengguna obat berada pada risiko yang lebih tinggi dari komplikasi, tetapi risiko ini dapat sebanding dengan pertimbangan lain atau dikurangi dengan langkah-langkah lain. Misalnya, seorang wanita hamil biasanya harus menghindari sinar-X, tetapi risiko yang dimiliki sebanding dengan manfaat tindakan untuk mendiagnosis keadaan serius seperti tuberkulosis. Kontraindikasi relatif juga dapat disebut sebagai peringatan.
Nah dalam kasus penggunaan Costan Forte Kaplet 500mg, kontraindikasi bersifat relatif. Artinya, penggunaan obat ini mungkin dapat memengaruhi kondisi kesehatan penggunanya. Berikut beberapa kondisi yang dapat menimbulkan kontraindikasi obat dengan kandungan utama asam mefenamat ini:
  • Asma
Sekitar 10% pasien asma kemugkinan memiliki kondisi sensitif terhadap obat-obatan NSAID, termasuk Costan Forte Kaplet 500mg yang mengandung asam mefenamat. Pasien asma yang mengonsumsi asam mefenamat berpotensi mengalami beberapa efek samping seperti bronkospasme (kejang) dan reaksi anafilaktik yang parah.
  • Edema
Edema merupakan suatu kondisi di mana terjadi retensi cairan atau pembengkakan pada tubuh. Dalam beberapa kasus, obat asam mefenamat berpotensi menimbulkan efek samping pada pasien edema.
Beberapa kondisi yang berkaitan dengan kontraindikasi obat ini adalah hipertensi dan gagal jantung. Oleh karena itu, penderita edema yang mengonsumsi obat-obatan NSAID, termasuk asam mefenamat, harus mendapatkan pengawasan lebih ketat selama masa pengobatan.
  • Masalah pencernaan
Orang-orang dengan masalah pencernaan, seperti tukak lambung atau radang usus, sebaiknya tidak mengonsumsi Costan Forte Kaplet 500mg yang masuk ke dalam kelompok NSAID karena mengandung asam mefenamat. Hal ini disebabkan karena obat ini berpotensi memperparah masalah pencernaan yang sudah ada, bahkan meningkatkan risiko terjadinya pendarahan pada saluran pencernaan.
  • Penyakit ginjal
Pasien penyakit ginjal juga tidak dianjurkan untuk mengonsumsi asam mefenamat. Obat ini berpotensi meningkatkan kadar kreatinin. Jumlah kreatinin yang berlebihan dapat memicu terjadinya gagal ginjal.
  • Penyakit hati
Asam mefenamat termasuk dalam obat yang berpotensi memicu terjadinya hepatotoksisitas, kondisi di mana terjadinya masalah atau kerusakan pada hati. Maka itu, Costan Forte Kaplet 500mg tidak boleh dikonsumsi oleh pasien yang memiliki masalah atau penyakit hati.
  • Hipertensi
Penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi juga harus menghindari obat yang memiliki kandungan utama asam mefenamat, termasuk Costan Forte Kaplet 500mg. Obat ini berisiko memperburuk kondisi hipertensi yang sudah ada sebelumnya.
  • Penyakit jantung dan pembuluh darah
Obat asam mefenamat juga sebaiknya dihindari oleh pasien yang menderita masalah jantung dan pembuluh darah, seperti penyakit jantung iskemik, infark miokard, stroke, gagal janung kongestif, atau penyakit pembuluh darah lainnya.
  • Anemia
Penderita anemia tidak disarankan mengonsumsi Costan Forte Kaplet 500mg untuk menghindari risiko terjadinya pendarahan berlebih di dalam tubuh.
Kunci dari semua ini adalah komunikasi dan konsultasi dengan dokter pada saat pemeriksaan. Dengan keterbukaan, dokter jadi memiliki pandangan yang objektif sebelum meresepkan obat. Ketika dokter tahu riwayat penyakit seseorang, dia tentu tidak akan memaksakan pemberian asam mefenamat, apa pun merek dagangnya, termasuk Costan Forte Kaplet 500mg demi menghindari kontraindikasi obat.
 
 



Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Kamis, 10 Desember 20 - 17:33 WIB
Dibaca sebanyak : 542 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback