Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Ciri Kepribadian Melankolis, Apakah Anda Memiliki Salah Satunya?

Ciri Kepribadian Melankolis, Apakah Anda Memiliki Salah Satunya?
Empat kepribadian mendasar yang diketahui dimiliki manusia, antara lain sanguinis, koleris, plegmatis, dan melankolis. Seseorang yang memiliki kepribadian melankolis umumnya dikenal sebagai seorang yang pemikir. Ia juga dikenal sangat berhati-hati dan teliti dalam menganalisis masalah yang dihadapi, yang mungkin saja terasa sulit untuk diselesaikan oleh orang lain.
 
Dengan mengenali ciri-ciri kepribadian melankolis, Anda dapat dengan tepat menyikapi berbagai tindakan yang pribadi ini ambil dan lakukan serta akan membantu Anda untuk bersosialisasi dengan orang tersebut. Lalu, apa saja ciri-ciri orang yang memiliki kepribadian melankolis?
 
Secara umum, seseorang dengan kepribadian melankolis cenderung berkepribadian introvert, pemalu, dan pemikir. Secara lebih jelas, mari simak informasi di bawah ini!
 
  1. Cenderung pemikir
 
Segala tindakan dan konsekuensi dari tindakan yang akan diambil akan dengan secara teliti dianalisis oleh seorang melankolis. Mereka akan berhati-hati dan tidak gegabah dalam mengambil keputusan dan melakukan suatu tindakan.
 
Seorang melankolis cenderung terlalu banyak berpikir dan memiliki perasaan yang lebih sensitif. Mereka akan mempertimbangankan konsekuensi baik dan buruk dari tindakan yang akan diambil.
 
Selain itu, seorang melankolis juga memiliki harapan yang cukup tinggi, sehingga tidak jarang sering mengalami kekecewaan yang rentan memicu depresi.
 
  1. Kesempurnaan menjadi hal utama
 
Ya, seorang melankolis cenderung memiliki sifat perfeksionis dalam melakukan suatu hal, terlebih hal tersebut ia sangat senangi. Ia berorientasi terhadap tujuan, sehingga segala hal akan dikerjakan dengan seoptimal mungkin.
 
Namun, jika kesempurnaan tersebut tidak dapat diraih, seorang melankolis dapat kecewa dan marah. Dalam beberapa kasus tertentu, kemarahan tersebut berpotensi membahayakan dirinya sendiri.
 
  1. Kreatif
 
Seorang melankolis memiliki pemikiran yang berbeda dibanding orang lain. Ide dan gagasannya bersifat ouf of the box. Tidak heran, jika seorang melankolis dapat berpikir inovatif dalam memecahkan masalah yang kompleks. Banyak dari melankolis yang kemudian menghasilkan karya-karya hebat di bidang keahlian masing-masing.
 
  1. Penuh pertimbangan
 
Tidak tergesa-gesa atau gegabah, berhati-hati, dan teliti menjadi ciri khas seorang melankolis. Seorang melankolis akan berhati-hati dalam menyampaikan gagasannya, walau gagasan tersebut sangat dibutuhkan. Konsekuensi dari sifat yang terlalu berhati-hati ini menjadikan seorang melankolis kurang responsif dan tidak tegas dalam mengambil keputusan.
 
  1. Tenang
 
Seorang melankolis merupakan seorang pribadi yang dapat menghadapi permasalahan rumit dengan sikap yang tenang. Pribadi ini mencintai kedamaian, maka tidak heran jika ia menghindari konflik yang dapat membuat orang lain marah. Tidak hanya dalam situasi genting, namun dalam situasi yang gembira pun, seorang melankolis cenderung merespons dengan tenang.
 
Apakah Anda memiliki salah satu atau beberapa kepribadian yang sesuai dengan telah disebutkan di atas? Sebagai catatan, seseorang dapat memiliki tipe kepribadian beragam, terkadang juga dapat berasal dari kombinasi beberapa jenis kepribadian.
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Rabu, 06 Mei 20 - 16:24 WIB
Dalam Kategori : MELANKOLIS, KEPRIBADIAN
Dibaca sebanyak : 185 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback