Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Cara Mencegah Terjadinya Fluorosis pada Gigi

Cara Mencegah Terjadinya Fluorosis pada Gigi
Fluorosis adalah kondisi medis yang ditandai dengan berubahnya tampilan gigi, kondisi ini membuat timbulnya lapisan terluar gigi yang disebut enamel. Perubahan ini bisa berbeda-beda dan tergantung pada tingkat keparahannya. Pada kebanyakan kasus, perubahan gigi yang terjadi terbilang sangat ringan seringkali hanya disadari oleh dokter gigi saat melakukan pemeriksaan.
Fluorosis terjadi karena asupan fluorida berlebihan pada anak selama masa pertumbuhan gigi. Namun, kondisi ini tidak mempengaruhi kesehatan gigi. Kasus ini termasuk jarang terjadi di Indonesia, karena kebanyakan orang Indonesia justru masih kekurangan fluorida.
 
Cara mencegah fluorosis pada gigi
Pengawasan orang tua merupakan kunci utama untuk mencegah fluorosis. Beberapa contoh langkah pencegahan yang bisa dilakukan meliputi:
  • Mencari tahu kadar fluorida dalam air minum.
  • Simpan seluruh produk yang mengandung fluorida agar jauh dari jangkauan anak-anak, seperti pasta gigi, obat kumur, dan suplemen.
  • Awasi penggunaan pasta gigi yang mengandung fluorida pada anak. Oleskan pasta gigi dalam jumlah yang tepat, yaitu seukuran kacang polong pada sikat gigi anak.
  • Ajari anak untuk membuang pasta gigi setelah menyikat gigi dan tidak menelannya.
  • Hindari penggunaan pasta gigi dengan rasa yang mungkin akan ditelan oleh anak.
Apabila anak menelan banyak fluorida dalam waktu singkat, anak bisa mengalami keracunan fluorida dan mengalami gejala berupa mual, diare, muntah, dan sakit perut Jadi waspadai juga keluhan-keluhan ini.
 
Fluorosis yang ringan
Pada fluorosis yang ringan, tidak ada penanganan khusus yang diperlukan.
 
Fluorosis yang berat
Pada kasus fluorosis yang lebih berat, beberapa metode penanganan berikut bisa dilakukan oleh dokter untuk memperbaiki tampilan gigi Anda:
  • Menghilangkan noda pada gigi dengan metode pemutihan gigi.
  • Prosedur tambal gigi agar tampilan gigi bisa kembali baik.
  • Pemasangan crown dan veneer gigi
Segera berkonsultasi dengan dokter gigi apabila anak Anda mengalami gejala fluorosis, seperti bintik-bintik putih atau perubahan warna pada gigi. Meski tidak ada keluhan, pemeriksaan gigi setiap enam bulan sekali sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan gigi maupun mulut.
 



Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Selasa, 14 Juli 20 - 15:16 WIB
Dalam Kategori : FLUOROSIS
Dibaca sebanyak : 126 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback