Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Berbagai Jenis Bercak Coklat pada Kulit dan Penanganannya

Berbagai Jenis Bercak Coklat pada Kulit dan Penanganannya
 
Bercak coklat pada kulit bisa muncul akibat berbagai hal. Bercak ini bisa berukuran kecil bisa pula di area luas pada bagian kulit tertentu.
 
Bercak coklat pada kulit atau dikenal dengan hiperpigmentasi adalah kondisi saat kulit memproduksi terlalu banyak melanin, yaitu pigmen warna di kulit. Sehingga, ketika produksi melanin ini berlebih, warna kulit pun bisa menjadi gelap di area tertentu.
 
Sebenarnya, produksi melanin yang berlebih atau meningkat ini tidak membahayakan. Namun, hiperpigmentasi ini dapat pula menjadi gejala dari kondisi medis tertentu yang sebaiknya Anda ketahui.
 
Berbagai Jenis Bercak Coklat pada Kulit
Hiperpigmentasi atau bercak coklat pada kulit ini ada beragam jenisnya. Namun, jenis yang umum terjadi ada 3, yaitu:
 
1. Bintik Matahari (Bintik Usia)
Bintik matahari, sunspot, age spot, atau bintik usia, merupakan hiperpigmentasi yang umum terjadi. Bercak coklat pada kulit jenis ini disebabkan oleh adanya paparan sinar matahari yang berlebihan. Biasanya muncul di area kulit seperti wajah dan tangan karena sering terpapar sinar matahari.
 
2. Melasma saat Hamil
Melasma biasanya terjadi pada masa kehamilan akibat adanya perubahan hormon dalam tubuh. Melasma ini biasanya akan menyebabkan munculnya bercak gelap pada kulit, seperti area perut, wajah, dan area kulit mana pun.
 
3. Hiperpigmentasi Pascainflamasi
Hiperpigmentasi atau bercak coklat pada kulit muncul setelah adanya peradangan atau kulit mengalami cedera. Biasanya banyak terjadi karena bekas jerawat.
 
Penanganan Menghilangkan Bercak Coklat pada Kulit dengan Produk kecantikan
Hiperpigmentasi memang membuat banyak orang merasa kurang pede, terlebih jika bercak coklat pada kulit yang terlihat seperti wajah atau tangan. Berikut beberapa penanganan menghilangkan hiperpigmentasi kulit.
  • Menggunakan Krim Pencerah
Krim pencerah bisa didapatkan di apotek atau dari dokter kulit. Biasanya krim pencerah ini cocok untuk jenis melasma dan juga bintik usia.
Dalam krim pencerah, biasanya mengandung beberapa zat seperti ekstrak licorice, vitamin B3 atau niacinamide, dan juga N-asetilglukosamin.
  • Asam Eksfoliasi
Asam eksfoliasi akan melepaskan lapisan bagian atas kulit Anda. Sehingga akan muncul sel-sel kulit baru dan menyamarkan warna kulit yang terdapat bercak coklat.
Kandungan asam eksfoliasi tersebut berupa:
  • Alpha hydroxy acid yang berupa asam laktak, glikolat, sitrat, malat, serta tartarat.
  • Asam kojic
  • Asam askorbat atau vitamin C
  • Asam salisilat
  • Asam azelat
  • Chemical Peeling
Peeling dapat mengurangi bercak coklat pada kulit dengan cara mengangkat lapisan epidermis. Biasanya peeling menggunakan asam dengan konsentrasi lebih tinggi sehingga dapat mengatasi masalah hiperpigmentasi.
 
Peeling bisa ditemukan di drugstore dengan beragam merek produk. Namun, jika Anda ingin mendapatkan hasil lebih baik dan meminimalisir efek sampingnya, sebaiknya produk peeling didapat dari dokter kulit yang terpercaya.
 
Mengatasi Bercak Coklat pada Kulit Melalui Prosedur Medis
Jika produk-produk di atas tidak ampuh untuk menghilangkan bercak coklat pada kulit Anda, ada beberapa prosedur medis yang juga bisa dicoba. Prosedur tersebut adalah:
  • Laser peel, yaitu prosedur medis yang menggunakan laser untuk mengurangi hiperpigmentasi pada kulit
  • Mikrodermabrasi, yaitu prosedur medis dengan aplikator khusus yang akan membuat lapisan luar kulit mengelupas dengan tujuan untuk meremajakan kulit.
  • Terapi IPL (instense pulse light),  merupakan terapi yang dapat merangsang pertumbuhan kolagen di lapisan demris kulit.
  • Dermabrasi, adalah prosedur medis untuk mengangkat epidermis kulit. Bedanya, prosedur ini juga berlanjut mengangkat lapisan dermis kulit.
Hiperpigmentasi atau bercak coklat pada kulit umumnya disebabkan oleh faktor sinar matahari dan beragam faktor lainnya. Perlu disyukuri, sebab kondisi ini bisa diatasi cukup dnegan menggunakan produk skincare saja. Pastikan juga menggunakan sunscreen saat berada di luar ruangan agar melindungi kulit dari paparan sinar matahari.
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Selasa, 10 November 20 - 10:17 WIB
Dalam Kategori : BERCAK COKLAT PADA KULIT
Dibaca sebanyak : 36 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback