Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Cek Syarat Vaksin COVID-19 Tahap Dua untuk Lansia

Cek Syarat Vaksin COVID-19 Tahap Dua untuk Lansia
Vaksin COVID-19 tahap dua bagi kelompok prioritas sudah mulai dibagikan mulai 17 Februari 2021. Kelompok prioritas yang diberikan vaksin merupakan kelompok masyarakat yang memiliki interaksi dan mobilitas yang tinggi, sehingga rentan tertular dan menularkan virus COVID-19. Selain itu, pemberian vaksin dilakukan ketika penerima sudah cek syarat vaksin COVID-19 dan diharapkan bisa menurunkan tingkat penyebaran virus, mengurangi beban rumah sakit dan ikut membantu tenaga kesehatan. Adapun tahapan dan daftar kelompok penerima vaksin COVID-19 di Indonesia yaitu:

Periode 1 (Januari – April 2021)

  • Tahap I
Sasaran vaksinasi untuk tenaga kesehatan, termasuk asisten tenaga kesehatan, tenaga penunjang, dan mahasiswa yang menjalani pendidikan profesi kedokteran dan sedang bekerja pada fasilitas pelayanan kesehatan.
  • Tahap II
Sasaran vaksinasi untuk petugas pelayanan publik, seperti pedagang pasar, aparat hukum, pejabat pemerintah dan ASN, petugas transportasi publik (bandara, pelabuhan, stasiun, terminal), pelayan publik (damkar, perbankan, BPBD, BUMN, BPJS, perangkat desa), tenaga pendidik (guru,dosen), atlet, serta wartawan dan pekerja media.

Periode 2 (April 2021 – Maret 2022)

  • Tahap III
Sasaran vaksinasi untuk masyarakat rentan dengan risiko penularan tinggi, baik dari aspek sosial, ekonomi, dan tempat tinggal
  • Tahap IV
Sasaran vaksinasi untuk masyarakat dan pelaku perekonomian lainnya dengan pendekatan kluster sesuai dengan ketersediaan vaksin.
 
Orang berusia di atas 60 tahun atau lansia juga termasuk kelompok prioritas tahap dua untuk mendapatkan COVID-19. Secara umum, cek syarat vaksin COVID-19 untuk lansia hampir sama dengan syarat kelompok prioritas lainnya. Namun, ada seleksi tambahan berupa daftar pertanyaan yang menentukan apakah lansia mengalami kerentanan. Kerentanan merupakan kondisi di mana seorang lansia rentan mengalami ketergantungan bahkan kematian jika terkena stressor, seperti sakit, jatuh, atau vaksinasi.
 
Oleh karena itu, penting bagi Anda yang memiliki orang tua di atas 60 tahun dan kakek nenek yang ingin mendapat vaksin untuk cek syarat vaksin COVID-19 tambahan bagi lansia, sehingga bisa mencegah risiko yang muncul setelah pemberian vaksin. Berikut daftar pertanyaan yang ditanyakan pada lansia:
  • Apakah mengalami kesulitan ketika menaiki 10 anak tangga?
  • Apakah punya 5 penyakit dari 11 penyakit kronis dan komorbid?
  • Apakah mudah merasa kelelahan?
  • Apakah mengalami penurunan berat badan secara signifikan?
  • Apakah sulit berjalan sejauh 100-200 meter?
  • Penyakit kronis yang ditanyakan contohnya seperti diabetes, kanker, paru kronis, serangan jantung, nyeri dada, nyeri sendi, gagal jantung kongestif, stroke, penyakit ginjal, hipertensi, dan asma. Jika ada 3 jawaban “Iya” atau lebih dari 5 pertanyaan di atas, maka vaksin COVID-19 tidak bisa diberikan kepada lansia.
Setelah cek syarat vaksin COVID-19 untuk lansia dan lebih banyak menjawab pertanyaan dengan tidak, Anda bisa mendaftarkan lansia di dalam keluarga Anda untuk mendapatkan vaksin COVID-19. Kementerian Kesehatan menetapkan dua cara untuk mendaftarkan vaksinasi lansia, yaitu melalui fasilitas kesehatan dan organisasi. Jika melalui fasilitas kesehatan, Anda bisa mendaftar online melalui situs resmi Kemenkes atau situs resmi KPCPEN. Di halaman web terdapat daftar tautan yang bisa dipilih sesuai lokasi tempat tinggal. Anda diminta mengisi pertanyaan seperti cek syarat vaksin COVID-19 untuk lansia dan data diri. Selanjutnya Dinas Kesehatan Provinsi dan Kabupaten/Kota akan menentukan jadwal serta lokasi vaksinasi untuk lansia yang didaftarkan.
 
Sedangkan untuk mengetahui apakah Anda sudah terdaftar sebagai penerima vaksin COVID-19, Anda bisa mengeceknya secara online melalui cara berikut ini:
  • Buka web Peduli Lindungi melalui link https://pedulilindungi.id/cek-nik
  • Masukkan nama lengkap dan 16 digit NIK yang ada pada KTP
  • Lengkapi kode keamanan dan klik tombol selanjutnya
  • Web akan menampilkan status apakah nama dan NIK tersebut sudah terdaftar sebagai penerima vaksin COVID-19 untuk periode ini atau belum
  • Pastikan untuk mempersiapkan tubuh yang sehat dan fit serta kembali cek syarat vaksin COVID-19 agar pemberian vaksinasi tidak tertunda karena suhu tubuh melebihi syarat, misalnya.
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Jumat, 12 Maret 21 - 09:30 WIB
Dalam Kategori : VAKSIN CORONA, COVID-19
Dibaca sebanyak : 129 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback