Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Cek Perlengkapan Aksesoris Ibu Menyusui Berikut untuk Kenyamanan Kegiatan Laktasi

Cek Perlengkapan Aksesoris Ibu Menyusui Berikut untuk Kenyamanan Kegiatan Laktasi
 
Bagi ibu menyusui, memiliki perlengkapan yang dapat menunjang kegiatan laktasi dapat memberikan kenyamanan dan menjamin privasi, terutama ketika menyusui di tempat umum. Inilah fungsi dari aksesoris ibu menyusui, yaitu untuk membantu ibu agar dapat menyusui tanpa kendala yang berarti. 
 
Memang bukan sebuah keharusan. Namun, alangkah baiknya untuk dipertimbangkan membeli aksesoris ibu menyusui seperti yang disebutkan di bawah ini. Dengan begitu, ibu dapat menyusui tanpa kendala yang berarti, baik itu puting yang lecet maupun ASI yang merembes pada pakaian ibu.
 
  • Bra menyusui
Ibu menyusui dapat mempertimbangkan untuk membeli bra menyusui agar dapat memberikan ASI untuk sang buah hati dengan nyaman dan lancar. Perbedaan bra menyusui dengan bra pada umumnya, yaitu pada letak bukaannya, yang mana bra menyusui memiliki bukaan di depan, sehingga mempermudah proses menyusui. Di samping itu, bra menyusui juga didesain mengikuti ukuran payudara ibu yang cenderung membesar selama periode ini. 
 
Terdapat beberapa hal yang perlu ibu perhatikan sebelum membeli bra menyusui, yaitu hindari membeli bra yang dilengkapi dengan kawat dan pilihlah bra menyusui dari bahan katun. Bra menyusui yang dilengkapi dengan kawat akan memberikan tekanan pada jaringan payudara yang dapat menyebabkan masalah menyusui. Sementara itu, bra menyusui yang terbuat dari katun dapat membantu udara mengalir dengan lancar ke payudara dan mengurangi iritasi.
 
  • Baju menyusui
Serupa dengan bra menyusui, membeli baju menyusui memang bukan sebuah keharusan. Namun, dapat memperlancar proses menyusui. Biasanya baju menyusui didesain dengan bukaan di bagian depan. Sebagai catatan tambahan, Anda dapat membeli baju menyusui dengan warna gelap, sehingga dapat menyamarkan bekas rembesan ASI pada pakaian.
 
  • Breast pad
Breast pad merupakan aksesoris ibu menyusui yang berguna untuk menutupi jalur keluar ASI, sehingga ASI yang berlebih tidak merembes pada pakaian ibu. Breast pad ini sangat dibutuhkan dalam waktu tertentu, seperti ketika ibu sedang berhubungan intim, bekerja di kantor, berada di luar rumah untuk waktu yang lama, dan juga ketika tidur di malam hari.
 
Penggunaannya cukup sederhana, yaitu hanya dengan meletakkan di dalam bra menyusui. Dengan begitu, ASI yang keluar akan menyerap pada breast pad tersebut, bukan merembes pada pakaian ibu. Sebagai masukan, hindari untuk membeli dengan breast pad yang bersifat anti air atau memiliki lapisan plastik di dalamnya. Pasalnya, payudara ibu tetap membutuhkan sirkulasi udara yang baik. Ganti breast pad tersebut jika kondisinya telah basah, sehingga tidak mengiritasi kulit maupun puting. Rutin mengganti breast pad dapat mencegah tumbuhnya bakteri dan infeksi pada puting dan jaringan kulit di sekitarnya.
 
  • Botol kaca dan kantong penyimpanan ASI
Kedua aksesoris ibu menyusui ini berguna untuk mengumpulkan dan menyimpan ASI yang diproduksi berlebih. Penting bagi ibu untuk memilih botol kaca untuk penyimpanan ASI, karena dianggap lebih aman dan dapat digunakan secara berulang kali. Sebagai alternatif, ibu juga dapat memilih botol plastic bersifat non BPA untuk dibawa bepergian.
 
  • Nipple shields
Sudah pernah dengan nipple shields? Aksesoris ibu menyusui yang satu ini dapat membantu ibu untuk menyusui bayi prematur dan ibu dengan ukuran putih besar, maupun menyusui bayi yang sulit melekatkan bibir dengan tepat pada payudara. Namun, ibu perlu berhati-hati ketika menggunakan perlengkapan ini. Pasalnya, jika salah menggunakan dapat memicu permasalahan menyusui, seperti penurunan produksi ASI.
 
Lebih lanjut tentang informasi aksesoris ibu menyusui yang tepat, dapat ibu konsultasikan dengan dokter secara mudah dari rumah hanya di SehatQ.com.
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Selasa, 08 Desember 20 - 08:48 WIB
Dalam Kategori : PERLENGKAPAN AKSESORIS IBU MENYUSUI
Dibaca sebanyak : 159 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback