Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Cara Mengatasi Maag Bisa Dilakukan Dengan Hal Ini

Cara Mengatasi Maag Bisa Dilakukan Dengan Hal Ini
Gejala maag seringkali muncul, bisa saja secara tiba-tiba. Bagi sebagian orang, gejala maag adalah penyakit yang bisa dihilangkan dalam waktu singkat. Namun bagi sebagian orang, gejala maag mungkin bisa muncul lagi, bisa saja disebabkan karena manusia tidak menjaga pola makan dengan teratur. Cara mengatasi maag sebenarnya sederhana dan jika manusia mampu menjaga pola makan mereka, maka akan bebas dari gejala maag.
 
Tidak hanya pola makan yang tidak atau kurang teratur, namun juga gejala maag disebabkan karena rasa stres yang dialami oleh manusia. Hal ini sering terjadi bisa disebabkan karena banyaknya tumpukan aktivitas seperti pekerjaan sehingga sulit untuk menanganinya dan bisa menyebabkan suatu gejala atau penyakit muncul seperti maag.
 
Penyakit maag terjadi dengan adanya luka di bagian lambung sehingga dapat mengakibatkan infeksi pada perut hingga adanya risiko seperti pendarahan besar. Perut secara alami menghasilkan asam untuk membantu dalam pencernaan makanan. Namun jika asam lambung mengalami perubahan atau menjadi terlalu asam, gejala maag muncul.
 
Asam lambung ditentukan oleh seberapa besar pengaruh tingkat pH di dalam lambung. Jika tingkat pH berada di bawah 7, maka terjadinya asam pada lambung. Jika tingkat pH semakin berkurang, kemungkinan manusia yang mengalami hal ini akan mengalami gejala pada asam lambung.
 
Orang-orang yang cenderung mengalami stres jika mengalami gejala maag, dapat mengakibatkan kondisi pada tubuh yang lebih buruk. Selain gejala maag, gejala lain yang kemungkinan dapat dialami antara lain infeksi, kegagalan pada sistem organ tubuh, sakit kepala atau pusing, mual, muntah-muntah hingga mengeluarkan darah hitam, bahkan berdarah. Jika mengeluarkan darah karena asam lambung, maka akan menghambat kesehatan manusia sehingga menjadi sulit untuk dirawat karena adanya kemungkinan mengancam jiwa.
 
Jika gejala maag semakin parah, sebaiknya perlu ditangani oleh dokter agar mendapatkan perawatan sesuai arahan dokter mengenai bagaimana gejala tersebut dapat diselesaikan. Cara mengatasi maag dapat dilakukan dengan pencegahan yang diarahkan oleh dokter, caranya meliputi:
  • Cara higienis
Gejala maag dapat dipicu melalui bakteri Helicobacter pylori (H. pylori). Bakteri H. pylori berperan aktif dalam menyerang pada bagian lambung sehingga dapat menyebabkan gejala maag mudah terdampak. Bakteri ini muncul melalui makanan dan minuman, serta jika seseorang tertular oleh orang lain. Dengan kata lain, bakteri tersebut mudah menular.
 
Masalah yang disebabkan karena adanya bakteri H. pylori bisa ditangani dengan mudah. Cara untuk mencegah munculnya bakteri ini dapat dilakukan dengan sering mencuci tangan dengan air dan sabun, serta konsumsi makanan dan minuman yang sehat.
 
Bahan-bahan yang tepat untuk mengkonsumsi makanan untuk mengatasi gejala maag adalah bahan flavonoid (kedelai, apel, anggur merah, brokoli, teh), probiotik (mentega susu, yogurt, sup miso, kimchi), madu, dan bawang.
  • Obat
Obat yang tepat untuk menghilangkan rasa sakit pada lambung adalah obat rasa nyeri, namun tidak dianjurkan untuk menggunakan obat rasa nyeri secara berlebihan. Mengkonsumsi obat ini juga sebaiknya tidak boleh dicampur dengan minuman alkohol karena kedua reaksi dari bahan ini dapat memicu gejala pada lambung dengan cepat.
 
Obat rasa nyeri juga sebaiknya dikonsumsi dengan makan agar menambahkan energi pada tubuh dan dapat mengurangi risiko pada tubuh. Contoh obat rasa nyeri yang dapat digunakan adalah NSAID. NSAID berperan tidak hanya mengurangi rasa sakit atau nyeri seperti pada lambung, namun juga mengurangi gejala demam dan peradangan, serta mencegah gumpalan darah.
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Selasa, 21 Januari 20 - 16:24 WIB
Dalam Kategori : MAAG
Dibaca sebanyak : 426 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback