Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Cara Aman Membuat Makanan Dari Singkong

Cara Aman Membuat Makanan Dari Singkong
Singkong, atau ketela pohon, adalah bahan makanan pokok yang banyak dikonsumsi di berbagai belahan dunia (terutama di negara-negara berkembang). Singkong merupakan sumber nutrisi yang baik. Meskipun demikian, berhati-hatilah saat mengonsumsi makanan dari singkong dan hindari mengonsumsinya mentah-mentah. Hal ini disebabkan karena singkong mentah mengandung sianida, yang mana merupakan zat sangat beracun apabila dikonsumsi. Oleh karena sebab itu penting Anda menyiapkan bahan makanan ini baik-baik apabila Anda hendak membuat makanan dari singkong.
 
Singkong merupakan sumber karbohidrat yang kaya dan murah. Singkong dapat menyediakan kalori dalam jumlah yang lebih besar dibandingkan dengan sumber kalori lain seperti gandum dan buah bit. Oleh sebab itulah singkong menjadi tanaman pangan yang sangat bermanfaat untuk negara-negara yang sedang berkembang. Orang-orang makan dan menyiapkan singkong dalam banyak cara. Kebanyakan, orang-orang hanya akan memanggangnya atau merebusnya. Tidak sedikit pula yang membuat makanan dari singkong, misalnya dengan melakukan fermentasi untuk dijadikan tape. Sangat penting untuk diingat dalam pengolahan singkong adalah untuk tidak lupa mengupasnya dan jangan pernah memakannya mentah-mentah.
Racun dalam singkong mentah
Orang dilarang makan singkong mentah karena mengandung sianida yang terjadi secara alami. Sianida ini sangat beracun apabila ditelan oleh manusia. Merendam dan memasak singkong membuat senyawa tersebut menjadi tidak berbahaya bagi tubuh. Makan singkong mentah dan tanpa persiapan yang benar akan menyebabkan efek samping seperti kelumpuhan kaki pada anak-anak, kadar iodin yang rendah, risiko gondok meningkat, hilangnya indra perasa pada tangan dan pandangan yang buruk pada orang dewasa, serta keracunan yang dapat menyebabkan kematian. Selain mengandung sianida, singkong juga dapat menyerap polusi di sekitar tanaman tersebut tumbuh. Polutan yang dapat berbahaya bagi kesehatan manusia contohnya adalah zat logam, pesitisa, dan herbisida. Untuk itu, mencucinya dan memasak makanan dari singkong sangat dianjurkan.
Menyiapkan singkong agar aman dikonsumsi
Singkong pada umumnya aman apabila disiapkan dengan baik dan dimakan dalam kadar yang wajar. Adapun beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mempersiapkan makanan dari singkong agar aman dikonsumsi adalah sebagai berikut:
  • Kupas. Kulit singkong merupakan bagian yang banyak mengandung senyawa yang memproduksi sianida
  • Rendam. Rendam singkong dalam air dan diamkan sekitar 48 hingga 60 jam sebelum memasaknya. Hal ini dapat mengurangi jumlah zat kimia berbahaya yang ada di dalamnya
  • Masak. Karena zat kimia berbahaya banyak ditemukan di singkong mentah, sangat penting bagi Anda untuk memasaknya dengan benar. Anda bisa merebusnya, memanggangnya, ataupun mengukusnya sesuai selera
  • Tambahkan protein. Menambahkan protein saat membuat makanan dari singkong sangat dianjurkan karena protein dapat membantu tubuh menyingkirkan racun sianida dari dalam tubuh
  • Menjaga diet yang seimbang. Anda bisa mengurangi efek samping dari singkong dengan menambahkan bahan makanan lain yang sehat dalam diet Anda dan tidak hanya mengandalkan singkong sebagai sumber nutrisi satu-satunya.
Penting pula untuk diingat bahwa bahan makanan dari singkong seperti tempung singkong dan tapika mengandung sangat sedikit sianida sehingga lebih aman untuk konsumsi manusia.
Singkong merupakan bahan makanan yang versatile dan mengandung nutrisi dan energi yang melimpah. Karena mudah diolah, banyak makanan dari singkong yang bisa Anda jumpai di pasar tradisional dengan berbagai varian bentuk, jenis, dan rasa. Perlu diingat untuk makan makanan tersebut dalam jumlah yang terbatas mengingat singkong mengandung kalori yang cukup tinggi, dan dapat menyebabkan diaebetes dan obesitas apabila dikonsumsi dalam jumlah yang banyak.
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Selasa, 14 April 20 - 10:34 WIB
Dalam Kategori : SINGKONG, MAKANAN, BUAH, SAYURAN
Dibaca sebanyak : 282 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback