Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Berobat Mudah dengan Mobile JKN dan Vclaim BPJS Kesehatan

Berobat Mudah dengan Mobile JKN dan Vclaim BPJS Kesehatan
Menjalani pengobatan dengan layanan BPJS Kesehatan bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan sarana digital. BPJS Kesehatan telah meluncurkan sejumlah aplikasi untuk memudahkan proses pelayanan. Beberapa di antaranya adalah aplikasi Mobile JKN dan Vclaim BPJS Kesehatan.
Apa itu aplikasi Mobile JKN?
Aplikasi Mobile JKN merupakan aplikasi yang tersedia untuk seluruh peserta BPJS Kesehatan. Di dalamnya, terdapat berbagai menu untuk membantu Anda dalam menjalani prosedur layanan kesehatan, mulai dari menu data peserta, menu iuran, menu fasilitas kesehatan tingkat 1, dan lain sebagainya.
Untuk bisa menggunakan aplikasi Mobile JKN, Anda perlu mengunduhnya terlebih dahulu. Setelah itu, Anda bisa langsung login menggunakan akun yang terdaftar ketika mendaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan pertama kali.
Di dalam aplikasi ini, terdapat e-ID atau kartu digital yang merupakan identitas Anda sebagai peserta BPJS Kesehatan. Kartu ini bisa Anda cetak dan digunakan saat akan melakukan pengobatan di rumah sakit yang telah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.
Dengan aplikasi Mobile JKN, Anda juga bisa mengubah data atau mengganti kelas keanggotaan Anda. Pengaduan dan keluhan pun juga bisa Anda sampaikan melalui aplikasi ini.
Apa itu aplikasi Vclaim BPJS Kesehatan?
Berbeda dengan Mobile JKN, aplikasi Vclaim BPJS Kesehatan tidak bisa diunduh oleh peserta BPJS. Aplikasi ini ditujukan untuk rumah sakit, klinik, ataupun fasilitas kesehatan (faskes) lainnya yang menjadi faskes tingkat 1 dalam pelayanan BPJS Kesehatan.
Saat melakukan perawatan di faskes tingkat 1, Anda akan melalui prosedur klaim agar seluruh biaya pengobatan ditanggung oleh BPJS Kesehatan. Biasanya, pihak rumah sakit akan mengajukan surat verifikasi ke pihak BPJS agar tagihan bisa diklaim dan Anda tidak harus melakukan pembayaran apa pun.
Dulu, sistem klaim ini dilakukan secara manual. Akan tetapi, dengan adanya aplikasi Vclaim BPJS Kesehatan, proses klaim bisa berlangsung lebih cepat dan ada kepastian mengenai waktu pembayaran tagihan.
Pada Vclaim, rumah sakit bisa memasukkan data pasien dan data tersebut akan terekam dalam sistem otomatis BPJS. Dengan begitu, informasi data pasien tidak harus dimasukkan secara manual secara terus menerus setiap kali akan mengajukan klaim.
Layanan digital lain dari BPJS Kesehatan
Tidak hanya Mobile JKN dan Vclaim BPJS, pemerintah juga memberikan layanan digital lainnya untuk peserta BPJS Kesehatan, salah satunya layanan rujukan online. Rujukan diajukan oleh pihak faskes tingkat 1 tempat Anda berobat ke faskes tingkat lanjutan yang telah ditetapkan.
Biasanya, peserta BPJS Kesehatan tidak bisa sembarang memilih rumah sakit yang akan didatangi. Anda hanya bisa mendatangi faskes tingkat 1 sesuai dengan wilayah domisili. Berdasarkan pemeriksaan di faskes tingkat 1, apabila Anda memerlukan penanganan lebih lanjut, faskes tingkat 1 akan merujuk Anda ke faskes tingkat 2.
Proses rujukan dilakukan secara online dengan mengajukan surat rujukan ke rumah sakit khusus, dokter spesialis, ataupun faskes lainnya yang ditunjuk. Pihak yang dituju akan secara otomatis mendapat data dan jadwal pengobatan Anda.
Setelahnya, Anda hanya perlu mendatangi faskes tingkat 2 tanpa harus membawa surat rujukan dalam bentuk fisik. Anda juga tidak perlu lagi melalui proses administrasi yang panjang.
Apabila Anda khawatir dengan prosedur BPJS yang panjang dan bertingkat, Anda bisa mencoba menggunakan berbagai layanan digital dari BPJS Kesehatan. Aplikasi Mobile JKN dan Vclaim BPJS sama-sama bertujuan untuk memberikan kemudahan serta sistem pelayanan kesehatan yang lebih cepat bagi peserta BPJS Kesehatan.



Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Rabu, 29 Juli 20 - 15:18 WIB
Dibaca sebanyak : 33 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback