Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Catat! Ini Rekomendasi Merek Susu Bebas Laktosa

Catat! Ini Rekomendasi Merek Susu Bebas Laktosa
Ada kelompok manusia yang divonis tidak dapat menerima asupan susu. Kondisi “alergi susu” tersebut dikenal dengan intoleransi laktosa. Situasi itu jelas dilematis, apalagi bagi para orang tua. Di satu sisi, bayi membutuhkan susu untuk menunjang tumbuh dan kembangnya. Namun, di sisi lainnya, mereka akan kena masalah baru jika tetap dipaksakan. Dari sana, mencuatlah susu bebas laktosa.
 
Laktosa merupakan salah satu jenis gula yang ada di dalam susu. Namun, zat gula ini sulit dicerna bagi mereka yang menderita intoleransi laktosa. Susu bebas laktosa hadir dengan menambahkan enzim laktase pada susu sapi biasa.
Tujuannya, enzim laktase ini difungsikan sebagai memecah zat gula laktosa dari susu. Sehingga produknya cenderung lebih ramah bagi para intoleransi laktosa. Kendati demikian, penambahan enzim laktase ini tidak mengurangi kandungan gizi pada susu.
 
Seperti susu biasa, susu bebas laktosa bisa menjadi sumber protein, kalsium, fosfor, vitamin B12, dan riboflavin bagi tubuh manusia. Tak jarang pula, susu bebas laktosa diberi tambahan vitamin D. Vitamin ini memang hanya tersedia sedikit di sumber makanan.
 
Mungkin, perbedaan yang mencolok antara susu bebas laktosa dengan susu biasa hanya di rasanya saja. Kandungan enzim laktase yang ditambahkan nantinya akan memecah laktosa menjadi zat gula sederhana, yaitu glukosa dan galaktosa. Sehingga susu bebas laktosa cenderung lebih manis ketimbang susu biasa.
 
Secara garis besar, susu bebas laktosa ini terbagi ke dalam dua jenis, yakni yang terbuat dari bahan alami dan produk yang telah “direkayasa” sehingga menjadi susu formula. Dari bahan alami, ada susu kedelai, susu almond, dan lain sebagainya. Nah, adapun dari kelompok susu formula lebih banyak ragamnya lagi. 
 
Di bawah ini ada beberapa rekomendasi susu formula yang bebas laktosa dan beredar di pasaran di Indonesia. Berikut di antaranya:
 
- Enfamil A+ Gentle Care
Susu ini juga mengandung protein kasein dan whey yang sudah terhidrolisis sebagian dan karenanya dapat mengurangi risiko alergi bagi anak berusia 0-12 bulan.  Susu ini bisa dijadikan pendamping ASI, saat anak mengalami gangguan awal pencernaan. Produk ini dapat dibeli di toko-toko daring maupun di toko konvensional. Susu ini dibanderol 178 ribuan untuk ukuran 400 gram.
 
- Nutramigen LGG
Produk ini merupakan susu bayi hipoalergenik untuk bayi berusia 0-12 bulan yang alergi terhadap susu sapi ringan. Hal ini karena kandungan proteinnya terhidrolisa ekstensif, sehingga kemungkinan rendah picu reaksi alergi. 
Produk ini dapat dibeli di toko-toko daring maupun di toko konvensional. Susu ini dibanderol 330 ribuan untuk ukuran 400 gram.
 
- Neocate LCP
Produk susu dari Nutricia ini juga merupakan rekomendasi susu bebas laktosa yang diperuntukkan bagi bayi berusia 0-12 bulan. Adapun kandungan formulanya berbahan dasar asam amino non-alergenik. Produk ini dapat dibeli di toko-toko daring maupun di toko konvensional. Susu ini dibanderol 330 ribuan untuk ukuran 400 gram.
 
- Pregestimil
Produk ini secara jelas diperuntukkan bagi mereka yang alergi terhadap protein susu sapi, intoleransi laktosa, dan ketidakmampuan mencerna protein susu sapi dan lemak rantai panjang, karena tertulis di kalengnya. Produk ini dapat dibeli di toko-toko daring maupun di toko konvensional. Susu ini dibanderol 340 ribuan untuk ukuran 400 gram.
 
- PurAmino
Merupakan produk susu formula yang juga berbahan dasar asam amino hipoalergenik, khusus kasus alergi protein susu sapi yang berat atau yang tidak dikelola efektif oleh formula hidrolisat secara efektif. Produk ini dapat dibeli di toko-toko daring maupun di toko konvensional. Susu ini dibanderol 430 ribuan untuk ukuran 400 gram.
 
Itulah beberapa rekomendasi susu bebas laktosa bagi bayi yang mengalami alergi susu sapi atau intoleransi laktosa. Namun, sebelum memberikan susu formula ini kepada si kecil, sebaiknya Anda berkonsultasi dulu dengan tenaga medis terkait. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa produk yang diberikan benar-benar cocok dan sesuai dengan kondisi anak Anda.
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Rabu, 01 Juli 20 - 08:53 WIB
Dalam Kategori : SUSU BEBAS LAKTOSA
Dibaca sebanyak : 128 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback