Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Cara Mengatasi Sesak Nafas yang Alami dan Efektif

Cara Mengatasi Sesak Nafas yang Alami dan Efektif
 
Sesak napas atau dispnea adalah suatu kondisi paru-paru yang sulit untuk menghirup Anda dengan normal, sehingga membuat Anda tidak nyaman. Beberapa orang mungkin dapat mengalami sesak napas secara tiba-tiba, berminggu-minggu, bahkan lebih. Maka dari itu, penting mengetahui cara mengatasi sesak nafas yang alami dan efektif, sehingga Anda tidak bingung harus melakukan apa saat mendadak mengalami sesak napas.
 
Ini cara mengatasi sesak nafas yang alami dan efektif
Berbagai alasan Anda dapat mengalami sesak napas. Mulai dari infeksi virus, penyakit jantung, asma, pneumonia, tekanan darah rendah, hingga kanker paru-paru dapat menyebabkan sesak napas. Adapula, faktor jinak lain yang bisa membuat Anda sesak napas, seperti olahraga terlalu berat atau kualitas udara yang tidak sehat.
 
Apabila sesak napas Anda bukan karena kondisi medis darurat, maka cobalah melakukan cara mengatasi sesak nafas yang alami dan efektif di bawah ini untuk membantu meringankannya.
 
  • Tarik napas dalam-dalam.
Cara mengatasi sesak nafas ini disebut pula dengan teknik pernapasan diafragma. Cara ini akan membantu Anda lebih rileks, tidak cemas, dan menghilangkan stres. Letakkan tangan di perut Anda dan mulailah menarik napas dalam-dalam melalui hidung. Setelah itu, hembuskan napas pelan-pelan dengan mulut hingga perut Anda kembali. Ulangi gerakan ini selama beberapa menit.
 
  • Duduk condong ke depan.
Para ahli sepakat bahwa seseorang akan lebih sulit mengatur nafasnya saat membungkuk dan bersandar pada lutut. Maka dari itu, Dr. Maker Clark dalam The Healthy merekomendasikan untuk duduk dengan posisi maju. Anda bisa duduk di kursi dengan kaki rata di lantai dan condongkan tubuh ke depan, sehingga memudahkan Anda dalam bernapas.
 
Selain itu, jangan pula duduk terlalu lama, Anda perlu beristirahat. Jika terpaksa duduk terlalu lama, maka lakukanlah gerakan peregangan (stretching), agar leher dan bahu Anda tidak kaku dan lebih rileks.
 
  • Latihan yoga.
Yoga adalah latihan yang baik dan menyehatkan bagi penderita penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), karena menenangkan dan bisa meredakan nyeri. Selain itu, latihan yoga dapat meningkatkan fungsi paru-paru. Hal ini telah dibuktikan melalui penelitian yang diterbitkan oleh American College of Chest Physicians bahwa pasien yang melakukan yoga 2 kali seminggu selama 1 jam memiliki fungsi paru-paru yang lebih baik.
 
  • Menghirup uap.
Cara mengatasi sesak nafas dengan menghirup uap mungkin terdengar aneh bagi sebagian orang. Faktanya, cara ini cukup efektif untuk memulihkan kembali pernapasan Anda. Jika penyebab sesak napas Anda karena penumpukan lendir dari penyakit virus atau bakteri, maka dengan menghirup uap dapat membantu melegakan hidung dan mengatasi hidung tersumbat.
 
Caranya mudah. Anda dapat menyediakan semangkuk air panas, lalu tambahkan beberapa tetes minyak kayu putih atau peppermint. Fungsi bahan-bahan ini untuk membantu membersihkan saluran pernapasan, karena memiliki sifat antibakteri, antivirus, dan antijamur. Tutup kepala Anda dengan handuk, lalu hiruplah uap dari racikan alami yang telah dibuat tersebut hingga Anda merasa lebih tenang.
 
  • Minum teh jahe madu.
Minuman fungsional alami ini ternyata ampuh dan efektif untuk meredakan sesak napas Anda. Hal ini karena minuman tersebut membantu mengeluarkan lendir yang mengganggu pernapasan. Anda juga dapat menambahkan madu untuk menambah cita rasa minuman, sehingga lebih menyegarkan dan melegakan tenggorokan.
 
Nah, sekarang sudah tahu kan, cara mengatasi sesak nafas yang alami, ampuh, dan efektif? Jadi, kini Anda tidak perlu lagi panik berlebihan saat mengalami sesak napas. Anda dapat mempraktikkan cara-cara di atas untuk meredakan gejalanya.
 
Jika sesak napas yang Anda alami ini sampai membuat sulit bernapas, tak kunjung berhenti hingga dada terasa sakit, bibir menjadi kebiruan, dan mengalami kebingungan mental, segeralah temui dokter untuk memperoleh perawatan secara medis.
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Kamis, 24 September 20 - 15:18 WIB
Dibaca sebanyak : 56 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback