Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Cara Sederhana untuk Menenangkan Pikiran

Cara Sederhana untuk Menenangkan Pikiran
Banyak orang yang mengatakan bahwa masa-masa kita adalah masa terombang-ambing. Kita yang baru menginjak usia dewasa kerap kali merasa kebingungan dan terburu-buru oleh tuntutan orang sekitar atau bahkan diri sendiri yang merasa terbebani dengan pencapaian teman-teman kita. Suntuk, pusing bahkan stress mulai sering kita alami. Ternyata tumbuh dewasa memang tidak semenyenangkan bayangan kita di waktu kecil.
 
Tidak apa-apa, karena itu adalah hal yang wajar. Namun jangan biarkan rasa stress itu berlarut-larut dan makin membuat kita terpuruk. Istrahat sejenak, tarik napas, dan lakukan hal-hal di bawah ini untuk menenangkan pikiranmu:
 
  • Tuliskan
Banyak orang yang merasa stress karena memikirkan terlalu banyak hal sehingga merasa sumpek dan muak. Rasa itu pun berlanjut karena tidak ada pelampiasan.
Jika kamu merasakan hal yang sama, kamu membutuhkan medium sebagai cara menenangkan pikiran kamu, dan menulis bisa menjadi salah satu pilihan. Dengan menulis kamu bisa mengeluarkan unek-unek dan beban pikiran kamu. kamu juga dapat membuat gratitude journal di mana and menuliskan hal-hal positif dalam hidup.
 
  • Permen Karet
Walaupun terdengar sepele, ternyata mengunyah permen karet juga dapat membantu menenangkan pikiran lho. Suatu penelitian menemukan bahwa dengan mengunyah permen karet seseorang dapat memiliki tingkat stress yang lebih rendah dan lebih sejahtera.
Penjelasannya adalah dengan mengunyah permen karet otak akan memiliki gelombang yang teratur sehingga membantu tubuh untuk rileks. Selain itu, mengunyah permen karet juga dapat mengalirkan lebih banyak darah ke otak. Tambahan lagi, studi baru-baru ini menunjukkan bahwa semakin kuat kita mengunyah maka stress pun akan semakin mereda.
 
  • Habiskan Waktu dengan Teman dan Keluarga
Dukungan sosial dari orang-orang terdekat dapat membantu kamu untuk menjalani waktu-waktu berat dalam hidup. Hubungilah teman terdekat dan keluarga kamu, lingkaran yang dapat sejenak mengalihkan perhatian kamu dan membuat kamu merasa diterima. Studi menemukan fakta bahwa, untk wanita khususnya, menghabiskan waktu dengan teman-teman dan anaknya dapat membantu melepaskan oksitoksin, salah satu penawar stress alami. Di salah satu studi lain juga menunjukkan bahwa laki-laki dan perempuan yang memiliki lingkaran pertemanan kecil namun kuat lebih jarang mengalami stress.
 
  • Tertawa
Apa benar tertawa dapat mengobati stress? Ternyata studi memang menunjukkan demikian. Hal disebabkan karena tertawa dapat meringankan respon stress dan juga meringankan tensi dengan membuat otot-otot rileks. Dalam jangka panjang, tertawa juga dapat membantu memperbaiki mood dan sistem kekebalan tubuh.
Cobalah menonton film atau acara TV yang lucu, atau berkumpul dengan teman-teman yang membuat kamu tertawa, percayalah cara itu ampuh untuk menenangkan pikiran.
 
  • Biasakan untuk Berkata Tidak
Hal yang dapat kita lakukan untuk mencegah stress kadang bukanlah hal besar, salah satunya adalah berani untuk berkata tidak dan menolak sesuatu yang memberatkan kamu. Kadang kita terlalu segan untuk menolak pekerjaan dan akhirnya menerima terlalu banyak hal untuk di-handle sehingga kewalahan. Tidak ada salahnya untuk selektif dalam menerima pekerjaan dan tawaran, dan benar-benar fokus pada hal-hal yang mejadi kebutuhan.
 
  • Biasakanlah untuk Tidak Menunda-nunda
Cara lain untuk menenangkan pikiran adalah dengan menyortir prioritas dan tidak menunda-nunda kewajiban. Dengan menunda-nuda pekerjaan, kita akan terburu-buru deadline dan kesusahan mengejar tenggat waktu. Hal ini dapat menyebabkan stress karena menambah beban pikiran dan kadang memaksa kita begadang sehingga waktu tidur berkurang. Biasakanlah untuk mengukur kemampuan dengan menentukan tenggat waktu yang realistis serta menuliskan to-do list agar tidak lupa.
 
Bagaimana, sederhana bukan? Namun jika kamu masih merasa membutuhkan pertolongan, jangan pendam sendiri dan jangan biarkan stress berlarut-larut. Segera hubungi orang terdekatmu atau konsultasikan dengan ahli kejiwaan agar mendapatkan penanganan yang lebih serius.
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Jumat, 17 Januari 20 - 14:59 WIB
Dalam Kategori : CARA MENENANGKAN PIKIRAN
Dibaca sebanyak : 303 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback