Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Benarkah Niacinamide Bermanfaat Bagi Kesehatan Tubuh, Selain Kulit?

Benarkah Niacinamide Bermanfaat Bagi Kesehatan Tubuh, Selain Kulit?
Bagi beberapa pecinta skin care, mungkin manfaat niacinamide bagi kecantikan dan kulit wajah tentu bukanlah hal baru. Namun, tahukah Anda jika kandungan niacinamide pun baik bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan?
Niacinamide (nicotinamide) adalah bentuk vitamin B3 yang ditemukan dalam makanan seperti telur, susu, kacang-kacangan, dan sebagian besar sayuran hijau serta daging. Ketika kita mengonsumsi lebih banyak niacin daripada yang dibutuhkan oleh tubuh, maka kelebihannya kan diubah menjadi niacinamide.
Selain pada makanan tadi, kandungan vitamin B3 pun banyak ditemukan pada suplemen vitamin sendiri ataupun yang telah dikombinasikan dengan vitamin lain, pun banyak ditemukan pada krim kecantikan ataupun serum.
Manfaat bagi kesehatan
Pellagra adalah suatu kondisi yang disebabkan oleh kekurangan niacin, gejala yang muncul termasuk ruam kulit, diare, dan demensia. Suplemen niacinamide adlah cara pengobatan yang biasanya digunakan untuk beberapa kondisi tersebut.
Bukti ilmiah mendukung niacinamide pada penggunaan untuk:
  • Jerawat. Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa niacinamide memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengatasi jerawat. Sebuah artikel menganalisis uji coba menggunakan niacinamide untuk pengobatan jerawat menunjukkan bahwa sebagai pengobatan luar maupun yang diminum sangat efektif dalam mengurangi jerawat yang signifikan. Selain itu, karena tidak ada efek samping yang berarti, maka banyak ahli kulit yang merekomendasikan pengguna niacinamide dalam perawatan jerawat.
  • Kanker. Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh New England Journal of Medicine menunjukkan bahwa niacinamide efektif dalam mengurangi risiko pengembangan kanker kulit baru atau bintik prakanker (keratosis aktinik) pada orang dengan riwayat kanker kulit.
 
Selain kanker kulit, mengonsumsi niacinamide saat menerima radioterapi dan jenis pengobatan yang disebut karbogen dapat memabntu mengontrol pertumbuhan tumor dan meningkatkan kelangsungan hidup pada beberapa orang dengan kanker laring. Dan, membantu penderita yang memiliki tumor yang kekurangan oksigen.
  • Osteoartitis. Manfaat lain dalam mengonsumsi kandungan vitamin B3 ini adalah dapat meningkatkan fleksibilitas sendi dan mengurangi rasa sakit dan bengkak pada orang dengan osteoarthritis. Pun dengan orang dengan osteoarthritis yang menggunakan niacinamide mungkin perlu mengonsumsi sedikit obat pereda nyeri.
  • Diabetes. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi niacinamide dapat membantu mencegah hilangnya produksi insulin pada anak-anak dan orang dewasa yang berisiko terkena diabetes tipe 1. Hal ini juga mungkin bisa mencegah hilangnya produksi insulin dan mengurangi dosis insulin yang dibutuhkan oleh anak-anak yang baru didiagnosis dengan diabetes tipe 1. Pada penderita diabetes tipe 2, niacinamide dapat membantu melindungi produksi insulin dan meningkatkan kontrol gula darah.
Efek samping
Ketika diminum, niacinamide mungkin aman untuk wanit ahamil dan ibu menyusui bila dikonsumsi dalam jumlah yang dianjurkan. Jumlah maksimal niacin yang direkomendasikan untuk ibu hamil dan menyusui adalah 30 mg per hari, sedangkan untuk wanita di atas 18 tahun adalah 35 mg per hari. Dan, ketika mereka mengonsumsi niacinamide lebih dari 3 gram per hari bisa menimbulkan efek samping yang serius, seperti masalah hati atau gula darah tinggi.
Pun begitu ketika dioleskan ke kulit, kandungan viatamin B3 mungkin aman. Namun, pada beberapa orang krim yang mengandung niacinamide dapat menyebabkan rasa gatal, seperti terbakar, kemerahan ringan.
Beberapa penyakit yang mungkin bisa lebih buruk jika mengonsumsi niacinamide, misalnya seperti penyakit kandung empedu, akan bertambah memperburuk gejala. Selain itu, jika Anda mengonsumsi niacinamide dalam julah besar dapat menyebabakan penyakit gout. Jadi, untuk penggunaan kandungan ini dalam bentuk oral, ada baiknya untuk mengonsultasikan pada dokter Anda terlebih dahulu untuk menghindari komplikasi.



Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Selasa, 08 September 20 - 16:07 WIB
Dibaca sebanyak : 38 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback