Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Cara Memilih Bedak Bayi

Cara Memilih Bedak Bayi
Kita terdapat bayi yang memiliki kulit sensitif. Hal itu membuat orang tua tidak boleh sembarangan dalam memilih perlengkapan buah hati, baik sabun, sampo, bahkan bedak bayi. Khusus untuk bedak, apabila asal memilih bukan tidak mungkin malah menyebabkan anak kesulitan bernapas dan kulitnya mengalami iritasi.
Demi mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, dalam artikel ini akan dibahas tips memilih bedak bayi yang bisa dijadikan alternatif rujukan para orang tua.
  • Mudah Menyerap
Bedak bayiyang bagus adalah bedak yang memiliki formula dan bahan yang mudah menyerap ke kulit. Sebab, jika tak menyerap si buah hati menjadi kurang nyaman dan bedak bisa saja terhirup saat sang anak bernapas. Di sisi lain, jika tidak menyerap, bisa mengakibatkan kulit bayi menjadi lengket dan kasar.
  • Bebas Talc
Dalam memilih bedak, perlu diperhatikan agar memilih yang bebas talc. Mengapa demikian? Sebab kandungan tersebut berbahaya bagi bayi karena bisa mengakibatkan gangguan paru-paru yang serius terutama bila digunakan dalam jangka panjang. Oleh karenanya, sebelum membeli bedak bayi, pastikan dulu kandungan yang ada di dalamnya dengan melihat bagian komposisinya.
  • Tidak Mengandung Pewangi
Bedak bayiyang baik adalah tidak mengandung bahan pewangi buatan. Tentu kandungan tersebut bisa memberikan efek negatif pada kulit si buah hati. Di sisi lain, disarankan dalam memilih produk hindari bedak yang beraroma menyengat atau tajam. Pilihlah bedak yang wanginya lembut.
  • Bedak Talcum
Bedak jenis ini mampu membuat penyerapan keringat dan menjaga kulit bayi tetap kering. Bedak bayi seperti ini dapat meminimalkan risiko munculnya iritasi kulit akibat gesekan pada permukaan kulit.
  • Bedak Cair
Selain bedak tabur, ada juga bedak cair yang bisa menjadi pilihan orang tua. Bedak ini terbilang lebih aman bagi buah hari karena bisa dipastikan tak terhirup saat bernapas. Di sisi lain, jenis bedak bayi cair juga lebih lembut dan mudah digunakan daripada bedak tabur.
  • Mengandung Acti Natura
Dalam memilih bedak cair, orang tua juga perlu memastikan bedak bayi tersebut mengandung Acti Natura. Sebab, kandungan tersebut dapat menjaga kulit bayi tetap kering dan halus. Selain itu juga melindungi kulit buah hati agar tidak iritasi.
  • Sesuai pH Alami Kulit Bayi
Berikutnya, dalam memilih bedak yang ingin digunakan untuk si buah hati, orang tua juga disarankan memperhatikan nilai pH yang menunjukkan tingkat asam atau basa dari produk tersebut. Hal itu karena pH yang sesuai akan membantu menjaga kelembapan kulit sehingga tetap sehat dan halus. Di sisi lain, jika pH tidak sesuai akan menyebabkan kulit si kecil menjadi kering dan rentan mengalami iritasi.
  • Kandungan Minyak Zaitun atau Chamomile
Dalam merawat kulit bayi, produk yang mengandung minyak zaitun atau chamomile dipercaya mampu menjaga kelembapan kulit dan membuatnya terhindar dari gejala iritasi. Selain itu, kandungan tersebut juga dapat membantu menenangkan dan meredakan rasa perih yang bisa saja muncul saat bayi menggaruk bagian tubuh yang gatal.
  • Teruji Dermatologis
Selain hal-hal yang sudah disebutkan di atas, dalam memilih bedak untuk buah hati pastikan pula telah teruji secara dermatologis. Tak kalah penting, memastikan apakah bedak sudah teregistrasi di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) juga harus dilakukan. Tentunya, dengan sudah terdaftar di BPOM, bedak bayi tersebut telah memenuhi syarat peredaran dan tentunya dipastikan aman digunakan.
Melalui penjelasan di atas, kita dapat mengetahui bahwasannya tidak semua produk bedak bisa digunakan untuk bayi. Harapannya melalui artikel ini, bisa membantu orang tua dalam memilih bedak bayi. Tentu ini demi kesehatan dan keamanan kita semua, terutama untuk buah hati.



Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Kamis, 10 September 20 - 17:20 WIB
Dalam Kategori : BEDAK BAYI
Dibaca sebanyak : 32 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback