Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Cara dan Obat Alami Mengatasi Gejala Osteoporosis

Cara dan Obat Alami Mengatasi Gejala Osteoporosis
Dalam menentukan jenis pengobatan osteoporosis yang sesuai, dokter biasanya akan melakuka tes kepadatan tulang atau bone densitrometri test. Tujuannya untuk memastikan atau memprediksi respons tubuh pasien terhadap pengobatan yang direncanakan. Selain itu, hasil tes tersebut juga bisa membantu dokter dalam menentukan jenis obat osteoporosis yang tepat.
Perlu diketahui bahwa sebelumnya penggunaan obat-obatan osteoporis pada dasarnya hanya bisa membantu meringankan gejala yang ada. Selain itu juga digunakan untuk memperlambat proses pengeroposan tulang, memperkuat tulang dan mencegah terjadinya patah tulang. Sebelum menggunakan obat ini sangat disarankan untuk mengetahui beberapa jenis obat  alami yang ada.
Obat Osteoporosis Alami
  • Semanggi Merah
Tumbuhan ini dipercaya mengandung senyawa estrogen, fungsi estroge alami bisa membantu melindungi tulang. Beberapa praktisi perawatan alternatif kemungkinan akan memberi rekomendasi pasien dalam mengobati osteoporosis. Meski demikian, belum banyak penelitian ilmiah yang menunjukkan semanggi merah efektif dalam memperlambat tulang keropos.
  • Kedelai
Seperti yangd diketahui bahwa kedelai merupakan bahan utama untuk membuat produk tahu dan susu, kedelai mengandung isoflavon. Isoflavon merupakan senyawa seperti estrogen yang membantu melindungi tulang dan mencegah tulang keropos. Pengguna disarankan konsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi, khususnya penderita kanker payudara.
  • Black Cohosh
Merupakan ramuan yang telah digunakan dalam pengobatan asli Amerika selama bertahun-tahun lamanya, selain digunakan sebagai penilak serangga. Black Cohosh memiliki kandungan fitoestrogen, merupakan zat mirip estrogen yang membantu mencegah keropos tulang. Studi di 2018 menunjukkan herbal ini mempromosikan pembentukan tulang pada tikus.
  • Ekor Kuda
Ekor kuda memiliki kandungan siliko yang dipercaya mampu membantu mengurangi keropos tulang dan merangsang adanya regenerasi tulang baru. Meskipun masih dibutuhkan uji klinis, ekor kuda direkomendasikan oleh beberapa dokter holistik sebagai pengobata osteoporosis. Cara mengonsumsinya bisa dengan dibuat teh, tingtur atau kompres herbal.
  • Akupuntur
Merupakan terapi yang dipakai dalam pengobatan tradisional Tiongkok, terapi ini berbentuk penempatan dan penusukan jarum-jamrum pada titik-titik strategis pada bagian tubuh. Metode tersebut diyakini dapat merangsang berbagai fungsi organ dalam penyembuhan osteoporosis, biasnaya penerapan terapi ini dikombinasikan dengan obat herbal.
  • Tai Chi
Seni bela diri kuno Tiongkok yang melibatkan seluruh gerakan tubuh, dalam sebuah studi National Center for Complementary and Integrative Health menunjukkan jika seni bela diri yang termasuk olahraga ini meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan kesehatan secara keseluruhan untuk orang dewasa lebih tua,
Termasuk meningkatkan kekuatan otot, koordinasi dan mengurangi nyeri hingga kekakuan otot serta persendian. Melakukan olaharaga ini secara teratur bisa membantu meningkatkan keseimbangan dan stabilitas fisik.
  • Melatonin
Merupakan hormon yang dibuat oleh kelenjar pineal dalam tubuh, melatonin telah diuji selama bertahun-tahun sebagai bantuan tidur alami dan agen anti-infalamasi. Dalam penelitian terbaru disebutkan bahwa melatonin mampu meningkatkan pertumbuhan sel tulang yang sehat. Melatonin bisa ditemukan dalam bentuk kapsul, tablet dan cairan.
  • Vitamin D dan Kalsium
Nyaris setiap pemberian obat osteoporosis yang termasuk dalam resep dokter juga dibarengi dengan pemberian suplemen vitamin D. Kombinasi antara obat resep dan suplemen vitamin ini dibutuhkan guna memastikan efek dari pengobatan osteoporosis yang dikonsumsi. Namun, perlu diketahui bahwa tidak semua resep dibarengi dengan pemberin suplemen.
Selain vitamin D, pemberian kalsium juga sangat penting dalam pengobatan penyakit osteoporosis. Untuk orang dewasa diperlukan asupan sekitar 1.000 miligram kalsium per hari untuk menjaga tulang sehat dan kuat. Bagi seseorang yang sudah berusia 51 tahun ke atas dan memilki osteoporosis, perlu mengonsumsi suplemen kalsium dosis 1.200 miligram per harinya.



Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Jumat, 11 September 20 - 09:00 WIB
Dalam Kategori : OBAT OSTEOPOROSIS
Dibaca sebanyak : 66 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback