Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Cara Menghilangkan Ngantuk di Tempat Kerja

Cara Menghilangkan Ngantuk di Tempat Kerja
 
Tubuh terasa lelah dan mengantuk di kantor dapat menjadi hal yang sangat mengganggu. Tidak hanya kerjaan akan menumpuk, ada kemungkinan Anda akan melewatkan tenggat waktu atau “deadline” kerja yang harus dipenuhi. Apabila hal tersebut terjadi secara terus menerus, bukan tidak mungkin Anda akan mendapatkan teguran dari atasan, atau dalam kasus terburuk, dipecat. Mengatasi penyebab ngantuk di siang hari, misalnya karena apnea tidur, dapat membantu meningkatkan level energi dan fungsi kognitif. Artikel ini akan membahas cara menghilangkan ngantuk di tempat kerja atau kantor.
 
Berikut ini adalah beberapa cara menghilangkan ngantuk di tempat kerja, di antaranya adalah:
·       Kafein
Apabila Anda merasa ngantuk di kantor, mengonsumsi kafein dapat meningkatkan energi yang dibutuhkan agar pekerjaan Anda dapat diselesaikan. Kafein adalah stimulant, yang berarti dapat meningkatkan aktivitas otak dan sistem saraf. Kafein dapat meningkatkan kemampuan berpikir dan kinerja mental, dan menjadi cara menghilangkan ngantuk yang efektif. Buatlah kopi atau kunjungi kafe favorit Anda untuk mendapatkan asupan kafein yang dibutuhkan. Pastikan Anda minum kopi dalam jumlah wajar. Terlalu banyak minum kafein dapat membuat Anda gelisah, yang mana dapat memengaruhi level produktivitas.
 
·       Tidur yang cukup
Terdengar cukup jelas sebagai cara menghilangkan ngantuk. Namun, banyak dari kita sering memotong waktu tidur 1 atau 2 jam di malam hari untuk melakukan aktivitas tertentu. Kebanyakan orang dewasa membutuhkan 7 hingga 9 jam tidur. Anda juga bisa menghabiskan beberapa menit untuk tidur siang pada saat istirahat kantor.
 
·       Makan siang yang ringan
Apabila Anda sering mengantuk di siang hari saat kerja, memakan makan siang yang berat dapat membuat rasa ngantuk menjadi parah. Pastikan Anda menghindari camilan yang mengandung gula, minuman bersoda, dan makanan berkarbohidrat seperti roti putih dan pasta putih. Makanlah makanan yang ringan untuk menjaga energi Anda. Anda ingin merasa puas namun tidak kekenyangan. Apabila Anda memutuskan untuk membuat makan siang sendiri, pilihlah sumber energi yang lebih sehat, seperti telur rebus, ayam, buah beri, kacang, sayuran, dan gandum.
 
·       Cuci muka dengan air dingin
Apabila Anda kesulitan untuk tetap terjaga di kantor, pergilah ke kamar mandi dan cuci muka dengan air yang dingin. Cara menghilangkan ngantuk yang cepat dan sederhana ini dapat menyegarkan tubuh dan menyediakan kewaspadaan untuk menjalani sisa hari di kantor. Setelah mencuci muka menggunakan air dingin, keluar ruangan dan biarkan udara dingin mendinginkan wajah Anda dan meningkatkan kewaspadaan.
 
·       Nyalakan kipas angin
Anda mungkin perlu meletakkan kipas angin mini di meja kerja Anda untuk mengatasi rasa ngantuk saat bekerja di kantor. Saat Anda merasa ngantuk, arahkan kipas angin ke arah wajah Anda dan nyalakan pada mode maksimal. Sama halnya dengan angin alami di luar ruangan, udara dingin yang dihembuskan kipas angin akan meningkatkan kewaspadaan Anda.
 
·       Tetap sibuk
Ngantuk di siang hari akan diperparah apabila Anda terlalu banyak waktu luang. Tergantug sifat pekerjaan yang dimiliki, ada kalanya Anda akan memiliki sedikit tanggung jawab dibandingkan dengan hari-hari lainnya. Akibat hanya memiliki sedikit hal untuk dilakukan, Anda akan mulai merasa lelah dan ngantuk.
 
Dengan melakukan cara menghilangkan ngantuk di tempat kerja di atas, Anda bisa meningkatkan produktivitas dan memenuhi tenggat waktu dengan hasil dan kinerja yang optimal. Perlu diingat bahwa rasa ngantuk di siang hari dapat disebabkan karena kurang tidur di malam sebelumnya. Untuk itu, atasi penyebab ngantuk tersebut agar kewaspadaan Anda meningkat saat bekerja. 
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Senin, 16 November 20 - 11:20 WIB
Dalam Kategori : CARA MENGHILANGKAN NGANTUK
Dibaca sebanyak : 31 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback