Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Cara Ampuh Menghilangkan Kutil Dengan Bantuan Medis

Cara Ampuh Menghilangkan Kutil Dengan Bantuan Medis
 
Kutil adalah pertumbuhan kecil dengan tekstur kasar yang dapat muncul di bagian tubuh manapun. Kutil disebabkan oleh virus dalam keluarga human papillomavirus (HPV). Diperkirakan sekitar 1 dari 3 anak dan remaja memiliki kutil, namun hanya sekitar 3-5 persen dari populasi orang dewasa. Ini mungkin disebabkan karena sistem kekebalan tubuh manusia yang menjadi semakin baik dalam mencegah perkembangan dan pertumbuhan kutil. Orang-orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah memiliki risiko tinggi menderita kutil. Artikel ini akan membahas berbagai cara ampuh menghilangkan kutil.
 
Kebanyakan kutil akan hilang dengan sendirinya tanpa perlu perawatan medis khusus, mulai dari beberapa minggu hingga bertahun-tahun, tergantung lokasi dan jumlah kecil. Akan tetapi apabila kutil tidak sembuh dan menyebabkan kekhawatira, cara ampuh menghilangkan kutil tersedia dalam bentuk perawatan medis. Dokter akan memeriksa kutil dan melakukan serangkaian tes dan diagnosa. Semua perawatan kutil didesain untuk mengiritasi kulit dan membiarkan sel-sel pelawan infeksi tubuh mengatasinya.
  • Asam salisilat
Kebanyakan krim, gel, plester obat OTC mengandung asam salisilat. Sangat penting untuk melindungi kulit di sekitar kutil sebelum menggunakan obat-obatan tersebut karena asam salisilat dapat merusak kulit yang sehat. Selain itu, jangan pernah menggunakan produk-produk yang mengandung asam salisilat ke wajah. Mengoleskan petroleum jelly atau menempelkan plester jagung dapat melindungi kulit di sekitar kutil dari kerusakan. Perawatan biasanya dilakukan setiap hari selama 3 bulan. Apabila kulit menjadi meradang atau terluka, perawatan harus dihentikan.
  • Cryotherapy
Cairan pembeku seperti nitrogen disemprotkan ke kutil untuk menghancurkan sel-sel kutil. Kutil akan melepuh dan terlepas setelah beberapa minggu. Perawatan ini harus dilakukan oleh tenaga medis profesional. Apabila kutil berukuran besar, anestesi lokal dan beberapa sesi dibutuhkan. Apotek biasanya menjual dimethyl-ether atau semprotan propane untuk perawatan mandiri. Produk tersebut tidak boleh digunakan pada wajah, dan kurang efektif dibandingkan dengan cryotherapy yang dilakukan oleh tenaga medis profesional.
  • Operasi
Prosedur medis ini jarang dilakukan untuk kutil, dan ada risiko meninggalkan bekas luka (kutil yang sembuh dengan sendirinya tidak akan meninggalkan bekas luka). Terkadang dokter akan merekomendasikan operasi apabila pilihan perawatan lain tidak efektif. Kebanyakan jenis kutil dapat dipotong dalam prosedur operasi dan hanya memerlukan obat bius lokal. Dokter juga dapat merekomendasikan krim oles pada daerah bekas kutil setelah operasi guna memastikan kutil tidak tumbuh kembali.
  • Cantharidin
Dokter dapat mengoleskan zat yang mengandung ekstrak serangga bernama kumbang lepuh dan zat kimia lainnya pada kutil. Daerah tersebut kemudian akan ditutupi kain perban. Ini merupakan prosedur medis yang tidak menyakitkan namun akan menyebabkan kulit melepuh dan tidak nyaman. Lepuhan tersebut akan mengangkat kutil dari kulit, dan dokter akan mengangkat bagain kutil yang mati.
  • Perawatan lain
Apabila kutil tidak memberikan respon terhadap perawatan-perawatan tersebut di atas, dokter ahli kulit akan memberikan beberapa pilihan perawatan lain seperti  immunotherapy guna membuat sistem kekebalan tubuh pasien menghancurkan kutil; bleomycin yang disuntikkan pada kutil untuk membunuh virus; retinoid, yang diambil dari vitamin A, untuk mengganggu pertumbuhan sel-sel kulit kutil; dan antibiotik yang efektif jika terjadi infeksi.
 
Selain mendapatkan perawatan cara ampuh menghilangkan kutil, Anda juga perlu tahu hal-hal apa saja yang perlu dilakukan untuk mencegah terkena kutil atau menularkannya ke orang lain, seperti tidak menyentuh kutil, jangan menggunakan handuk atau kaus kaki orang lain, memakai alas kaki saat Anda menggunakan tempat mandi umum, dan rutin mencuci tangan.


Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Selasa, 20 Oktober 20 - 09:28 WIB
Dalam Kategori : CARA AMPUH MENGHILANGKAN KUTIL
Dibaca sebanyak : 86 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback