Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Cara Menghilangkan Bau Sepatu Sesuai Bahannya

Setiap rumah memiliki bau, sebagian besar bau rumah merupakan bau yang harum, tapi bagaimana jika tidak? Cara apa yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan bau tidak sedap di rumah?
 
Pada umumnya, bau yang terdapat di rumah kita adalah kombinasi dari orang-orang yang tinggal di sana, parfum yang biasa dipakai, aftershave, makanan yang dimasak, dan hal-hal lainnya. Bagaimana dengan bau tidak sedap? Bau ini muncul dalam berbagai bentuk, misalnya bau dari pakaian kotor, sepatu sampai rokok.
 
Paling umum terjadi adalah bau dari sepatu. Pemakaian sepatu menjadi hal yang sangat lumrah, apalagi jika Anda atau orang rumah lainnya beraktivitas sepanjang hari, atau berolahraga, hal ini dapat menjadikan sepatu jadi bau. Bahkan sandal dan sepatu rumah juga bisa bau setelah pemakaian yang cukup lama.
 
Tidak semua sepatu bisa dicuci, jadi hal pertama yang perlu Anda ketahui tentang cara menghilangkan bau pada sepatu adalah jenis bahan yang digunakan pada sepatu Anda. Jika Anda ragu, atau sepatu terbuat dari beberapa bahan, perlakukan sepatu tersebut seperti halnya sepatu kulit. Berikut cara menghilangkan bau pada sepatu berdasarkan bahan sepatu tersebut:
 
  • Sepatu berbahan kanvas atau kain
Pada umumnya, sepatu yang terbuat dari kain dapat Anda cuci menggunakan mesin cuci dan dicuci menggunakan hangat serta deterjen yang biasa Anda gunakan. Namun Anda tidak disarankan untuk menggunakan pelembut kain, karena surfaktannya dapat menjebak bakteri pada sepatu.
 
Anda dapat menambahkan 1 cangkir cuka putih pada saat pembilasan (atau tuangkan cuka ke dispenser pelembut kain Anda) untuk menghilangkan bau yang tersisa.
 
Anda dapat mengeringkan sepatu berbahan kanvas atau kain dengan meletakkannya di luar ruangan, di tempat yang cerah dengan udara kering. Sinar matahari adalah desinfektan alami, sehingga menjadikannya cara yang bagus untuk menghilangkan bau sepatu.
 
  • Sepatu berbahan kulit atau suede
Sepatu kulit dan suede akan hancur jika Anda memasukkannya ke dalam mesin cuci. Jika sepatu Anda terbuat dari bahan campuran (misalnya, memiliki pipa kulit), atau jika Anda tidak yakin mengenai bahan pada sepatu Anda, ikuti langkah-langkah ini:
 
  1. Semprotkan semprotan penghilang bau sepatu ke kain bersih dan kering, lalu seka bagian dalam sepatu.
  2. Gunakan kain bersih lain untuk menyeka semprotan yang tersisa, agar sepatu Anda tidak lembab.
 
Selain itu, Anda juga dapat menghilangkan bau pada sepatu kulit menggunakan lap yang diberikan desinfektan. Pastikan untuk mengikutinya dengan kain lembab dan kemudian kain kering untuk menghilangkan residu karena desinfektan dapat mengiritasi kulit Anda.
 
  • Sandal atau sepatu dengan cork insole atau insole gabus
Sepatu atau sandal seperti Birkenstocks dan lainnya yang menampilkan insole gabus membutuhkan cara yang berbeda. Caranya adalah menghilangkan minyak kulit dan bakteri yang terdapat di insole tanpa merusaknya insole gabus tersebut. Berikut langkah-langkahnya:
 
  1. Buat pasta menggunakan beberapa tetes air dan bubuk penghilang bau
  2. Celupkan sikat gigi tua ke dalam pasta tersebut dan gosokkan ke insole gabus. Tunggu 5 menit, lalu bersihkan pasta menggunakan kain yang bersih dan lembab.
  3. Setelah semua pasta hilang, tekan kain kering ke sol untuk menghilangkan kelembaban.
 
Setelah itu, biarkan sepatu mengering selama sehari penuh sebelum Anda memakainya kembali.
 
Cara menghilangkan bau pada sepatu tidaklah sulit, namun Anda perlu mengetahui bahan sepatu yang perlu Anda bersihkan terlebih dahulu. Sama halnya dengan baju, sepatu juga memiliki cara pembersihan yang berbeda sesuai dengan bahan yang digunakan.
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Senin, 13 April 20 - 15:36 WIB
Dalam Kategori : BAU SEPATU, TIPS, INFO
Dibaca sebanyak : 205 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback