Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Cara Membersihkan kacamata yang salah

Cara Membersihkan kacamata yang salah
Apabila sekarang ini marak munculnya bisnis cuci sepatu dan tas agar terlihat bersih seperti baru di mana membersihkannya perlu menggunakan cairan dan teknis khusus. Maka membersihkan kacamata juga sama halnya seperti hal tersebut, butuh teknik dan bahan yang sesuai agar tak merusaknya terlebih apabila kamu memiliki kacamata berbahan mika. Cara membersihkan kacamata itu beragam. Namun, terkadang tanpa sengaja kamu melakukan kesalahan.
 
Seperti yang kamu ketahui kacamata jika dibersihkan dengan asal-asalan lama kelamaan dapat membuat lensa kacamatamu malah semakin rusak. Padahal, kebiasaan membersihkan kacamata dengan sembarangan selalu kamu lakukan walau dalam keadaan tidak disengaja. Lalu, hal apa saja yang salah dan harus dihindari saat ingin membersihkan kacamata milikmu?
 
Berikut adalah kebiasaan salah pengguna kacamata yang sering dilakukan saat membersihkan lensa kacamatanya.
1. Membersihkan lensa dengan kain berbahan kasar
Ketika kamu membeli kacamata baru pasti sang pemilik toko akan memberikanmu kain lembut juga pada saat yang sama. Hal itu bukan tanpa tujuan, kain yang diberikan itu nanti lah yang harusnya kamu gunakan untuk membersihkan kacamata sehari-hari. Menggunakan ujung kain pada baju bukanlah tindakan yang tepat saat membersihkan kacamata. Salah-salah malah membuat lensamu ada banyak goresan kecil. Menggunakan tissu saat membersihkan kacamata ternyata juga harus dihindari lho, karena tissu berbahan dasar dari kayu maka tak hayal jika tissu juga bisa menambah goresan kecil pada lensa kacamata. Jadi agar lebih aman gunakan kain berbahan lembut berserat mikro yang kamu dapatkan saat membeli kacamata ya.
2. Membersihkan kacamata saat kering.
Hindari membersihkan kacamata saat kering. Partikel debu yang menempel pada kacamata kamu nantinya dapat merusak permukaan lensa tanpa kamu sadari. Gunakan cairan pembersih kacamata yang biasa dijual pada optik untuk membersihkan kacamata. Cairan pembersih khusus kacamata ini diformulasikan khusus untuk membersihkan kotoran pada lensa secara efektif dan lembut sehingga, lensa menjadi bersih tanpa harus merusak lapisan lensa kacamata. Tak usah khawatir harga cairan pembersih khusus kacamata ini tergolong terjangkau dan kamu bisa membelinya di optik terdekat di rumah kamu.
3. Mengusap lensa dengan gerakan memutar
Kebiasaan mengusap lensa dengan gerakan memutar memang harus sesegera mungkin kamu tinggalkan. Sebab, jika kamu melakukan itu, maka kacamata yang kamu memiliki banyak goresan. Ya, cara membersihkan kacamata dengan melakukan gerakan memutar malah dapat membuat partikel debu yang ada pada lapisan luar kacamata melukai dinding pelindung pada lensa. Lakukan gerakan membersihkan lensa dengan satu arah agar tidak merusak lapisan luar lensa.
4. Menggunakan kacamata berbingkai penuh.
Ini mungkin selera fashion bagi sebagian orang yang memilih kacamata dengan bingkai penuh. Tetapi memiliki kacamata dengan bingkai hanya setengah saja ternyata lebih gampang untuk dibersihkan dibanding memiliki kacamata dengan bingkai penuh. Kacamata dengan bingkai hanya setengah saja mudah dibersihkan karena ujung lensanya tidak terhalang dengan bingkai atau frame. Jadi, kotoran akan lebih mudah terangkat dan tidak menumpuk pada satu bagian dinding bingkai saja.
Nah, itu adalah hal-hal kebiasaan buruk buat kamu pemilik kacamata yang harus dihindari. Yuk mulai sekarang ikuti cara membersihkan kacamata dengan langkah-langkah yang tepat. Hal itu dilakukan untuk menjaga umur kacamata yang kamu miliki. Seperti kata pepatah “lebih baik mencegah daripada mengobati” sama halnya kacamata “lebih baik mencegah dari pada beli kacamata baru lagi”
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Senin, 30 Desember 19 - 17:43 WIB
Dalam Kategori : KACAMATA
Dibaca sebanyak : 149 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback