Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Cara Mengobati Sariawan dan Mencegahnya agar Tidak Perih

Cara Mengobati Sariawan dan Mencegahnya agar Tidak Perih
 
Cara mengobati sariawan bisa Anda lakukan sendiri di rumah dengan menggunakan bahan-bahan alami. Sariawan adalah hal umum terjadi dan dialami oleh hampir semua orang. Meskipun tidak berbahaya, tetapi sariawan cukup mengganggu dan menimbulkan rasa perih, terlebih saat Anda sedang makan dan berbicara.
 
Cara mengobati sariawan
Meskipun sariawan bisa hilang dengan sendirinya, tapi Anda perlu atasi agar tidak terasa perih dan mengganggu saat makan atau minum. Berikut beberapa cara mengobati sariawan dengan bahan alami.
  • Berkumur dengan air garam
Salah satu cara mengobati sariawan dengan bahan alami agar sariawan tidak perih adalah dengan berkumur dengan air garam. Berkumur dengan air garam dapat mengeringkan sariawan. Anda hanya perlu mencampurkan 1 sendok teh garam ke dalam ½ gelar air, lalu berkumur menggunakan campuran tersebut selama 15-30 detik.
  • Berkumur dengan campuran air dan soda kue
Selain air garam, campuran air dan soda kue dapat digunakan sebagai cara mengobati sariawan agar sariawan tidak perih. Cara alami ini dapat mengurangi peradangan dan mengembalikan keseimbangan pH. Anda bisa mencampurkan 1 sendok teh soda kue ke dalam ½ gelas air hangat. Berkumurlah selama 15-30 detik. Anda dapat mengulanginya lagi setiap beberapa jam, sesuai dengan kebutuhan.
  • Madu
Madu merupakan cara mengobati sariawan yang efektif karena dapat mengurangi rasa sakit, peradangan, ukuran dari sariawan, serta mencegah munculnya infeksi. Hal ini karena madu memiliki kandungan antiradang dan antibakteri. Namun, pilihlah madu yang alami seperti madu Hanuka.
  • Yogurt
Yogurt mengandung probiotik yang dapat mengobati dan mencegah sariawan yang mungkin disebabkan oleh bakteri. Anda bisa mengonsumsi satu cangkir yogurt setiap harinya.
  • Lidah buaya
Lidah buaya ternyata selain berguna untuk kesuburan rambut, juga dapat digunakan untuk menyembuhkan sariawan. Sifat antiinflamasi dan penenang yang terkandung pada lidah buaya dapat membantu mempercepat proses penyembuhan dengan meringankan rasa sakit dan menutup luka sariawan dengan cepat.
Cara penggunaannya pun sederhana, cukup oleskan ke area yang terkena sariawan dan biarkan selama 20 menit. Setelah itu, Anda bisa langsung membilas mulut dengan air hangat. Cukup ulangi beberapa kali hingga sariawan hilang.
 
  • Minyak kelapa
Kandungan antimikroba dan antiradang membuat minyak kelapa efektif menyembuhkan sariawan yang disebabkan oleh bakteri dan mengurangi radang serta rasa sakit dari sariawan. Minyak kelapa juga dapat mencegah munculnya sariawan.
 
Cara mencegah sariawan agar tidak perih
  • Rajin sikat gigi dan menggunakan benang gigi agar sariawan tidak terinfeksi bakteri.
  • Hindari mengonsumsi makanan pedas atau asam karena dapat menyebabkan iritasi dan nyeri lebih lanjut.
  • Sikat gigi Anda secara perlahan-lahan, gunakan sikat gigi yang lembut dan pasta gigi bebas deterjen.
  • Konsumsi makanan lunak yang mudah ditelan, dipotong kecil-kecil, digiling, atau dihaluskan.
  • Hindari makanan asin dan pedas, kopi, cokelat, kacang-kacangan, keripik kentang atau biskuit yang dapat melukai sariawan, minuman bersoda atau beralkohol, rokok, serta makanan dan minuman yang terlalu manis, terlalu panas, atau terlalu dingin.
  • Berkumur dengan obat kumur yang tidak mengandung alkohol.
  • Jangan menyentuh area gusi dan mulut yang terkena sariawan karena dapat mengganggu proses penyembuhan dan menyebabkan infeksi semakin menyebar.
 
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Kamis, 23 Juli 20 - 09:42 WIB
Dibaca sebanyak : 37 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback